Sponsors Link

4 Olahraga untuk Jantung Bengkak yang Aman Dilakukan

Sponsors Link

Sudahkah anda tau tentang penyakit jantung bengkak? Penyakit yang bersarang tentunya pada jantung manusia yang satu ini adalah keadaan dimana jantung mengalami pembengkakan atau dapat pula disebut memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran normalnya. Penyakit jantung bengkak biasanya muncul karena adanya penyakit kardiovaskular lain yang memang selalu berhubungan langsung dengan jantung anda. Penyakit-penyakit tersebut tidak lain seperti penyakit tekanan darah tinggi, penyakit katup jantung, dan penyakit yang lainnya.

ads

Penyakit-penyakit kardiovaskular tersebut bisa saja muncul sebagai penyakit bawaan lahir ataupun penyakit yang muncul karena pola hidup anda yang tidak sehat. Pada dasarnya pola hidup yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan anda. Istirahat cukup, makanan dengan nutrisi tepat, dan yang tak kalah pentingnya adalah olahraga yang teratur.

Penderita jantung bengkak disarankan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan rendah kolesterol, dan juga melakukan olahraga yang sesuai dengan keadaan fisik penderita jantung bengkak dan juga mematuhi aturan atau batasan olahraga yang boleh dilakukan. Lalu apa sajakah aturan dan jenis olahraga yang aman dan dapat dilakukan oleh penderita jantung bengkak, berikut adalah uraiannya.

Aturan olahraga untuk penderita jantung bengkak:

  • Hindari olahraga isometrik seperti push-up dan sit up
  • Jangan melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan saat udara dingin, lembab atau panas. Ini akan mengganggu sirkulasi darah
  • Jangan melakukan beberapa olahraga sekaligus
  • Konsumsi cukup air untuk mengganti cairan yang dikeluarkan tubuh saat berolahraga
  • Mulailah dengan melakukan olahraga dari yang ringan ke yang lebih berat

Olahraga yang baik untuk penderita jantung bengkak:

  1. Jalan santai

Dari sebutannya saja anda sudah mengetahui bahwa olahraga yang satu ini memang santai. Oleh karena itu, bagi anda penderita penyakit jantung bengkak tak perlu kuatir untuk melakukan jenis olahraga yang satu ini. Olahraga ini pun sangat praktis untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bagi anda yang enggan atau mungkin sudah tidak mampu untuk keluar rumah anda dapat melakukan olahraga ini di area rumah anda atau bahkan di dalam rumah anda.

Dengan berjalan santai selama 1-20 menit secara teratur anda akan merasakan tubuh menjadi lebih segar dan juga akan berdampak pada jantung anda. Bagi anda yang ingin melakukannya di luar rumah, pilihlah tempat yang ditumbuhi banyak pohon. Ini akan menambah dampak positif yang akan didapatkan oleh tubuh dan jantung anda. Ketersediaan oksigen yang melimpah akan mempengaruhi kineja paru-paru yang secara langsung juga berdampak pada kinerja jantung anda.

  1. Renang

Bagi sebagian orang olahraga yang satu ini bisa dibilang sebagai olahraga yang paling menyenangkan karena ada hubungannya dengan bermain air. Selain menyenangkan ternyata olahraga yang satu ini juga aman dan baik untu anda penderita penyakit jantung bengkak. Saat berenang otot-otot yang baisanya tidak terlalu sering beraktifas akan bergerak dengan aktif sehingga olahraga ini akan melancarkan sirkulasi darah, dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Olahraga ini juga baik untuk pernapasan, detak jantung, dan juga dapat menghilangkan stres.  Dilansir dari sites.google.com sebuah penelitian yang dilakukan oleh Counsilman Center for the Science of Swimming Human Performance Laboratory di Indiana University menemukan bahwa olahraga renang berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Olahraga ini termasuk aerobik untuk melatih sistem kardiovaskular. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 % dan melatih otot otot jantung pada penderita penyakit jantung, membakar lemak dan menormalkan gula darah atau kadar kolesterol dalam darah.

Sponsors Link

  1. Jogging

Jogging adalah olahraga yang dilakukan dengan cara berlari-lari kecil atau berlari santai dengan kecepatan sekitar 6-7 mil per jam. Olahraga yang satu ini biasanya dilakukan bersama teman atau keluarga. Olahraga ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Melakukan jogging secara rutin dapat memulihkan kesehatan tubuh dan jantung anda. Selain baik untuk jantung jogging juga baik untuk memperlancar peredaran darah dan juga pernapasan. Sebagai tips tambahan pilihlah sepatu yang nyaman saat anda melakukan aktifitas olahraga yang satu ini. Selain itu perhatikan juga kecepatan lari anda, jangan sampai terlalu cepat, jika terlalu cepat yang anda lakukan adalah lari yang sesungguhnya dan bukan jogging.

  1. Senam jantung

Senam jantung adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk penderita penyakit jantung. Olahraga ini biasanya dilakukan di rumah sakit, terutama rumah sakit spesialis penyakit jantung dan dipimpin oleh instruktur senam jantung sehat yang sudah ahli dalam bidangnya. Selain di rumah sakit, senam jantung juga biasanya diadakan oleh komunitas-komunitas peduli kesehatan jantung. Anda dapat dengan mudah mencari dan melihat jadwal senam dan tempat senam jantung di internet.

Itulah beberapa aturan dan jenis olahraga yang baik untuk penderita jantung bengkak. Pada dasarnya semua olahraga baik untuk jantung namun dalam melakukannya anda tidak boleh terlalu berlebihan, agar kerja jantung tetap stabil.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga