Sponsors Link

5 Perawatan Gagal Jantung Sayang Untuk Dilewatkan!

Sponsors Link

Penyakit jantung. Siapa sih yang tidak tahu penyakit ini? Siapa juga yang tidak tahu bahayanya penyakit ini? Yup seperti yang kita tahu, apabila suatu penyakit tidak segera ditangani maka hal ini dapat berujung fatal alias dapat menyebabkan kematian. Bukan hanya itu saja, ketika kita terlambat memberikan penanganan pada suatu penyakit, hal ini dapat menyebabkan penyakit semakin meluas alias menyebar ke bagian lainnya. Penyakit yang sangat membahayakan kesehatan kita bukan?

ads

Pastinya sudah bukan rahasia lagi jika kita tidak ingin mengalami penyakit jantung, mengingat betapa berbahayanya penyakit ini terhadap kesehatan kita. Berbagai cara pastinya akan kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung ini datang ke hidup kita, seperti kita memulai pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang menguatkan jantung ataupun dengan mencoba menu diet jantung. Bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan dalam menjaga tubuh kita tetap sehat bukan? Selain itu, kita juga bisa mengonsumi atau membeli berbagai obat-obatan jantung di apotik sebagai satu cara lainnya menjaga kondisi jantung tetap dalam kondisi stabil atau sehat. Bukan hanya itu saja, kita bisa memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai salah satu cara melindungi jantung kita dari berbagai penyakit, seperti yang kita ketahui pada khasiat jengkol untuk jantung ataupun khasiat nanas untuk jantung koroner.

Penyakit jantung apa sih yang paling berbahaya? Yup seperti yang kita tahu, penyakit jantung sendiri banyak jenisnya dan penyakit jantung tidak memandang bulu penderitanya alias bisa menyerang siapa saja, mulai dari kita yang berusia muda, paruh baya, hingga kita yang sudah berusia lanjut. Beberapa penyakit jantung yang paling umum adalah penyakit jantung bawaan ataupun jantung bocor di mana gejala dari kedua penyakit ini mudah dikenali dan penanganan yang diberikan cenderung akurat dan hal ini akan sedikit berbeda ketika kita mengalami miokarditis karena berbagai gejalanya yang cenderung sulit untuk dikenali atau gejalanya justru muncul ketika penyakit tersebut sudah memasuki tahap parah.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis penyakit jantung lainnya yang pastinya namanya sudah tidak asing lagi bagi penderita jantung – yaitu gagal jantung. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai penyebab ataupun gejala yang biasanya muncul pada gagal jantung, namun lebih spesifik lagi mengenai penanganan apa yang bisa kita lakukan untuk penderita gagal jantung. Namun apakah kalian ingat tentang apa yang dimakud dengan gagal jantung ini? Apa perbedaan gagal jantung dengan penyakit jantung lainnya? Nah daripada lupa dan ingin tahu lebih jelas mengenai penanganan apa yang bisa kita berikan untuk penderita gagal jantung, yuk mending kita simak yang satu ini!

Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi di mana jantung sangat lemah dan tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dan hal ini berarti menyebabkan tubuh kekurangan pasokan darah alias kebutuhan darah tidak tercukupi. Gagal jantung sendiri biasa dikenal dengan istilah gagal jantung kongestif, dan penyebab dari gagal jantung ini biasanya disebabkan oleh penyakit jantung lainnya juga, seperti aritmia jantung, kerusakan pada katup jantung, kardiomiopati hipertrofik, anemia, cacat jantung sejak lahir, atau bahkan disebabkan diabetes maupun hipertensi.

Mengingat gagal jantung cenderung muncul ketika kita sudah pernah mengalami atau sedang mengalami penyakit jantung lainnya, maka gagal jantung ini bisa kita kategorikan jantung sedang dalam kondisi gawat dan pastinya membutuhkan penanganan yang intensif supaya tidak berujung pada kematian. Memangnya perawatan gagal jantung apa saja sih yang bisa kita berikan, baik secara medis ataupun yang bisa kita lakukan secara mandiri alias di rumah? Nah daripada penasaran  tentang penanganan apa yang bisa kiita berikan, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

1.Berhenti merokok

Siapa sih yang tidak tahu mengenai bahaya asap rokok terhadap kesehatan kita? Yup asap rokok adalah salah satu zat yang paling berbahaya dan tentu saja mempengaruhi kesehatan kita baik dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Bukan hanya itu saja, merokok juga akan menyebabkan terbentuknya gumpalan darah dan hal ini  berujung pada darah yang lengket sepanjang pembuluh darah jantung. Nah untuk mengatasi hal ini atau setidaknya mengurangi jumlah gumpalan darah pada tubuh kita, berhenti merokok bisa menjadi solusi yang tepat di mana perlahan akan memulihkan kondisi jantung sehingga kondisi jantung tidak selemah sebelumnya.

2. Mengelola stres

Stres merupakan suatu kondisi yang paling sering kita alami ketika kita dalam kondisi lelah dan juga dapat muncul ketika kita terlalu sibuk bekerja atau berpikir dalam hari-hari kita yang tanpa disadari hal ini akan mempengaruhi kesehatan kita. Namun siapa sangka jika stres juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung kita? Yup, terlalu stres sangatlah berdampak buruk terhadap kesehatan kita dan untuk mencegah hal ini terjadi kita harus bisa mengelola stres dengan baik. Memang bagaimana cara mengelola stres dengan efektif? Ternyata caranya sangat mudah lho! Kita hanya perlu meluangkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit dalam sehari untuk melakukan meditasi ataupun yoga di mana hal ini membantu kita untuk merilekskan pikiran dan tentu saja membuat kita menjadi lebih tenang. Selain itu dengan melakukan yoga ataupun meditasi juga membantu kita mengelola amarah kita yang pastinya hal ini meminimalisir kita mengalami stres.

3. Alat pemompa jantung

Perawatan gagal jantung berikutnya yang bisa kita adalah dengan memasang alat pemompa jantung. Alat ini perlu kita pasang untuk membantu pasien tetap hidup meskipun mereka sekalipun sudah memasuki tahap parah dan dapat diberikan untuk pasien yang sedang menunggu donor jantung. Alat ini sangatlah berguna untuk menopang hidup kita karena membantu jantung untuk tetap berdetak dan membantu jantung untuk berfungsi seperti seharusnya.

4. Cardic resynchronization therapy (CRT)

Alat bantu berikutnya yang bisa kita berikan kepada penderita gagal jantung adalah cardic resynchronization therapy, yaitu salah satu alat yang berfungsi untuk mengembalikan fungsi jantung semestinya, yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh alias memenuhi kebutuhan darah untuk tubuh. Bukan hanya itu saja, alat yang satu ini membantu pasien gagal jantung yang memiliki masalah dengan sistem kelistrikan dalam jantung yang menyebabkan jantung tidak dapat berkontraksi secara harmonis. Dengan dipasangnya alat ini maka akan membantu jantung mengirim impuls listrik ke ventrikel kiri dan kanan yang pastinya membuat jantung berfungsi optimal seperti seharusnya.

5. Operasi bypass jantung

Perawatan gagal jantung berikutnya yang bisa kita berikan berikutnya adalah operasi bypass jantung, di mana operasi ini perlu dilakukan ketika gagal jantung disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan melalui operasi ini lah darah dapat mengalir kembali dengan lancar melalui pembuluh darah. Bukan hanya itu saja, dengan operasi ini otot jantung dapat berfungsi seperti sebelumnya.

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa perawatan gagal jantung yang sayang kita lewatkan. Pastinya kita juga bisa menyertai perawatan ini dengan melakukan pola hidup yang sehat seperti gerakan senam jantung sehat yang pastinya hasilnya akan terlihat dalam waktu singkat jika kita melakukannya dengan rutin. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat dari sebelumnya? Yuk mulai sayangi diri kita dari sekarang!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan