Sponsors Link

Khasiat Nanas untuk Jantung Koroner Paling Ampuh

Sponsors Link

Nanas merupakan salah satu buah dari keluarga nanas-nanasan yang kaya akan vitamin A dan juga vitamin C. Buah yang juga biasa disebut dengan nama nanas atau nanas ini berhabitat di daerah-daerah tropis termasuk Indonesia dan juga negara-negara seperti Brazil, Bolivia dan juga Paraguay. Buah nanas tumbuh berkembang bergabung dengan tongkol bunga majemuk hingga membentuk buah nanas. Selain mengandung banyak vitamin, nanas juga tinggi akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

ads

Kandungan antioksidan tersebut membuat nanas mendapatkan satu posisi sebagai salah satu obat herbal untuk penyakit jantung. Berbicara soal jatung, siapa yang tidak tahu salah satu organ utama dan terpenting untuk menopang hidup seorang manusia ini? Pentingnya organ jantung juga tak luput dari gangguan-gangguan penyakit yang kemudian setiap saat dapat mengancam kelangsungan hidup anda.

Salah satu ancaman yang sangat marak di Indonesia bahkan di dunia adalah penyakit jantung penderita penyakit jantung semakin bertambah. Pertambahan penderita penyakit jantung ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola hidup tidak sehat termasuk makanan yang salah (kolesterol tinggi), kurang gerak, dan juga malas berolahraga.

Salah satu penyakit jantung yang marak menjadi perbincangan masyarakat adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner atau iskemik adalah salah satu penyakit jantung paling mematikan di seluruh dunia. Jantung koroner terjadi ketika aliran darah di arteri menuju jantung terhambat oleh lemak. Penumpukan lemak di arteri ini tak lain disebabkan oleh banyaknya kolesterol dalam darah, kebiasaan buruk merokok, diabetes serta tekanan darah tinggi. Selain itu, faktor usia, jenis kelamin, ras, dan gebetik juga dapat menjadi faktor penyebab muculnya penyakit jantung koroner.

Untuk itu, bila kita renungkan, menjaga kesehatan tubuh kita termasuk kesehatan jantung memang sangatlah penting. Menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga yang cukup dan makan makanan yang sehat sangatlah diperlukan. Saat itulah konsumsi buah nanas sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Buah dengan nama latin Ananas Comosus (L.) Merr.ini memiliki aroma buah yang khas dengan rasa manis dan sedikit asam namun terasa sangat menyegarkan saat dikonsumsi. Daging buah yang kuning juga menambah kesan segar dari buah yang satu ini. Nanas dapat anda konsumsi dengan cara biasa, dijadikan rujak, manisan, dan juga jus.

Nanas kaya akan berbagai macam nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan jantung anda, termasuk untuk anda yang menderita jantung koroner. Selain vitamin A, vitamin C, dan juga antioksidan yang telah dijelaskan sebelumnya, nanas juga mengandung zat-zat bermanfaat lain seperti natrium, kalium, magnesium, thiamin, dan juga sukrosaserta enzim bromelain sebagai pemecah protein.

Enzim bromelain inilah yang berfungsi mengencerkan darah, dengan kata lain nanas dapat dijakdikan alternatif utuk obat penyakit pengentalan darah yang biasanya berujung pada jantung koroner. Selain itu, nanas juga mengandung kadar flavonoid yang tinggi. Dalam 100 gram buah nanas mengandung 47.8 mg flavonoid, dimana dengan kandungan tersebut kebutuhan tubuh anda akan flavonoid akan terpenuhi sebanyak 80%. Flavonoid sendiri berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas dari luar karena lingkungan yang tidak sehat maupun radikal bebas dari tubuh anda sendiri yang disebabkan oleh stress. Flavonoid akan menetralkan segala jenis radikal bebas sehingga tidak merusak sel-sel sehat di dalam tubuh anda.

Itulah pemaparan tentang khasiat nanas untuk jantung koroner. Selain untuk kesehatan jantung berikut adalah berbagai manfaat nanas untuk kesehatan tubuh anda:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas), karena kandungan asam amino dan vitamin C.
  2. Mengurangi lemak berlebihNanas dapat anda jadikan pilihan untuk program diet anda. Kandungan vitamin A, C, thiamin, serat, dan juga magnesium dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh anda.
  3. Mengatasi rasa nyeriKandungan enzim bromelain selain berfungsi untuk mengencerkan darah juga dapat berfungsi untuk mengatasa nyeri dan sakit pada otot tubuh.
  4. Kesehatan pencernaan. Konsumsi nanas dipercaya membantu menyelesaikan masalah pencernaam seperti konstipasi, mual, dan juga sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat yang tinggi dalam nanas juga dapat menjaga kesehatan usus anda.
    Sponsors Link

  5. Memperkuat tulang Dalam secangkir jus nanas mengandung 73% mangan yang dapat memenuhi kebutuhan mangan wanita untuk mencegah osteoporosis walaupun nanas tidak mengandung kalsium.
  6. Sebagai anti radangKandungan enzim bromelain ternyata memiliki banyak manfaat. Manfaat enzim ini juga bermanfaat sebagai zat anti radang. Enzim ini berperan efektif dalam mengurangi sinusitis, radang tenggorokan, arthritis dan juga encok.
  7. Pencegahan katarak. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas memiliki manfaat sebagai pencegah katarak dan degenerasi manula.

Itulah khasiat nanas untuk jantung koroner dan juga khasiat dan manfaat lain dari buah nanas untuk kesehatan tubuh anda yang lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan