Sponsors Link

30 Cara Mengobati Aritmia Jantung Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Mempunyai jantung yang sehat merupakan hal yang harus disyukuri, namun sering kali orang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit jantung. Penyakit jantung memang bukan penyakit yang datang secara tiba-tiba tanpa ada sebab akibatnya, hampir 20% kematian di seluruh dunia diakibatkan oleh penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner dan lain-lain.

ads

Baca juga: Penyebab Jantung koroner.

Namun ada juga penyakit jantung yang tidak menimbulkan rasa sakit apapun namun hanya menimbulkan perasaan jantung yang berdebar secara tidak normal dengan frekuensi yang tidak biasa, penyakit jantung ini disebut dengan penyakit aritmia jantung. Kebanyakan orang mengira berdebarnya jantung dengan frekuensi yang tidak normal ini hanyalah hal yang biasa, namun Anda harus mewaspadainya, bisa jadi itu adalah tanda-tanda dari penyakit aritmia jantung.

Baca juga: Penyebab Jantung Berdebar saat Tidur.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bahan bahan alami yang dapat mencegah serta menyembuhkan penyakit aritmia jantung secara dengan bahan bahan alami. Mengapa harus dari bahan alami? Tidak perlu diragukan lagi, bahan-bahan yang tumbuh dari alam alias alami sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia, terutama kesehatan jantung, namun Anda harus memilih juga karena tidak semua bahan alami itu baik untuk jantung.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

Bagaimana saya tahu mana bahan alami yang baik bagi tubuh saya? Tenang, seperti yang saya katakan tadi di atas, pada artikel kali ini Anda akan menerima informasi seputar bahan-bahan alami, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang baik bagi kesehatan jantung Anda, khususnya untuk mengobati penyakit aritmia jantung.

Namun sebelum kita membahas bahan alami apa saja yang dapat mengobati penyakit aritmia jantung ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang apa itu penyakit aritmia jantung. Aritmia jantung merupakan penyakit jantung yang bermasalah pada detakan atau irama detak jantung yang tidak normal, penyakit aritmia jantung dapat dikatakan dengan penyakit yang sangat labil, dikarenakan penyakit aritmia jantung merupakan penyakit yang mengakibatkan jantung kadang kadang  berdetak dengan sangat cepat namun terkadang berdetak sangat lambat.

Kelainan irama detak jantung ini apabila dibiarkan dan tidak di tangani dengan segera maka akan berpotensi mengakibatkan serangan jantung dan stroke, dan yang lebih parahnya lagi dapat mengakibatkan meninggal dengan mendadak. Oke langsung saja simak cara mengobati aritmia jantung dengan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Kismis

Antioksidan yang terdapat pada buah kismis sangatlah baik bagi kesehatan jantung, apa lagi bagi penderita penyakit aritmia, sebab antioksidan yang terdapat pada buah kismis dapat meredakan debaran jantung atau frekuensi yang tidak normal menjadi normal atau stabil kembali.

Baca juga: Detak Jantung Normal.

2. Pisang

Pisang yang segar tidak hanya mempunyai rasa yang nikmat juga mengandung kalium yang dapat menjaga fungsi jantung agar berjalan sebagai semestinya, tidak hanya itu pisang juga dapat menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh sehingga dapat membantu tekanan darah yang sehat.

3. Teh Hijau

Bahan alami yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, banyak para ilmuan merekomendasikan teh hijau untuk di konsumsi oleh penderita penyakit jantung aritmia, pasalnya kandungan baik yang terdapat pada teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, terutama kesehatan jantung.

ads

4. Jagung

Jagung juga merupakan bahan alami yang sangat baik bagi kesehatan jantung, polfenol yang di kandung oleh jagung memiliki khasiat untuk menstabilkan detak jantung manusia agar selalu berada dalam kondisi yang baik dan stabil.

Baca juga:

5. Delima Merah

Delima merah mengandung senyawa antosianin yang dapat mengurangi plak pada saluran arteri yang tersumbat yang sangat berbahaya, plak yang tersumbat secara berlebihan pada saluran arteri dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, oleh sebab itu mengkonsumsi Delima merah yang mengandung senyawa antosianin sangat baik bagi kesehatan jantung khususnya bagi penderita penyakit aritmia jantung.

6. Berry

Buah buahan berry seperti acai berry, blueberry dan lain lain, sangat baik bagi kesehatan jantung pasalnya, buah berry dapat menurunkan  tekanan darah yang amat tinggi yang menyebabkan kesehatan jantung menjadi sangat buruk, hal ini akan berakibat fatal bagi penderita penyakit aritmia jantung apabila mengabaikannya.

7. Coklat Hitam

Bagi Anda pencinta coklat maka beruntunglah Anda sebab coklat merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik bagi kesehatan jantung apalagi coklat hitam, para peneliti menemukan bahwa coklat hitam mengandung banyak sekali flavanol yang memiliki manfaat untuk mengencerkan darah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia khususnya bagi penderita aritmia jantung tingkat akut.

8. Apel

Kandungan flavonoid yang terkandung dalam buah apel seperti kaempferol ,kuesetin, dan epikatekin sangat baik untuk melawan kolesterol jahat, tidak hanya itu buah apel juga bermanfaat untuk membersihkan pertumbuhan plak pada arteri jantung yang dapat mengakibatkan penyakit jantung coroner, mengkonsumsi buah apel juga sangat baik bagi penderita aritmia jantung karena dapat menstabilkan ritme frekuensi detak jantung yang berdetak secara tidak normal.

9. Kacang Hijau

Biji bijian yang satu ini mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang sangat aktif dalam memperbaiki permasalahan yang ditimbulkan oleh jantung yang tidak sehat, terutama masalah yang ditimbulkan oleh penyakit aritmia jantung, serat dari kacang hijau yang di konsumsi secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh manusia.

10. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi dan sangat baik bagi penderita jantung aritmia yang mengalami detak jantung yang tidak teratur. Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk Jantung.

11. Tomat

Buah tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat dan kalium yang amat tinggi, selain itu tomat juga mengandung lycopene yang akan bekerja sama dengan vitamin A dan vitamin C untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung khususnya penyakit jantung aritmia.

12. Kacang

Sudah pasti mengkonsumsi kacang sangat baik bagi kesehatan jantung manusia, kacang yang mengandung lemak jenuh yang tunggal dapat memberikan jantung energi yang baik bagi kesehatan jantung.

13. Buah Naga

Buah naga sangat besar khasiatnya untuk kesehatan jantung manusia apalagi, buah naga yang masih segar. Buah naga dapat mengurangi risiko bahaya penyakit jantung aritmia. Tidak hanya itu, buah naga juga mengandung banyak vitamin B1, vitamin C, serat dan asam folat yang mampu mengeruk sel-sel kanker dan memberikan nutrisi kepada jantung sehingga jantung menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

14. Sayur Bayam

Mengonsumsi sayur bayam sangat baik bagi penderita penyakit jantung aritmia, sebab sayur bayam dapat mengontrol tekanan darah tinggi yang sangat baik bagi penderita penyakit jantung aritmia.

15. Buah Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Buah jeruk juga mengandung flavonoid dan karotenoid yang aktif melindungi jantung dari serangan penyakit jantung aritmia.

Baca juga: Makanan Pasca Pemasangan Ring Jantung.

Sponsors Link

16. Sarang Semut

Bahan alami yang satu ini sangat terkenal di papua ini sangat kaya akan tokefarol dan zat flavanoid yang merupakan bahan utama pembuatan obat penurun tingkat kolesterol yang tinggi, Sarang semut sangat baik di konsumsi oleh penderita penyakit jantung aritmia.

17. Umbi Tanaman Daun Dewa

Umbi tanaman daun dewa merupakan tanaman liar yang sering dikonsumsi orang indonesia sebagai bahan lalapan. Namun umbi tanaman dewa ini sangat baik bagi kesehatan jantung, khususnya bagi penderita penyakit aritmia jantung, karena umbi tanaman daun dewa ini dapat memperlancar sirkulasi darah pada jantung yang bermasalah.

18. Mengkudu

Meski memiliki aroma yang tidak sedap namun mengkudu dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit jantung aritmia yang sudah tergolong akut, cara mengkonsumsi buah Mengkudu ini adalah dengan membuat jus atau direbus lalu diminum air rebusannya.

Baca juga: Manfaat Mengkudu untuk JantungJus untuk Jantung Tersumbat.

19. Kulit Manggis

Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa kulit manggis hanya bagus bagi kesehatan kulit saja. Namun tahukah anda bahwa kulit manggis juga bagus bagi kesehatan jantung manusia. Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa kulit manggis dapat mengobati berbagai permasalahan yang diakibatkan oleh jantung, khususnya penyakit aritmia jantung. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah yang tinggi, memperlancar sirkulasi darah dan juga menurunkan kadar gula yang berlebih pada darah yang dapat menyebabkan resiko diabetes.

20. Daun Sukun

Bagi Anda pencinta gorengan, pasti tidak asing lagi dengan buah sukun. Tahukah Anda bahwa selain buahnya yang nikmat untuk dijadikan cemilan gorengan. Daun sukun juga berguna bagi kesehatan jantung manusia. Daun sukun yang kaya akan zat antiinflamasi yang sangat berguna bagi kesehatan jantung dan ginjal Anda. Pasalnya zat antiinflamasi dapat menormalkan detak jantung manusia yang menderita penyakit aritmia jantung.

21. Bawang Putih

Tentu bahan alami yang satu ini terdapat di dapur dapur rumah Anda. Bawang putih dapat meredakan sakit yang ditimbulkan oleh jantung akibat jantung yang tidak sehat. Mengonsumsi bawang putih secara mentah terbukti dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan membuat darah yang sebelumnya mengental menjadi encer dan dapat teraliri di saluran arteri dengan baik. Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk Jantung.

22. Jahe

Sama halnya seperti bawang putih, jahe juga bermanfaat untuk meredakan sakit yang diakibatkan oleh penyakit jantung, khususnya penyakit jantung aritmia. Kandungan jahe yang dapat langsung meresap ke tubuh saat dikonsumsi dapat meredakan resiko kegagalan jantung pada saat jantung sedang berdetak dengan tidak normal akibat penyakit jantung aritmia.

23. Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung terbukti dapat menyehatkan jantung, dikarenakan protein yang dikandungnya sangat tinggi, sehingga dapat membuat jantung Anda menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Mengonsumsi telur ayam kampung secara mentah dapat meredakan sakit yang diakibatkan oleh penyakit jantung aritmia. Namun ada hal yang harus Anda perhatikan dalam mengonsumsi bahan alami yang satu ini, yang boleh dikonsumsi secara mentah hanyalah kuning telurnya saja, karena putih telur ayam kampung akan mengakibatkan hal yang sebaliknya bagi kesehatan jantung Anda.

Sponsors Link

24. Wortel

Tidak hanya untuk kesehatan mata saja, wortel juga bermanfaat bagi kesehatan jantung manusia. Kandungan mineral yang dikandung oleh wortel sangat baik bagi kesehatan jantung manusia. Pasalnya kandungan mineral yang dikandung oleh wortel dapat langsung diserap oleh darah sehingga membantu jantung untuk memompa darah dengan lebih ringan, bahan alami yang satu ini sangat direkomendasikan untuk di konsumsi setiap saat oleh penderita jantung aritmia. Selain membuat jantung Anda sehat, wortel juga dapat membuat mata Anda menjadi lebih bersinar.

25. Biji Pala

Biji pala yang memberikan dampak hangat pada saat dikonsumsi dapat mencairkan darah Anda yang sebelumnya mengental dan memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung Anda. Biji pala dapat membuat detak jantung menjadi lebih normal dari sebelumnya, bahan alami ini sangat baik untuk di konsumsi oleh penderita penyakit aritmia jantung.

Baca juga:

Cara mengobati aritmia jantung dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti yang saya sebutkan di atas, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Bahan alami terbukti jauh lebih baik dari bahan-bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan yang dijual di apotek, meskipun pengobatan dengan bahan alami memiliki waktu lebih lama dalam proses penyembuhannya.

Menjaga Gaya Hidup Sehat

Pengobatan penyakit jantung aritmia juga harus didukung dengan menjaga gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Hal ini juga berlaku bagi yang jantungnya masih sehat, agar terhindar dari penyakit jantung. Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan:

  • Menjalankan gaya dan pola makan yang sehat.
  • Menghentikan kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan merokok.
  • Membatasi minum minuman yang mengandung kafein.
  • Hindari aktivitas yang terlalu berat dan memacu adrenalin.
  • Mengonsumsi suplemen yang sehat untuk jantung. Namun sangat saya rekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen yang berbahan dasar alami alias suplemen herbal.

Baca juga: Suplemen Jantung TerbaikManfaat CoQ10 untuk Jantung.

Mencintai jantung Anda merupakan tindakan utama yang mencirikan bahwa Anda termasuk orang-orang yang bersyukur. Mencegah selalu lebih baik dari mengobati, oleh sebab itu jaga kesehatan jantung Anda dan keluarga semenjak dini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan