Komplikasi Jantung dan Ginjal: Penyebab dan Penanganan

Penyakit jantung. Apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata yang satu ini? Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sering dialami masyarakat Indonesia dan pastinya bukan rahasia lagi jika penyakit jantung ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Penyakit jantung ini bahkan bisa menyerang anak-anak dan pastinya hal ini akan mempengaruhi keseharian anak itu dan tentu saja segera memerlukan penanganan yang tepat agar penyakit jantung ini tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jenis penyakit jantung sendiri bermacam-macam dan kita harus mengetahui jenis penyakit jantung yang kita alami sebelum kita memberikan penanganan agar penanganan yang diberikan pun dapat berjalan dengan efektif. Beberapa jenis penyakit jantung yang umumnya dialami oleh anak-anak antara lain adalah penyakit jantung bawaan ataupun jantung bocor

Lalu sebenarnya apa sih dampak dari penyakit jantung ini? Satu dampak yang pasti dari penyakit jantung ini adalah memengaruhi keseharian kita. Kok bisa? Tentu saja salah satu alasannya adalah karena penyakit jantung juga memicu timbulnya penyakit lainnya pada tubuh kita, dan parahnya lagi bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya. Penyakit berbahaya yang dimaksud di sini tentu saja juga terdiri dari berbagai jenis, contohnya saja penyakit jantung ini bisa memicu timbulnya penyakit diabetes, kolesterol, kanker, stroke, bahkan gagal ginjal. Wah yang benar nih? Bukankah beberapa penyakit yang disebutkan barusan memicu kematian pada seseorang?

Yup, tidak dapat dipungkiri jika penyakit jantung ini memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu penyakit berbahaya yang pastinya tidak asing lagi di telinga kita yaitu gagal ginjal. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan gagal ginjal ini? Apa jadinya jika seseorang mengalami gagal ginjal dan penyakit jantung dalam waktu yang bersamaan? Jawabannya tentu saja hal ini dapat berdampak sangat fatal dan akan semakin mengancam keselamatan jiwa kita, yang pastinya kita tidak ingin hal ini terjadi. Namun sebenarnya apa sih yang menjadi pemicu timbuknya penyakit yang satu ini? Penanganan seperti apakah yang tepat untuk permasalahan yang satu ini?

Komplikasi jantung dan ginjal. Kalimat ini lah yang tepat untuk menggambarkan ketika kita mengalami penyakit jantung dan gagal ginjal dalam waktu bersamaan. Seperti yang kita bahas sebelumnya, penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya yang pastinya apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian sewaktu-waktu. Hal ini bukan saja hanya berlaku untuk penyakit jantung namun juga untuk gagal ginjal; lalu apa jadinya jika kita memiliki dua penyakit ini dalam waktu bersamaan? Satu hal yang pasti kita ketahui: keselamatan jiwa kita lebih terancam dan kematian dapat terjadi sewaktu-waktu. Namun sebenarnya apa sih penyebab dari timbulnya hal ini? Apakah hal ini bisa ditangani seperti layaknya kita memberikan penanganan untuk penyakit lainnya? Nah daripada semakin penasaran, yuk mending kita simak penjelasannya yang satu ini!

Penyebab Komplikasi Jantung dan Ginjal

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa sebenarnya penyebab dari komplikasi penyakit ini, satu hal yang perlu kita ketahui adalah jantung dan ginjal adalah organ pada tubuh yang sama-sama memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup manusia. Yup, jantung adalah organ yang berfungsi untuk memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh sehingga tiap organ bahkan sel dalam tubuh lainnya dapat berfungsi dengan baik dan apabila hal ini bekerja dengan baik maka kita dapat beraktivitas dengan optimal dalam sehari. Lalu bagaimana dengan ginjal? Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah dan tentu saja membersihkan darah sehingga darah tidak mengandung limbah dan air yang berlebih. Lalu apa jadinya jika kinerja ginjal mulai atau sudah terganggu? Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kinerja jantung karena tubuh kita akan kekurangan oksigen dalam darah dan hal ini berujung pada jantung yang bekerja terlalu keras atau lebih fatal lagi – menyebabkan jantung berhenti bekerja. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya komplikasi jantung dan ginjal ini? Berikut adalah beberapa faktor penyebab komplikasi jantung dan ginjal yang harus kita ketahui:

1.Penyakit diabetes

Seperti layaknya penyakit jantung, gagal ginjal juga dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya dan salah satunya adalah penyakit diabetes. Diabetes adalah keadaan di mana kandungan gula dalam darah melebihi batas normal dan cepat atau lambat hal ini akan merusak banyak organ dalam tubuh, seperti jantung ataupun ginjal. Penyakit diabetes ini juga dapat menimbulkan luka pada pembuluh darah ginjal sewaktu-waktu yang apabila tidak segera ditangani maka dapat berujung pada gagal ginjal. Ketika ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan normal, maka hal ini dapat mengakibatkan jumlah air dan garam yang melebihi batas normal dan menyebabkan kerusakan saraf pada tubuh kita.

2.Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Siapa sih yang masih asing dengan penyakit yang satu ini? Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia dan penyakit ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras daripada sebelumnya – yang apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka dapat menyebabkan kerusakan pada organ jantung itu sendiri. Bukan saja hanya berdampak pada jantung, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan arteri di sekitar ginjal menjadi melemah atau mengeras dan hal ini lah yang menyebabkan arteri rusak dan tidak dapat memenuhi kebutuhan darah bersih di setiap jaringan tubuh. Ginjal yang sudah rusak ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dan tentu saja hal ini berujung pada jantung ataupun ginjal yang berhenti bekerja bahkan dapat menyebabkan serangan jantung sewaktu-waktu atau justru menimbulkan penyakit berbahaya lainnya; yaitu stroke.

Penanganan Komplikasi Jantung dan Ginjal

Penanganan seperti apa yang bisa kita lakukan untuk hal ini? Seperti yang pernah kita bicarakan sebelumnya, memberikan penanganan terhadap suatu penyakit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dan sebaiknya kita segera melakukannya agar penyakit ini tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya atau semakin parah. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menangani komplikasi jantung dan ginjal:

1.Melakukan diet

Melakukan diet adalah penanganan tepat yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir dampak dari komplikasi jantung dan ginjal. Lalu diet tipe apakah yang perlu kita lakukan pada hal ini? Tentu saja diet yang perlu kita lakukan adalah diet yang sederhana alias tidak sesulit yang kita bayangkan, karena yang perlu kita lakukan adalah dengan cukup kalori sekitar 35 kalori dalam sehari, mengurangi protein yaitu kita hanya membutuhkan 0,6 hingga 0,75 gram dalam sehari, serta mengurangi asupan garam kita. Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah untuk memenuhi kebutuhan air kita dalam sehari supaya kita terhindar dari dehidrasi dan pastinya agar kita dapat beraktivitas dengan optimal dalam sehari.

2. Berhenti merokok

Siapa di antara kita yang masih merokok? Rokok adalah salah satu musuh bebuyutan banyak orang dan hal ini dikenal sebagai salah satu penyebab utama munculnya berbagai penyakit pada tubuh kita. Seperti yang kita ketahui juga, rokok adalah salah satu “racun” yang dapat memicu timbulnya banyak penyakit pada tubuh dan sebaiknya kita segera menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini agar tidak memicu timbulnya penyakit lain atau justru mengakibatkan jantung dan ginjal berhenti bekerja.

So, bagaimana? Pastinya sudah jelas kan mengenai komplikasi jantung dan ginjal ini? Pastinya tidak ada seorang pun yang menginginkan hal ini terjadi pada dirinya mengingat betapa fatalnya dampak yang ditimbulkan  dari penyakit yang satu ini. Untuk menghindari hal ini terjadi tentu saja kita harus memulai pola hidup yang sehat, seperti melakukan olahraga untuk kesehatan jantung ataupun mengonsumsi makanan yang menguatkan jantung. Bukanlah suatu hal yang sulit untuk hidup lebih sehat dari sebelumnya bukan? So, tunggu apalagi? Yuk lebih sayangi dirimu dari sekarang!

, , , ,