Cara Penyembuhan Infeksi Jantung Secara Alami dan Medis

Infeksi jantung merupakan suatu penyakit yang masuk ke dalam jenis-jenis penyakit jantung. Sebenarnya tidak berbahaya jika tahu cara penanganan yang tepat. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai pengertian penyakit infeksi jantung, penyebabnya dan cara penyembuhan infeksi jantung tersebut. Berikut ulasannya yang bisa Anda jadikan referensi bacaan atau juga sumber informasi.

Infeksi jantung biasanya disebabkan oleh iritasi yang biasanya muncul ketika terjangkit bakteri , virus atau kimia bersinggungan langsung dengan jantung Anda. Ada beberapa hal yang paling sering dan biasanya menyebabkan infeksi jantung, yaitu :

1. Bakteri. Penyebab pertama infeksi jantung adalah bakteri. Ada 2 jenis infeksi jantung yang disebabkan oleh 2 macam bakteri.
    • Miokarditis. Ini bisa disebabkan oleh bakteri trick-bone yang akan bertanggung jawab atas penyakit lyme.
    • Endokarditis. Yang kedua ini terjadi disebabkan adanya sekelompok bakteri yang menerobos masuk ke aliran darah. Masuknya bakteri ke dalam aliran darah Anda bisa melalui beberapa kegiatan harian Anda, seperti makan atau menyikat gigi, dan akan bertambah buruk jika Anda memiliki riwayat kesehatan gigi yang kurang baik
  2. Virus. Infeksi jantung dapat terjadi juga karena alasan yang kedua ini. Virus yang bisa menyebabkan infeksi jantung seperti yang biasa menyebabkan influenza (ccoxsackievirus B dan adenovirus), lalu ruam yang biasa dikenal dengan penyakit kelima (parvovirus B19 manusia), mononukleosis (virus Epstein-Barr), campak Jerman (rubella), infeksi gastrointestinal (echovirus). Lalu berbagai jenis virus yang terkait dengan infeksi menular seksual pun bisa melakukan perjalanan ke otot jantung kemudian menyebabkan infeksi jantung.
  3. Obat-obatan. Percaya atau tidak, ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa memicu terjadinya infeksi jantung, seperti pada kelompok antibiotik. Sebut saja penisilin dan sulfonamide, lalu beberapa zat ilegal seperti kokain. Parahnya lagi, jarum suntik yang tidak steril dan bersih kemudian dipakai untuk menyuntikan dan mengelola obat-obatan tersebut juga dapat menyebabkan infeksi jantung
  4. Parasit. Ada beberapa jenis parasit yang bisa menyebabkan infeksi jantung, di antaranya trypanosomacruzi, toxoplasma, juga beberapa serangga yang juga ikut menyumbang munculnya penyakit ini.

Lalu, bagaimana cara penyembuhan infeksi jantung yang tepat bagi Anda? Ada beberapa caranya, seperti :

1. Cara Alami

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan infeksi jantung yaitu ada cara alami yang memanfaatkan dan menggunakan tanaman di sekitar yang mudah didapatkan, ada pula cara medis. Ada beberapa jenis tanaman seperti di bawah ini yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan infeksi jantung, yaitu :

• Bawang putih. Khasiat bawang putih untuk jantung sendiri sudah banyak diketahui secara luas. Infeksi jantung bisa disembuhkan dengan mengonsumsi bawang putih yang diolah dengan tepat. Kandungan zat anti-bakteri dan anti-jamur yang terdapat pada bawang putih,  bisa membantu membunuh bakteri dan jamur yang menyerang katup jantung maupun selaput jantung Anda. Hal inilah yang menyebabkan bawang putih mentah dan segar mampu mencegah penyakit jantung, sangat bagus sebagai menu diet jantung dan penyakit turunan lainnya. Anda bisa mencari berbagai resep makanan untuk penyakit jantung dengan olahan bawang putih agar variasi masakan yang diberikan pada penderita infeksi jantung lebih beragam.
  • Sambang darah. Daun ini, sangat berkhasiat mengobati infeksi jantung karena mampu membunuh kuman dan daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan demam dan kejang.
  • Mahkota dewa. Obat alami lainnya untuk menyembuhkan infeksi jantung adalah mahkota dewa. Tanaman yang satu ini, sudah tidak asing lagi dan memang sudah terbukti mampu menyembuhkan infeksi jantung karena kandungan baik di dalamnya yang memiliki zat anti-bakteri dan anti-oksidan yang mampu menghambat kuman, bakteri dan kuman yang berkembang di jantung Anda. Selain mahkota dewa, ada manfaat mengkudu untuk jantung yang bisa Anda ambil sebagai pengobatan berbagai penyakit jantung.

2. Cara Medis

• Diuretik. Cara kerja diuretik dalam menyembuhkan infeksi jantung adalah bekerja meningkatkan pengeluaran urin. Pengeluaran urin ini sangat baik untuk jantung, yakni cairan tubuh akan turun yang termasuk di dalamnya ada darah dan tentu saja hal ini membuat kerja jantung lebih ringan. Namun, ada efek samping yang akan ditimbulkan jika menempuh cara ini yaitu hipokalemia yang bisa menyebabkan aritmia.
  • Calcium channel blockers. Mengobati dan menyembuhkan infeksi jantung juga bisa menempuh cara ini. Cara kerjanya adalah tentu saja dengan mencegah ion kalsium terutama untuk masuk dan menyusup ke jantung dan dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi lebih rendah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menjadi relaks dan melebar. Seperti hal medis lainnya, cara ini jg dapat menyebabkan terjadinya efek samping sederhana seperti nyeri di kepala atau pipi yang menjadi merah.
  • Operasi. Cara penyembuhan infeksi jantung yang terakhir melalui jalan medis adalah operasi. Ini adalah opsi terakhir ketika jalan lain sudah tidak bisa ditempuh. Operasi akan digunakan dan dilakukan jika sudah terjadi penyempitan pembuluh darah akibat deposit lemak dan hal lainnya yang sudah tidak bisa dikontrol lagi.

Demikian tadi, informasi mengenai cara penyembuhan infeksi jantung. Jaga selalu kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi makanan yang menguatkan jantung dan melakukan olahraga yang untuk kesehatan jantung serta hindari makanan yang tidak baik untuk jantung. Semoga bermanfaat.

, ,
Kategori : Pengobatan