Sponsors Link

7 Cara Cek Kesehatan Jantung Secara Online, Manual dan Medis

Sponsors Link

Memeriksakan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dilakukan, apalagi memeriksakan kesehatan jantung, pasalnya banyak orang yang tidak sadar bahwa memeriksa jantung merupakan kewajiban yang harus dilakukan minimal sekali dalam setahun, hal ini dikarenakan penyakit jantung merupakan pembunuh paling menakutkan yang pernah ada.

ads

Badan survey dunia menyatakan bahwa 20% kematian di seluruh dunia diakibatkan oleh penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner. Hal ini dapat disimpulkan bahwa masih banyak orang yang masih belum sadar untuk memeriksakan diri itu sangat penting, apalagi memeriksakan kesehatan jantung.

Baca juga: Penyebab Jantung Koroner.

Tapi bukankah memeriksakan kesehatan jantung di dokter itu sangat mahal? Apa tidak ada solusi untuk memeriksakan jantung namun dengan budget yang murah meriah? Memang benar memeriksakan jantung di dokter itu relatif mahal bagi sebagian orang, apalagi jika dokter tersebut cukup terkenal di kalangannya. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal itu, sekarang memeriksakan jantung dapat dilakukan secara manual atau secara online dengan budget murah meriah atau bahkan gratis.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit tips dan trik serta sedikit ilmu pengetahuan untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda secara manual dan online dengan budget murah meriah atau secara medis dengan hasil yang lebih akurat dan dapat dipercaya. Anda dapat menjabarkan sendiri kelebihan dan kekurangan masing-masing dari ketiga metode yang akan saya jabarkan dibawah ini.

Memeriksa Kesehatan Jantung secara Online

Banyak situs-situs di luar sana yang membangun sebuah sistem untuk kepentingan umum dimana kepentingan tersebut dibuat untuk hal-hal yang cukup bermanfaat seperti sistem pemeriksaan kesehatan jantung secara online. Pemeriksaan jantung secara online kini bukan lagi hal yang baru, pasalnya banyak negara-negara maju di dunia sudah menerapkan sistem ini di negaranya.

Namun Anda pasti bertanya-tanya bagaimana tingkat keakurasian dari hasil test tersebut. Tentu hal ini tergantung dari data yang Anda inputkan atau data yang anda masukan, semakin akurat data yang anda masukan semakin akurat pula hasilnya. Tetapi ada baiknya Anda tidak boleh percaya sepenuhnya kepada hasil pemeriksaan kesehatan jantung secara online, pasalnya banyak situs-situs yang menyandang gelar situs ‘abal-abal’ alias situs palsu yang membuat sistem serupa namun hasilnya tidak akan akurat.

Beberapa situs resmi untuk memeriksakan jantung Anda kebanyakan mengharuskan Anda untuk melakukan registrasi sebelum pemeriksaan berjalan. Hal ini sama seperti situs-situs resmi lainnya di dunia. Melakukan registrasi bertujuan untuk melakukan survey dan pendataan. Namun Anda tidak perlu khawatir akan bocornya identitas Anda ke muka umum atau publik. Karena situs-situs yang menyediakan sistem pemeriksaan jantung secara online kebanyakan merahasiakan identitas Anda sebagai kenyamanan privasi Anda.

Salah satu website yang bisa Anda gunakan adalah www.nhs.uk, namun pemeriksaan ini hanya diperuntukkan bagi yang sudah berusia 30 tahun ke atas. Pemeriksaan jantung secara online tidak serta merta memberikan hasil yang 100% akurat, Anda juga harus memeriksanya ke dokter atau bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mengecek jantung dengan cara manual.

Baca juga:

Memeriksa Kesehatan Jantung secara Manual

Pemeriksaan jantung secara online seperti yang saya sebutkan di atas tadi memang tidak memberikan hasil yang serta merta 100% akurat. Keakuratan dari pemeriksaan kesehatan jantung secara online itu semua tergantung dari data yang Anda masukan pada saat melakukan proses pemeriksaan. Selain secara online, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan jantung secara manual.

Pemeriksaan ini tidak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah atau di tempat kerja. Lalu bagaimana cara pemeriksaannya? Berikut ini cara cek kesehatan jantung secara manual:

1. Lihat Keadaan Lidah

Hahh apakah ini lelucon? Saya ingin memeriksakan jantung, bukan lidah. Anda tidak perlu heran dikarenakan lidah merupakan salah satu indikator untuk memeriksa kesehatan jantung. Untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda secara manual yang perlu dilakukan adalah lihat kondisi lidah Anda. Apabila lidah Anda terlihat berwarna kemerah-merahan maka bersyukurlah Anda masih dalam keadaan sehat walafiat.

Namun bagaimana jika lidah Anda tidak berwarna kemerah-merahan? Jika hal ini terjadi Anda patut mewaspadainya, sebab apabila lidah Anda terlihat berwana sedikit ungu maka kemungkinan yang cukup besar bahwa terjadi masalah terhadap jantung Anda alias jantung sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Lakukan tindakan pencegahan dan segera hubungi dokter yang terpercaya.

2. Periksa Kaki

Kaki juga merupakan indikator untuk memeriksa kesehatan jantung Anda secara manual,tidak hanya kesehatan jantung kaki juga merupakan salah satu indikator untuk memeriksa kesehatan bagian tubuh lainnya seperti mata dan lambung. pada orang yang memiliki jantung yang sehat biasanya kaki mereka akan ditumbuhi oleh bulu bulu halus di sekitar kaki seperti pada jempol kaki dan pada tempurung kaki, jika anda tidak memiliki bulu disekitar kaki seperti yang saya sebutkan tadi anda patut mengkhawatirkannya dikarenakan anda cenderung memiliki kesehatan jantung yang kurang baik.

ads

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia Jantung, Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

3. Periksa Warna Kuku

Kuku merupakan indikator lain yang bisa digunakan untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda. Pada orang yang aktif merokok, mereka cenderung memiliki warna kuku yang sedikit kekuning-kuningan. Hal itu membuktikan bahwa kuku bisa mendeteksi keadaan tubuh kita yang sesungguhnya. Jika Anda memiliki kuku yang berwana sedikit keunguan, Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Pasalnya kuku yang berwana ungu merupakan salah satu indikasi bahwa Anda memiliki penyakit jantung tanpa Anda sadari. Namun Anda tidak perlu khawatir jika kuku Anda berwarna putih kemerah-merahan, dikarenakan kuku yang berwarna putih kemerah-merahan merupakan salah satu tanda bahwa Anda sedang dalam kondisi jantung yang sangat prima.

4. Periksa Mata

Cara cek kesehatan jantung manual selain cek melalui kuku, kaki dan lidah, Anda juga dapat memperhatikan dan memeriksa mata Anda. Banyak hal yang dapat diketahui dari mata, salah satunya kesehatan jantung. Apabila jantung Anda sedang dalam keadaan yang kurang baik biasanya akan muncul lingkaran putih disekitar mata. Banyak orang mengira lingkaran putih di sekitar mata merupakan awal mula penyakit katarak, tentu hal ini tidak dapat dikatakan salah. Namun Anda juga harus memeriksa kesehatan jantung apabila Anda memiliki lingkaran putih di sekitar mata. Dikarenakan lingkaran putih di sekitar mata merupakan tanda bahwa jantung Anda sedang tidak dalam kondisi yang sehat.

Baca juga: Kebocoran Katup Aorta.

5. Perhatikan Telapak Tangan

Cara cek kesehatan manual yang terakhir adalah dengan cara memeriksa tangan. Memeriksakan kesehatan jantung melalui telapak tangan dapat dikatakan gampang-gampang susah, karena pada dasarnya Anda harus melakukan kegiatan ini pada saat tubuh sedang dalam keadaan kedinginan. Bila tubuh Anda sedang dalam keadaan kedinginan dan telapak tangan Anda berwarna kemerah-merahan, maka bersyukurlah karena Anda masih dalam kondisi jantung yang sehat. Namun bagaimana jika telapak tangan Anda berwarna keunguan? Inilah hal yang harus Anda waspadai, karena telapak tangan yang berwana ungu merupakan tanda kesehatan jantung Anda sedang dalam kondisi yang tidak prima.

Mengapa semua tanda-tandanya harus berwarna ungu? Mungkin bagi sebagian pembaca masih awah dan tidak mengerti betul tentang jantung, saya akan mengulas sedikit mengapa tanda-tanda yang sering terjadi apabila jantung tidak dalam kondisi yang sehat adalah berwarna ungu.

Baca juga: Bagian-Bagian Jantung, Detak Jantung Normal.

Jantung merupakan alat pompa darah yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung Anda dalam kondisi yang sehat, maka organ-organ dan bagian-bagian tubuh Anda akan teraliri darah yang normal dan stabil, karena jantung Anda berdetak secara normal. Jika ada bagian tubuh Anda yang berwarna ungu sudah pasti Anda memiliki masalah dengan jantung Anda. Jantung yang tidak berdetak secara normal akan membuat aliran darah tidak mengalir ke bagian-bagian tertentu, seperti lidah dan kaki, sehingga menyebabkan warna ungu pada tubuh Anda.

Memeriksakan Kesehatan Jantung secara Medis

Nah, ini dia cara cek kesehatan jantung Anda yang terefektif sekaligus terakurat. Pemeriksaan kesehatan jantung melalui medis memang tergolong mahal. Biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan dengan tes Elektrokardiogram (EKG). Pemeriksaan EKG bertujuan untuk memeriksa ritme detak jantung, kekuatan dan timing, serta kecepatan detak jantung.

Prosedur melakukan EGK biasanya dilakukan oleh dokter spesialis jantung. Biasanya pada saat melakukan tes kesehatan jantung melalui EGK, pasien akan diinstruksikan untuk berbaring, lalu pasien akan diperintahkan untuk membuka sebagian pakaian yang digunakan termasuk apapun yang berbahan dasar logam seperti kalung, cincin dan lainnya. Hal ini berguna agar terhindar dari sengatan listrik. Setelah itu dokter akan memasang lempengan besi tipis berbentuk electroda, biasanya electorda yang dipasang pada tubuh pasien akan di lapisi terlebih dahulu dengan pasta. Pemeriksaan EKG biasanya berkisar antara waktu 5 sampai 10 menit.

Baca juga: Fungsi EKG Jantung.

Hasil tes kesehatan EGK biasanya berbentuk grafis yang susah untuk dipahami. Namun Anda tidak perlu khawatir, ketika pemeriksaan EGK selesai, dokter akan memberitahukan hasil tesnya kepada Anda. Dokter akan menjelaskan seputar ritme jantung Anda, mengapa Anda sering sesak nafas, penyebab dada Anda nyeri dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar Anda lebih waspada dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Penyebab Jantung Berdebar saat Tidur.

Sponsors Link

Sebelum tes EKG, pastikan bahwa rumah sakit, laboratorium ataupun klinik yang Anda kunjungi terpercaya, baik dari segi dokter maupun fasilitas yang diberikan. Harga Pemeriksaan jantung dengan cara medis melalui EGK biasanya berkisar diantara harga 3 sampai 4 jutaan. Harga pemeriksaan untuk pria dan wanita berbeda tipis. Di laboratorium dan klinik-klinik yang berbasis teknologi canggih biasanya menawarkan harga te EKG senilai Rp 3.900.000 untuk pria dan Rp 3.600.000 untuk wanita.

Namun Anda tidak perlu khawatir untuk membuang-buang uang sebanyak itu hanya untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda. Sekarang hampir seluruh rumah sakit di Indonesia sudah memiliki fasilitas untuk memeriksakan kesehatan jantung melalui tes EKG. Kebanyakan rumah sakit hanya memberikan harga kisaran Rp 55.000 sampai Rp 100.000 saja. Harga tersebut hanya untuk pemeliharaan fasilitas yang Anda gunakan pada saat pemeriksaan kesehatan jantung melalui tes EKG saja.

Baca juga: Efek Pasang Ring Jantung.

Apabila ada keluhan atau terdeteksi penyakit jantung, maka biaya akan bertambah sesuai dengan penyakit yang diderita. Penambahan biaya tersebut untuk obat, konsultasi dan pemeriksaan secara berkala. Bagi Anda yang mempunyai BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya, maka Anda bisa menanyakan pada pihak administrasi apakah tes EKG jantung ditanggung biayanya. Bila ditanggung maka akan meringankan beban Anda, langkah selanjutnya adalah tanyakan bagaimana prosedur yang harus Anda lakukan untuk mengklaim biayanya.

Itu dia beberapa tips dan trik serta sedikit pengetahuan tentang cara cek kesehatan jantung melalui online, manual dan medis yang dapat saya suguhkan kepada Anda. Jika Anda mencintai kesehatan jantung, maka sebaiknya Anda tidak perlu khawatir tentang biaya untuk menjaga dan merawat jantung Anda.

Jika Anda masih memiliki beberapa pertimbangan untuk mengeluarkan biaya pemeriksaan jantung dengan metode medis, anda dapat melakukan beberapa hal seperti pemeriksaan kesehatan jantung melalui online dan memeriksakan jantung melalui metode manual seperti yang sudah dijabarkan di atas. Namun tentu melakukan tes kesehatan jantung dengan metode online atau metode manual hasilnya tidak akan seakurat dan sedetail dengan metode medis.

Baca juga:

Semua pilihan tergantung pada Anda, namun percayalah jantung yang sehat merupakan tanda bahwa Anda memiliki standart hidup dan pola hidup yang sehat. Pastikan Anda selalu menjaga jantung Anda demi keutuhan dan kenyamanan dalam beraktifitas. Saya sangat berharap setelah membaca artikel ini, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih mencintai jantung Anda. Karena ketika jantung sudah sakit, maka biaya yang Anda keluarkan jauh lebih besar. Maka dari itu jaga jantung dan pola hidup Anda menjadi lebih sehat mulai dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis