Sponsors Link

Sistem Kerja Jantung Yang Sehat Dan Normal

Sponsors Link

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang sempurna dan diberi karunia akal yang sehat. Manusia lebih mengerti bagaimana caranya bertahan hidup dan melakukan banyak hal yang mereka sukai. Sebagai makhluk hidup yang memiliki akal sehat tentunya manusia mempergunakannya untuk mencari tahu banyak hal.

ads

Manusia saat ini banyak mencari tahu tentang perkembangan alam semesta, spesies binatang langka, tumbuhan yang beracun maupun yang dapat digunakan sebagai makanan dan obat-obatan. Tak heran pula manusia mencari tahu sistem organ tubuh mereka sendiri. Dimulai dari eksperimen dengan hewan hingga akhirnya mereka mengetahui bagaimana fungsi tubuh mereka sendiri.

Dengan mempelajari organ tersebut manusia mengetahui bahwa jantung merupakan organ yang paling penting atau organ paling utama yang bekerja untuk kelangsungan aktifitas di dalam tubuh. Tanpa adanya jantung yang berdetak maka manusia maupun hewan tidak akan hidup. Mengetahui betapa pentingnya jantung membuat manusia sadar bahwa fungsi jantung juga terkadang tidak berfungsi secara baik. Banyak dari manusia mengalami lemah jantung. Itulah mengapa manusia sendiri perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri jantung sehat agar terhindar dari berbagai penyakit jantung yang mengancam nyawa.

Setidaknya ada 15 ciri jantung sehat yang perlu diketahui yaitu :

  1. Kadar protein C-reactive yang normal.
  2. Gula darah yang rendah.
  3. Tekanan darah juga normal.
  4. kadar kolesterol yang normal.
  5. Detak jantung yang juga normal.
  6. Tidak mendengkur pada saat tidur.
  7. Gusi yang terlihat sehat.
  8. Sistem resproduksi yang normal.
  9. Sistem pernapasan normal.
  10. Tubuh tidak mudah lelah.
  11. Tidak terasa nyeri di dada.
  12. Berat badan normal.
  13. Warna lidah normal atau kemerahan.
  14. Warna kuku normal atau berwarna merah muda.
  15. Telapak tangan berwarna merah muda.

Penyakit jantung sendiri bisa terjadi di usia muda hingga usia dewasa, sehingga sangat mungkin menyerang semua orang. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh kita sebagai makhluk hidup untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah gerakan senam jantung sehat yang kini menjadi tren. Selain itu ada beberapa olahraga ringan untuk kesehatan jantung yang dapat anda lakukan saat sedang senggang atau tidak melakukan apapun.

Tidak hanya berolahraga, konsumsi makanan juga harus diperhatikan oleh anda. Anda perlu menghindari makanan yang tidak baik untuk jantung dan memulai untuk mencari menu diet jantung yang tentunya menyehatkan. Selain makanan ada pula berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menyehatkan jantung anda, salah satunya adalah khasiat air kelapa hijau untuk jantung yang memang sudah menjadi rahasia umum.

Ada pula beberapa buah yang dapat dijadikan jus untuk jantung berdebar yang dapat anda cicipi sebagai selingan setelah berolahraga atau sebagai cemilan kesehatan anda. Namun, mengkonsumsi makanan sehat tak lepas dari kandungan gizi di dalamnya. Untuk menjaga nutrisi dalam jantung sebaiknya anda perlu mengetahui nutrisi untuk jantung sehat yang perlu dipenuhi. Hal ini dapat anda lakukan dengan berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidangnya.

Lebih baik mencegah daripada harus mengobati, bukan?

Karena jantung sangat penting, maka manusia mencari tahu bagaimana peran dan fungsi jantung yang dapat membuat organ yang seukuran kepalan manusia itu dapat menjadi pusat organ di dalam tubuh. Maka dari itu artikel sistem kerja jantung yang sehat dan normal akan membahas bagaimana proses kerja jantung di dalam tubuh.

Sponsors Link

Sistem kerja jantung

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel fungsi jantung, seluruh bagian dalam jantung memiliki peran masing-masing. Dimana pada bagian serambi dan bilik ditutup atau dibatasi dengan sebuah katup. Selain bagian tersebut ada juga katup yang memisahkan jantung dengan pembuluh darah yang akan mengalirkan atau memasukkan darah dari tubuh.

Katup-katup tersebut antara lain :

  1. Katup Trikuspid, dimana katup ini berfungsi untuk mengatur darah dari serambi kanan ke bilik kanan. Darah yang dialirkan adalah darah kotor (yang belum ada oksigen di dalamnya).
  2. Katup Pulmonal, katup ini memiliki fungsi untuk mengatur darah dari paru-paru ke serambi kanan.
  3. Katup Mitral, yang berfungsi untuk mengatur darah dari paru-paru yang mengalirkan darah bersih atau yang sudah dioksigenisasikan ke dalam serambi kiri.
  4. Katup Aorta, yaitu katup yang membantu mengatur darah dari bilik kiri atau tempat pemberhentian terakhir di jantung ke aorta untuk segera dilepaskan ke seluruh tubuh.

Dari penjelasan diatas saja sebenarnya sudah cukup membantu menjelaskan bagaimana sistem kerja dari organ jantung ini. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diketahui.

ads

Menurut infojantung.com organ jantung merupakan salah satu otot yang bekerja paling keras dalam tubuh baik manusia maupun hewan. Dalam sehari jantung akan berdetak kurang lebih sebanyak 115.000 kali dalam sehari dengan rata-rata 80 kali permenit atau sekitar 42 juta kali dalam setahun. Bahkan saat tidur pun jantung masih tetap melakukan tugasnya. Sepanjang hidup dapat di total bahwa jantung memompa darah sebanyak 3.000 juta kali dengan jumlah darah sekitar satu juta barel. Tentunya jumlah yang banyak mengingat organ tersebut merupakan organ yang kecil.

Jantung di dalam tubuh yang berdenyut akan membuat ruang di dalam rongga ‘tubuhnya’ mengembang atau mengendur dan perlahan-lahan terisi oleh darah. Proses ini dinamakan sebagai diastole. Setelah proses ini terjadi, organ jantung kita akan kembali berdenyut yang digunakan sebagai cara jantung mengeluarkan darah ke seluruh tubuh. Proses ini dinamakan sistol. Setelah kedua proses tersebut selesai dilakukan maka serambi—baik kiri maupun kanan—akan mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Setelah itu kedua bilik—baik kanan maupun kiri—juga akan berkontraksi secara bersamaan. Hal ini membuat darah kotor (darah yang tidak memiliki kandungan oksigen di dalamnya) yang berasal dari seluruh tubuh akan masuk ke dalam vena atau pembuluh balik, dimana pembuluh balik ini sendiri memiliki dua bagian yaitu pembuluh balik besar dan kecil.

Pembuluh balik besar bertugas mengalirkan darah dari bagian atas tubuh seperti kepala dan tangan sementara pembuluh balik kecil mengalirkan darah dari bagian bawah tubuh seperti kaki dan pinggang. Hal ini dilakukan agar semua darah dalam tubuh dapat dialirkan dengan baik dari dan ke jantung.

Setelah darah kotor masuk ke dalam serambi kanan maka darah tersebut dialirkan ke bilik kanan dibantu dengan katup tricuspid. Setelah darah terkumpul di bilik kanan maka proses selanjutnya adalah darah kotor tersebut akan dialirkan ke jantung guna proses oksigenisasi. Proses ini tidak lepas dari fungsi katup pulmoner, dimana katup ini akan membantu proses pompa darah dari jantung menuju paru-paru di dalam arteri pulmonalis.

Darah kotor tadi akan mengalir ke pembuluh darah lain yang lebih kecil atau yang biasa disebut sebagai pembuluh darah kapiler, disini pembuluh darah kapiler tersebut mengelilingi kantong udara paru-paru. Disinilah terjadi proses oksigenisasi atau penyerapan oksigen ke darah terjadi. Setelah itu darah yang sudah bersih dioper kembali ke jantung.

Setelah proses tersebut, darah akan kembali ke jantung melalui arteri pulmonalis lainnya ke serambi kiri. Sama seperti proses pada di serambi kanan. Darah bersih di serambi kiri kemudian dipompa ke bilik kiri. Proses memompa darah ini tidak lepas dari fungsi katup bikuspidalis atau mitral yang bertugas memompa darah dari bilik kiri ke aorta dimana menjadi tempat pemberhentian terakhir sebelum darah tersebut dilepas ke seluruh tubuh.

Proses peradaran dari jantung ke seluruh tubuh dinamai sebagai peradaran darah besar, sementara proses peredaran darah dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung untuk proses mengoksigenisasikan darah maka disebut sebagai peredaran darah kecil. Peredaran darah kecil ini dimulai dari darah bersih yang dibawa dari paru-paru ke jantung kemudian dilepas ke seluruh tubuh.

Secara singkat proses jantung dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Darah di serambi kanan akan memasuki bilik kanan dengan bantuan katup tricuspid.
  2. Darah kotor dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis.
  3. Darah mendapat pasokan oksigen di paru-paru.
  4. Darah bersih kembali dialirkan ke jantung melalui vena pulmonalis ke serambi kiri.
  5. Darah dioper atau dipompa kembali ke bilik kiri.
  6. Darah dari bilik kiri dialirkan ke aorta.
  7. Aorta melepaskan darah bersih ke seluruh tubuh.

Fungsi jantung dalam tubuh memang sangat penting untuk tubuh. Jantung yang berkontraksi tentu akan mempengaruhi otot-otot di sekitar jantung tersebut. Pada saat berkontraksi jantung akan mengalami keadaan menguncup atau tertutup, jantung sendiri berkontraksi pada saat memompa darah untuk mengalirkan darah ke bagian-bagian yang sudah disebutkan. Sementara pada saat darah tidak memompa maka disebut sebagai relaksasi dimana keadaan ini jantung dalam keadaan mengembang.

Sponsors Link

Seperti itulah bagaimana sistem kerja jantung yang sehat. Ada beberapa jenis penyakit yang terjadi pada manusia seperti tumor jantung, dimana penyakit ini dibagi kembali menjadi dua jenis yaitu tumor jantung primer dan sekunder. Atau jika anda sering mengalami atau merasakan detak jantung yang cepat maka ada beberapa penyebab jantung berdetak cepat secara tiba-tiba ini, seperti salah satunya adalah sebagai penyebab penyakit lain. Penyakit yang disebabkan karena jantung yang berdegup cepat ialah penyakit darah tinggi, jantung koroner, dan penyakit diabetes.

Selain berdetak dengan cepat, jantung juga dapat berdetak dengan lambat. Penyebab detak jantung lambat biasanya terjadi karena sebagai tanda serangan jantung, kelainan pada kelenjar tiroid, kardiomiopati atau penyakit jantung yang sering ditemui, dan yang terakhir adalah akibat dari gigitan serangga.

Untuk itulah sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan jantungnya dengan melakukan olahraga, mengkonsumi makanan sehat, menghindari rokok dan minuman beralkohol. Dari kurangnya gaya hidup sehat akan menimbulkan berbagai macam jenis-jenis penyakit jantung yang menyerang tubuh. Semoga artikel sistem kerja santung yang sehat dan normal dapat membantu bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas bagaimana proses kerja jantung pada tubuh manusia, walaupun kecil tapi jantung memiiki tugas yang besar dan tidak pernah berhenti walaupun anda sedang beristirahat. Jadi, jagalah kesehatan jantung anda agar anda dapat menjalani hidup yang panjang. Tetap semangat!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Medis