Sponsors Link

21 Manfaat Daun Sembung untuk Jantung dan Organ Tubuh Lainnya

Sponsors Link

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang terbentuk dari susunan otot polos yang bekerja secara otomatis tanpa berhenti dan juga tanpa perintah dari otak. Jantung memiliki dua serambi, yaitu serambi kanan dan serambi kiri. Serambi kiri berfungsi memompa darah yang tinggi akan oksigen ke seluruh tubuh. Sedangkan serambi kanan berfungsi sebagai pemompa darah yang telah mengalir ke seluruh tubuh untuk menuju paru-paru untuk mendapatkan oksigen kembali untuk kembali dipompa ke seluruh tubuh. Itulah pengertian dan juga fungsi dari jantung.

ads

Peran jantung sebagai penopang kehidupan manusia membuat kesehatan jantung menjadi hal yang sangat penting untuk terus dijaga. Kebiasaan yang merusak jantung seperti pola makan yang salah akan sangat mempengaruhi kesehatan jantung anda. Kebiasaan makan makanan cepat saji yang banyak mengandung natrium dan juga tinggi akan kolesterol jahat atau LDL akan semakin menunjang tumbuhya penyakit pada jantung anda. selain makanan cepat saji, ada pula rokok yang memang mengundang sejuta bahaya bagi tubuh, termasuk jantung anda. Apalagi jika ditambah dengan keadaan kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan jantung akibat jarang makan buah dan juga sayur.

Penyakit-penyakit jantung sangat mungkin mengancam diri anda, untuk itu anda perlu mengetahui beberapa jenis-jenis penyakit jantung untuk dapat melakukan langkah pencegahan. Apabila anda sudah terlanjur memiliki penyakit jantung, ada baiknya anda mengetahui beberapa upaya pengobatan. Baik dengan cara modern atau pun tradisional.

Salah satu cara tradisional pencegahan dan pengobatan penyakit jantung adalah menggunakan daun sembung. Manfaat daun sembung untuk jantung memang sudah lumayan diketahui oleh masyarakat luas. Daun sembung memiliki nama latin Blumea Balsimifera. Sembung tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis di kawasan Asia, terutama india dan asia tenggara. Tinggi dari tumbuhan ini bisa mencapai empat meter. Biasanya tumbuh dengan tegak di daerah peladangan. Daun sembung masih satu keluarga dengan Asteraceae dengan jenis daun tunggal berbentuk oval dengan ujung lancip. Permukaan daun sembung ditutupi oleh bulu-bulu halus.

Kandungan dan Manfaat daun Sembung untuk Jantung

Daun sembung sendiri memang sudah dikenal lama sebagai bahan obat tradisional. Bahkan tumbuhan sembung sudah diresmikan sebagai salah satu bahan obat yang terdaftar di Filipina. Perlu anda ketahui bahwa tumbuhan ini tidak hanya daunnya yang bisa dimanfaatkan. Akar dari tumbuhan ini juga bisa dimanfaatkan untuk ramuan kesehatan. Akar dan daun dari tumbuhan sembung dapat digunakan dalam keadaan segar maupun kering. Saat anda mengkonsumsi daun ini akan timbul sifat-sifat daun seperti lidah pedas dan sedikit rasa pahit, sedikit hangat, dan juga harum. Selain digunakan sebagai obat tradisional, daun sembung juga sudah merambah dunia pengobtan modern. Dimana tumbuhan sembung digunakan untuk bahan alami pembuatan obat untuk demam, hipertensi, rematik, sakit perut, disentri, sakit tenggorokan, dan juga gangguan ginjal.

Manfaat daun sembung untuk jantung tentu saja muncul karena kandungan di dalamnya. Daun sembung mengandung glikosida, tannin, limonene, cineole, myristin, borneol, pirokatechin, limonene, asam palmitin, sesquiterpen, minyak atsiri, dan flavonoid. Berikut adalah manfaat daun sembung untuk jantung:

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan mencegah Aterosklerosis atau penyumbatan arteri yang bisa menjadi faktor dari serangan jantung dan stroke
  2. Penghambat oksidasi LDL atau kolesterol jahat yang menjadi faktor utama penyakit jantung tersumbat atau penyumbatan pada saluran pembuluh darah di jantung
  3. Meningkatkan aliran darah
  4. Menstabilkan detak jantung normal
  5. Membantu memulihkan kondisi jantung
  6. Sebagai antioksidan
  7. Menetralisir radikal bebas
  8. Meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh, termasuk dalam jantung anda.
  9. Pencegah peradangan (zat anti inflamasi)
  10. Melawan serangan bakteri
  11. Sebagai anti trombotik
  12. Zat ini juga memiliki suatu fungsi vital yaitu menjaga kesehatan jantung
  13. Melancarkan peredaran darah. Saat peredaran darah anda lancar, tidak akan terjadi penyumbatan pada arteri dan efeknya akan langsung dirasakan oleh jantung anda.
Sponsors Link

Saat anda mengkonsumsi daun sembung disamping mendapat manfaat daun sembung untuk jantung, anda juga akan mendapat manfaat lain seperti:

  1. Daun sembung dapat menghambat pertumbuhan kuman
  2. Mempermudah pengeluaran keringat dan air seni
  3. Mengencerkan dahak, dan juga menghangatkan.
  4. Melakukan proses detoksifikasi
  5. Mengobati penyakit maag
  6. Mengobati ambeien
  7. Mengobati batuk dan pilek
  8. Meredakan nyeri haid

Lalu bagaimana cara pengolahannya? Cara pengolahannya pun cukup mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan bahan yang terdiri dari 5 lembar daun sembung dan 2 gelas air.
  • Rebus daun sembung dengan air sampai mendidih dan hanya menyisakan setengah gelas air rebusan.
  • Saringlah air rebusan tersebut sehingga terpisah dari ampasnya.
  • Minumlah air rebusan daun sembung tersebut dua kali sehari pada pagi dan empat jam sebelum tidur malam.
  • Ulangi konsumsinya selama satu hingga dua minggu.

Itulah beberapa penjelasan tentang daun sembung. Tumbuhan semak dengan sejuta manfaat. Manfaatnya untuk jantung dan juga untuk kesehatan tubuh anda yang lain. Tumbuhan ini bisa anda jadikan alternatif untuk mencegah terjadinya gangguan pada jantung anda. Namun, bagi anda yang memang sudah terlanjur mengidap penyakit jantung, sangat dianjurkan untuk mencoba pengobatan menggunakan tumbuhan ini. Cara pengolahannya cukup mudah dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya namun tetap memiliki khasiat untuk pemulihan jantung anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan