Sponsors Link

7 Cara Mengobati Jantung Tersumbat Secara Medis dan Alami

Sponsors Link

Memiliki jantung yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun, gaya hidup yang tidak sehat akan mengundang banyak penyakit kronis bagi seseorang. Jika sudah terkena penyakit serius, barulah orang-orang secara berbondong mengubah gaya hidupnya agar dapat memperlambat penyakit yang diderita.

ads

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu bahkan di dunia, gejalanya tidak terlihat secara signifikan namun jika terlambat menyadari maka akan fatal bagi hidup seseorang. Ada beragam jenis-jenis penyakit jantung yang siap mengancam nyawa manusia, salah satunya adalah penyumbatan jantung yang terjadi karena plak yang tertimbun dalam arteri atau pembuluh darah yang bertugas untuk mengalirkan darah baik dari dan ke seluruh tubuh.

Ada berbagai macam cara yang dilakukan untuk mengobati penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada penderita jantung. Artikel ini akan membahas lebih lanjut cara mengobati jantung tersumbat secara alami maupun medis. Simak penjelasannya berikut ini :

  • Tradisional
  1. Mengkonsumsi jus

Mengkonsumsi jus herbal untuk jantung sehat sangat diperlukan, berikut beberapa jenis jus yang dapat dikonsumsi oleh penderita jantung :

  • Jus lemon, bawang putih, dan cuka apel, dalam dunia pengobatan alami atau herbal kombinasi lemon, bawang putih, dan cuka apel ini sangat berkhasiat untuk merawat organ jantung manusia. Lemon mengandung kalium yang memberikan manfaat mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi stress, lalu bawang putih mengandung alicin yang dapat mengontrol dan mengurangi tekanan darah tinggi sampai kolesterol. Cara membuat ramuan jus ini pun sangat mudah, pertama-tama haluskan jahe dengan dua gelas air kemudian saring hingga tidak tersisa ampasnya. Setelah itu bawang putih dihaluskan dengan mencampurkan air perasan jahe dan campur dengan 300ml cuka apel dan air perasan lemon. Rebus semua ramuan tersebut selama 30 menit kemudian campurkan madu agar manis sesuai dengan selera.
  • Jus cranberry, buah cranberry dapat ditemukan di Benua Eropa dan Amerika, buah ini merupakan jenis tanaman semak. Buah dengan warna merah tua ini memiliki banyak manfaat bagi penderita jantung. Hal ini karena mengandung vitamin C, E, K, serat, dan nutrisi lain seperti peonidin, sianidin, dan masih banyak lagi untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Jus cranberry aman dikonsumsi oleh penderita jantung karena mengandung flavonoid untuk mencegah perkembangan penyakit kanker. Selain itu flavonoid dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan menekan kandungan kolesterol jahat dalam darah. Selain menjaga kesehatan jantung, buah ini juga mampu untuk menjaga kekebalan tubuh.
  • Jus pomegranate, jus untuk jantung tersumbat lainnya adalah jus buah delima merah atau pomegranate. Buah delima merah ini menurut penelitian dapat mengurangi penumpukan bakteri di arrteri dan menurunkan tekanan darah. Kandungan atau senayawa antosianin di dalamnya ini yang membantu mengurangi bakteri atau plak dalam jantung dan dibandingkan dengan jus buah-buahan beri ternyata buah delima merah ini megandung antioksidan yang lebih tinggi dan bagus untuk kesehatan jantung.
  • Jus bayam, bayam merupakan salah satu jenis tanaman hijau yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Cara mendapatkannya pun mudah sehingga tidak sulit menemukan tanaman ini. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, bayam juga dapat dibuat jus untuk kesehatan jantung. Ada berbagai cara mencampurkan bayam agar rasanya enak saat dijadikan minuman yaitu dengan mencampurkannya bersama jeruk, apel, blueberry, mangga, dan sebagainya. Bayam dipercaya dapat membuat jantung sehat karena mengandung vitamin A dan C yang merupakan antioksidan dan dapat mengurangi kerusakan sel dalam tubuh karena radikal bebas. Zat tersebut juga berguna untuk memperkuat dan membangun pembulh darah sehingga mengurangi penyakit jantung dan stroke.
  • Jus kiwi, buah yang memiliki rasa unik ini sangat nikmat dijadikan jus untuk menjaga kesehatan jantung seseorang. Kiwi memiliki kandungan vitamin c yang melebihi buah jeruk sehingga mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dan dapat melawan stress. Buah ini juga dipercaya mampu untuk melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh dan menurunkan kadar lemak yang mengeras di dalam pembuluh darah.
Sponsors Link

  • Jus anggur, anggur memiliki khasiat untuk menyehatkan jantung karena dapat mencegah pembekuan darah dalam tubuh. Selain itu anggur dapat menghentikan oksidasi kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah jantung. Anggur yang baik dikonsumsi untuk jus adalah anggur merah. Buah ini juga cukup aman dicampur bersama buah lain seperti jambu biji, melon, mangga, dan bengkuang.
  • Jus tomat

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi tomat, buah kecil berwarna merah itu kaya akan vitamin C, A, Kalium, dan serat. Tak hanya itu, tomat juga ternyata mengandung lycopene yang fungsinya bekerja sama dengan vitamin di dalamnya untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner. Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini dapat dikonsumsi sebagai sayur yang ada didalam masakan atau dimakan langsung tanpa diproses. Namun bagi penderita jantung yang tersumbat jus buah tomat dapat dikonsumsi setiap hari dengan aman.

  1. Kulit manggis

Cara mengobati jantung dengan kulit manggis adalah dengan mengolahnya. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah seseorang dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Hal ini dapat membantu jantung berfungsi seperti seharusnya. Kulit manggis juga dapat mengurangi plak yang menyumbat pembuluh darah. Cara mengolah buah ini juga sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah. Pertama pisahkan kulit dengan buah dan bijinya kemudian bersihkan kulit dan keruk bagian kulit yang keras untuk memisahkan dengan bagian kulit luarnya, simpan dalam lemari es kemudian campur kulit manggis tersebut dengan ethanol dan air dengan perbandingan sebanyak 1 :2 dan blender hingga halus. Endapkan kulit manggis tersebut selama 24 jam kemudian saring ampasnya, setelah itu dapat dikonsumsi secara rutin.

ads
  1. Daun sirsak

Cara mengobati jantung dengan daun sirsak adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Daun sirsak sendiri memiliki kandungan seperti protein, kalsium, lemak, vitamin A, B, dan masih banyak lagi. Dalam kantungan ini dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, memperlancar aliran darah, dan mencegah kerusakan syaraf sehingga jantung dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Teh hijau

Salah satu minuman yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat Indonesia saat ini adalah teh hijau. Kandungan antioksidannya dapat mencegah penyakit jantung koroner. Salah satu manfaat teh hijau untuk jantung antara lain :

  • Meningkatkan fungsi endotel
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengurangi resiko kematian
  • Memperlancar aliran darah
  • Dapat digunakan sebagai antioksidan
  1. Kacang hijau

Salah satu makanan yang menguatkan jantung lainnya adalah kacang hijau. Kacang hijau sendiri merupakan sebuah tanaman palawija (tanaman hasil panen kedua di samping padi) yang sudah dikenal luas di seluruh daerah tropis. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis polong-polongan. Menurut penelitian dengan mengkonsumsi kacang hijau maka akan membantu untuk menyehatkan jantung anda. Cara mengkonsumsinya tidak harus dalam porsi yang banyak, menurut Journal of Nutrition setengah cangkir kacang hijau setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kacang hijau mengandung serat larut dan zat lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, selain itu kacang hijau juga dapat membantu melindungi jantung yang dapat menurunkan resiko serangan jantung maupun stroke.

  • Medis

Selain dengan pengobatan tradisional, penyumbatan pembuluh darah dapat dilakukan dengan cara medis, ada dua jenis medis yang dapat dilakukan oleh pasien penderita jantung yaitu :

  1. Operasi bypass jantung

Operasi bypass jantung tidak bisa diterapkan pada semua penderita jantung. Ada beberapa penderita yang hanya perlu melakukan diet sehat untuk menyembuhkan penyakitnya. Operasi bypass jantung dipercaya dapat menyembuhkan penyakit jantung secara cepat. Setelah operasi selama 10-15 tahun penderita dapat melakukan aktifitas seperti biasanya kembali. Namun, resiko operasi ini cukup besar. Sekitar 1% adalah angka kematian terjadi pada pasien berumur 65 tahun. Sebuah laporan dari Jurnal Kardiologi Universitas Amerika mengatakan bahwa sekitar 3% pasien pernah mengalami stroke saat operasi berlangsung dan 3% lainnya mengalami kehilangan ketajaman mental. Ada pula studi penelitian yang mengatakan bahwa ada kerusakan ginjal yang terjadi setelah operasi bypass jantung ini.

  1. Terapi EECP

Terapi EECP merupakan sebuah terobosan dalam pengobatan jantung secara medis. Terapi ini dipercaya merupakan cara yang aman, minim risiko, berbiaya murah, dan membantu pemerintah untuk biaya pengobatan dalam BPJS di Indonesia. EECP atau Enhanced External Counter Pulsation merupakan metode pengobatan untuk penyumbatan pembuluh darah jantung. EECP ini digunakan seperti pompa jantung. Penggunaan terapi EECP ini telah diterapkan di berbagai belahan negara lain seperti Amerika, Jerman, dan Cina. Prinsipnya EECP ini adalah pembentukan bypass yang alami pada pembuluh darah jantung sehingga pembuluh darah yang telah rusak atau tersumbat akan tumbuh kembali pembuluh darah baru sebagai aliran darah menuju jantung. Terapi EECP ini dilakukan minimal sebanyak 35 sampai 36 kali dalam kurun waktu berturut-turut setiap hari selama 1 jam. Tujuannya adalah untuk memperbaiki aliran darah yang terhambat juga untuk mengurangi efek nyeri di dada penderita jantung. Terapi EECP juga dapat meningkatkan energy bagi seseorang untuk melakukan aktifitas dan kualitas hidup penderita jantung baik yang sudah menjalani maupun yang belum operasi.

Sponsors Link

Itulah beberapa cara mengobati pembuluh darah tersumbat yang dapat dilakukan secara tradisional dengan bahan makanan yang berasal dari buah-buahan atau sayur-sayuran. Tentunya cara ini sangat mudah dilakukan di rumah dan tidak memiliki efek samping besar. Namun tetap harus dikonsultasikan dengan dokter yang merawat anda seberapa banyak takaran yang harus dikonsumsi.

Selain secara tradisional, secara medis pengobatan tersumbatnya pembuluh jantung juga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu operasi bypass dan terapi EECP. Operasi bypass tentunya memiliki resiko yang tinggi dibandingkan dengan terapi EECP, sehingga banyak dokter yang akan menyarankan terapi EECP sebagai salah satu teknik penyembuhan penderita jantung. Operasi bypass pun bukan alternative utama yang dilakukan atau disarankan oleh dokter karena tidak semua kondisi pasien atau penderita penyakit jantung harus melakukan operasi.

Semoga artikel mengenai cara mengobati jantung tersumbat ini dapat membantu anda mengetahui jenis pengobatan yang tepat dilakukan jika menderita penyakit jantung atau penyumbatan pembuluh darah jantung. Tetap jaga kesehatan dan jaga pola makan sehat untuk menjaga jantung anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan