11 Ciri-Ciri Orang Sakit Jantung Tapi Dikira Sakit Lain

Menjaga semua bagian-bagian jantung adalah kewajiban semua orang agar tidak terkena penyakit jantung. Munculnya penyakit jantung memang sangat menyeramkan. Hal ini karena penyakit ini sering menyebabkan kematian mendadak dan sulit untuk dirawat biasa atau mendapatkan kesembuhan total. Perawatan jangka panjang untuk penyakit jantung diperlukan untuk memantau dan mengatasi gejala atau menunda tingkat keparahan.

Akhirnya penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan dan cukup sulit diatasi. Proses transplantasi jantung bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit jantung tapi perlu menunggu waktu lama sampai ada donor jantung. Jantung menjadi organ yang membuat hidup bisa berjalan dengan normal. Munculnya beberapa masalah pada jantung pasti akan mempengaruhi aktifitas tubuh.

Lalu apa saja gejala penyakit jantung? Berikut ini ulasan mengenai ciri ciri orang sakit jantung tapi dikira sakit lain.

• Tekanan pada dada

Salah satu gejala yang sangat khas dari penyakit jantung adalah dada menjadi terasa tertekan. Perasan ini mungkin sering diungkapkan dengan sesak nafas atau nafas menjadi tidak longgar. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan penyumbatan pada arteri jantung ketika akan terjadi serangan jantung. Orang yang menderita gejala ini mungkin akan mengatakan seperti tertimpa batu besar pada bagian dada.

Gejala ini akan membuat penderita merasa sesak dan wajah sangat pucat. Jika tekanan berlangsung selama beberapa menit maka itu akan menjadi fase yang paling menyakitkan. Karena itu saat gejala semakin buruk maka segera periksa ke dokter. Dan anehnya gejala ini jarang ditemui pada wanita yang mengalami serangan jantung mendadak.

• Sering sakit perut

Orang yang menderita penyakit jantung biasanya juga akan merasa sering sakit perut tanpa penyebab yang pasti. Rasa sakit perut bisa membuat perut terasa mual, kram, gangguan pencernaan, mulas dan seperti maag. Kondisi ini memang harus diwaspadai karena gejala yang diabaikan bisa menyebabkan serangan jantung saat tidur. Anehnya gejala ini sangat sering terjadi pada wanita, misalnya saja ketika akan datang menstruasi. Sehingga gejala sering diabaikan dan dianggap hal yang normal saja, tapi justru berbahaya.

• Sering mengeluh lengan sakit

Orang yang menderita masalah pada jantung juga biasanya akan mengatakan sering sakit pada lengan. Masalah jantung ini biasanya tidak datang secara mendadak sehingga bisa jadi akumulasi gejala yang lain. Setelah merasa sesak nafas atau dada terasa sakit maka rasa sakit berkembang ke lengan. Terkadang juga disertai dengan nyeri dada sebelah kiri hilang timbul dan sangat sering diabaikan.

• Sering mengeluh pusing

Ternyata penyakit jantung juga bisa menyebabkan sensasi kehilangan keseimbangan dan bahkan sampai pingsan. Kondisi ini sangat tidak nyaman sehingga terkadang ketika sudah terjadi serangan maka sulit untuk bisa bangun lagi. Karena sifatnya yang mendesak maka penderita bisa jatuh saat baru saja mengeluh sakit kepala atau pusing. Gejala ini sebenarnya bisa muncul ketika tekanan darah menurun dengan cepat akibat jantung yang tidak bisa memompa darah ke otak.

• Sering sakit tenggorokan

Orang yang menderita penyakit jantung juga bisa mengalami sakit tenggorokan yang lebih sering dari orang yang normal. Rasa sakit tenggorokan bisa berkembang sampai ke rahang. Kondisi ini juga sering diabaikan karena dianggap sebagai gejala flu atau pilek biasa. Karena itu jika sudah sering muncul gejala ini maka segera lakukan perawatan ke rumah sakit.

• Pucat dan kelelahan

Adanya penyakit jantung biasanya juga membuat penampilan penderitanya berubah atau tidak seperti orang yang normal. Kulit mereka biasanya lebih putih atau pucat dan terlihat sangat lelah ketika melakukan beberapa aktifitas. Rasa lelah dan wajah yang pucat ini bisa terjadi karena jantung tidak bekerja normal sehingga pembuluh darah tidak mengalirkan darah sesuai kebutuhan organ. Tanda ini juga ditemukan pada penderita ciri-ciri jantung bengkak.

• Kalau tidur mendengkur

Penyakit jantung ternyata juga menyebabkan penderitanya mendengkur saat tidur. Mendengkur memang hal yang normal saat tidur, tapi itu normal jika hanya sebentar saja. Sementara itu pada penderita jantung maka bisa membuat mendengkur menjadi berat, nafas berat dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Risiko serangan jantung saat tidur juga bisa terjadi kapan saja sehingga cukup menakutkan.

• Sering berkeringat saat tidak bergerak

Penyakit jantung juga akan membuat jantung bekerja keras sehingga tubuh mengeluarkan energi yang sangat banyak. Hal ini akan membuat tubuh berusaha untuk mendinginkan suhu tubuh secara alami. Proses inilah yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat terutama pada bagian telapak tangan. Keringat biasanya sering muncul saat tidak sedang beraktifitas sehingga memang cukup aneh.

• Sering batuk tapi tidak flu

Orang yang menderita penyakit jantung juga biasanya akan sering batuk meskipun tidak terkena flu atau pilek. Bahkan pada penyakit gagal jantung biasanya akan membuat penderita sering mengeluarkan dahak lendir putih saat batuk. Kondisi ini bisa sangat berbahaya karena sebenarnya jantung tidak memompa darah ke semua bagian tubuh sehingga paru-paru juga akan kekuranga oksigen. Adanya masalah katup jantung juga akan menyebabkan gejala ini.

• Kaki bengkak

Ketika jantung tidak memompa darah secara normal maka beberapa bagian organ akan kekurangan darah dan oksigen. Hal ini yang bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak dan tubuh juga terlihat lebih gemuk tapi tidak normal. Kemudian penyakit jantung juga akan membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga urinasi tidak berjalan dengan normal. Inilah yang membuat penderita sering terkena perut kembung dan kaki bengkak.

• Detak jantung tidak normal

Orang yang menderita penyakit jantung biasanya juga sulit untuk bisa mendapatkan detak jantung yang normal. Kondisi ini yang akhirnya membuat tubuh merasa tidak nyaman. Jantung terkadang berdetak cepat dan terkadang juga lambat. Gejala ini bahkan lebih buruk lagi jika baru saja minum kopi dan kurang tidur.

Itulah beberapa ciri ciri orang sakit jantung tapi dikira sakit lain. Karena itu jika sudah merasakan beberapa gejala tersebut, maka segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit.

, , ,
Kategori : Pencegahan