Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Saat Tidur Dan Penyebabnya

Sponsors Link

Tidur merupakan cara paling ampuh untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas. Namun, bagaimana jika saat tidur tiba-tiba jantung berdebar? Jantung berdebar bisa jadi adalah hal yang wajar jika kalau ketika sebelum tidur Anda mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti kopi. Akan tetapi, jika Anda tidak mengkonsumsi apapun sebelum tidur tapi jantung tiba-tiba berdebar, Anda patut mewaspadainya. Bisa jadi itu adalah awal dari suatu penyakit berbahaya.

ads

Penyebab Jantung Berdebar Saat Tidur

Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan jantung berdebar saat tidur, seperti:

1. Menderita hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan jantung berdebar ketika tidur. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah tersumbat sehingga jantung membutuhkan tenaga ekstra untuk memompa darah. Semakin besar tenaga yang dikeluarkan, maka semakin cepat pula irama jantung berdebar.

2. Sedang menderita penyakit jantung

Seseorang yang menderita penyakit jantung lebih sering akan mengalami jantung berdebar saat tidur. Hal ini dikarenakan kondisi jantung yang tidak normal sehingga terjadi ketidaksesuaikan kerja jantung. Efeknya adalah irama jantung tidak teratur atau jantung berdebar.

3. Mengkonsumsi obat-obatan

Jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan jantung berdebar saat tidur. Beberapa jenis obat tersebut diantaranya adalah obat batuk dan pilek, inhaler asma, obat tiroid, obat tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

4. Alkohol dan zat berbahaya

Mengkonsumsi alkohol dan zat berbahaya seperti narkoba sebelum tidur juga dapat menyebabkan jantung berdebar. Karena kedua bahan tersebut dapat mengganggu kinerja sistem tubuh termasuk jantung. Baca juga: akibat jantung berdebar-debar

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Saat Tidur

Agar terhindar dari jantung berdebar ketika tidur, Anda perlu menjauhi hal-hal yang dapat memicu jantung berdebar tersebut muncul. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai langkah preventif adalah sebagai berikut:

1. Tidak merokok

 Merokok merupakan aktivitas yang merugikan. Tidak ada satupun efek positif dari merokok untuk kesehatan tubuh. Justru, rokok dapat mengundang berbagai masalah penyakit. Penyakit yang paling sering datang adalah yang berhubungan dengan paru-paru. Karena asap rokok masuk ke dalam paru-paru. Penyakit lainnya yang bisa menyerang para perokok adalah jantung berdebar saat tidur.

2. Mengkonsumsi vitamin jantung 

 Menjaga kesehatan jantung adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh semua orang. Karena jantung merupakan organ vital yang menjaga kelangsungan hidup manusia. Jika jantung sehat, maka segala macam penyakit yang berhubungan dengan jantung dapat dicegah. Termasuk gejala jantung berdebar saat tidur.

3. Menjauhi alkohol dan zat berbahaya.

Alkohol dan zat berbahaya seperti narkoba dapat merusak tubuh. Tidak hanya buruk di sisi psikologis saja, namun dari segi kestabilan tubuh juga akan terganggu. Salah satunya adalah jantung berdebar. Untuk itu, hindari kedua hal ini jika tidak ingin jantung Anda berdebar saat tidur.

Sponsors Link

4. Tidak mengkonsumsi kafein

Kafein banyak terdapat pada kopi dan juga teh. Kafein memang memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, mengkonsumsi kafein terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung. Kafein dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan irama jantung menjadi lebih cepat atau jantung berdebar.

5. Mengelola pikiran sebelum tidur

Tidur adalah saat yang tepat untuk menghilangkan berbagai macam persoalan yang mengganggu pikiran. Beberapa persoalan tersebut bisa dalam bentuk kecemasan, gugup, khawatir, dan lain sebagainya. Pikiran yang kacau akan mengganggu irama jantung. Itulah mengapa beberapa orang yang merasa cemas, gugup, dan khawatir cenderung akan mengalami jantung berdebar. Untuk itu, lakukan relaksasi pikiran agar tidak terjadi jantung berdebar saat tidur.6.

6. Melakukan teknik pernapasan

Melakukan teknik pernapasan juga menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi jantung berdebar. Sebaiknya Anda menarik napas yang dalam melalui hidung dan menghembuskannya secara perlahan melalui mulut. Cara ini sangat efektif untuk menenangkan pikiran sehingga irama jantung pun menjadi lebih stabil.

Sponsors Link

7. Melakukan teknik valvasi 

Teknik valvasia adalah salah satu cara yang digunakan untuk menstabilkan irama jantung. Anda hanya perlu bersandar pada tembok atau pada bidang yang datar. Lalu angkat kaki lebih tinggi dari jantung. Lakukan teknik ini secara berulang hingga jantung berdebar dapat kembali menjadi normal. Teknik valvasi dapat mengatasi jantung berdebar karena dengan cara ini peredaran darah ke jantung menjadi lebih lancar.

8. Mengkonsumsi magnesium

Kekurangan magnesium dalam asupan makanan sehari-hari juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat tidur. Oleh karena itu, penting menjaga nutrisi untuk jantung agar kesehatan jantung tetap terjaga.

9. Melakukan teknik batuk

 Teknik ini sudah lama digunakan sebagai cara untuk mereset ulang irama jantung. Batuk yang disengaja dengan keras dapat merubah irama jantung yang berantakan. Cobalah untuk melakukan teknik ini secara berulang-ulang hingga irama jantung kembali normal.

10. Minum air dingin

Minum air dingin juga dapat mengatasi jantung berdebar. Karena air dingin dapat menyebabkan pikiran lebih rileks, sehingga irama jantung lebih stabil.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi jantung berdebar saat tidur, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Medis