Sponsors Link

7 Cara Pengobatan Penyakit Jantung Tiroid Secara Medis dan Alami

Sponsors Link

Ada berbagai jenis-jenis penyakit jantung, salah satunya adalah penyakit jantung tiroid. Bagi sebagian masyarakat awam mungkin mendengar kata penyakit jantung tiroid adalah hal yang tidak biasa, hal ini dikarenakan penyakit ini memang jarang ditemui dalam beberapa kasus.Terutama jika Anda menyaksikan berita secara langsung di media baik TV maupun media elektronik lainnya.

ads

Penyebab akibat penyakit ini dikarenakan oleh adanya hormon tiroid dalam kadar yang cukup tinggi atau berlebih, sehingga kinerja tiroid berlebihan dalam darah dan mengakibatkan hipertiroidisme. Adapun gejala umum yaitu jantung berdebar kencang disertai rasa nyeri serta kondisi fisik yang menurun drastis. Oleh karenanya, dalam hal ini sangat penting jika Anda sudah memiliki riwayat genetik penyakit jantung disarankan untuk memeriksakan kesehatan Anda dini, sebelum terlambat

Dikarenakan penyakit ini sangatlah berbahaya bagi kelangsungan hidup Anda, maka tidak salah untuk banyak konsultasikan ke dokter dan mencari tahu bagaimana pengobatannya bisa dilakukan. Berikut beberapa cara pengobatan penyakit jantung tiroid :

1. Pengobatan secara Medis

Sebelum penyakit ini memasuki tahap akut atau kronis, baiknya Anda lakukan tindakan medis baik berupa konsultasi atau tindakan lainnya. Biasakan konsultasikan hal ini kepada dokter speasialis ataukah dokter langganan Anda yang sudah dipercayakan sebelumnya. Dokter akan mengecek kondisi Anda dengan beberapa tindakan medis. Seperti pemberian obat penghilang rasa sakit.

2. Pengobatan dengan Obat Penyekat Beta

Salah satu tujuan pengobatan dengan cara ini yaitu untuk menurunkan keadaan hipermetabolik atau kelebihan peningkatan aktivitas metabolisme tubuh dan kadar hormon tiroid sirkulasi dalam darah. Dengan obat ini tentu sirkulasi metabolisme dapat secara normal kembali membaik. Contoh nama obat penyekat beta yang direkomendasikan adalah :

  • Propanolol
  • Acebutolol
  • Atenolol
  • Bisoprolol
  • Nadolol

Baca juga mengenai obat jantung di Apotik.

3. Pemberian Obat Diuretik

Pengobatan dengan memberikan obat-obatan diuretik ini berfungsi untuk menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh, agar cairan yang rusak yang tidak bisa diproses baik oleh tubuh bisa dikeluarkan dengan obat jenis ini. Contoh obat diuretik yang direkomedasikan yaitu :

  • Bumex
  • Lasix
  • Aldactone
  • Bumetadine
  • Teofilim

4. Pengobatan dengan Obat Koenzim

Pengobatan ini dilakukan jika pasien mengalami penurunan dalam sistem metabolisme, biasanya bagi penyakit jantung tiroid akut mengalami kerusakan sel pada bagian tubuh sehingga banyak membutuhkan sel metabolik yang tinggi untuk menggantikan sel yang rusak. Adapun contoh obat yang direkomendasikan yaitu :

  • Alerten 100
  • CoQ10
  • Ntrimax Coenzyme Q10
  • Ubiqionol Coenzyme Q10

Baca juga mengenai manfaat CoQ10 untuk Jantung.

Sponsors Link

5. Pengobatan dengan Cara Plasmapheresis

Pengobatan ini hampir sama seperti donor darah bagi penderita gagal ginjal, hanya saja plasmapheresis disini yaitu pertukaran plasma atau donor plasma mengganti plasma yang jelek dengan plasma yang baik. Biasanya pengobatan ini menggunakan teknologi canggih, karena pada saat donor plasma dilakukan mesin ini berfungsi untuk mentransfer darah kembali kepada tubuh pendonor. Baca juga mengenai jenis operasi jantung.

6. Pengobatan dengan Antidepresan

Tentu saja dalam mengobati pasien penyakit berat tidak hanya dilakukan dengan medis dan obat-obatan saja, melainkan memerlukan metode khusus agar psikologis pasien tidak ikut menurun. Obat antidepresan diberikan kepada pasien dengan harapan tidak kehilangan control terhadap semangat sembuh dan hidup terhadap penyakit yang dideritanya. Obat yang direkomendasikan untuk pasien ini yaitu :

  • Haloperidol
  • Risperidone
  • Desipramine

7. Pengobatan Dengan Cara Alami (Herbal)

Selain pengobatan secara medis, tidak salah jika Anda memilih pengobatan alami sebagai obat pencegahan penyakit ini. Selain bebas dari efek samping, bahan alami ini pun mudah didapat baik di pasar ataupun pusat penjualan jamu ataupun di kebun sekitar Anda. Contoh obat alami :

Sponsors Link

  • Tanaman Ciplukan

Tanaman satu ini banyak dijumpai baik di kebun maupun di pekarangan rumah Anda, tanaman ini mudah tumbuh tanpa perlu ditanam bibitnya. Buahnya manis jika sudah berwarna kuning kecoklatan. Adapun cara konsumsi tanaman ini dengan cara mengambil tanamannya sebanyak 2 pohon, cuci bersih setelah itu rebus tanaman ciplukan dan sisakan menjadi 1 gelas saja. Minumlah sebanyak 1 hari sekali setiap minggu. Dengan rutin meminum ramuan ini dapat mencegah indikasi gejala penyakit tersebut.

  • Akar Daruju

Tanaman satu ini juga mudah dijumpai di kebun atau hutan disekitar lingkungan Anda, yang digunakan sebagai obat adalah akar tanamannya. Ambil akar pohon daruju, cuci bersih lalu siapakan rebusan air. Setelah direbus sisihkan 1 gelas airnya,kemudian minumlah ramuan ini satu kali dalam sehari. Biasakan untuk dijadikan minuman sehari-hari Anda.

  • Akar Jarong

Sama seperti proses herbal yang lainnya,cukup ambil akar pohon jarong lalu cuci bersih, rebus ramuan sampai menyisakan 1 gelas ramuan tersebut. Minumlah selagi hangat dengan aturan 1 kali dalam sehari. Rutinkan sebagai alternative minuman kesehatan Anda.

  • Lobak dan Daun Dewa

Tanaman satu ini selain enak menjadi sayur, ternyata memiliki khasiat dalam mengobati pencegahan penyakit jantung tiroid. Dengan campuran beberapa jenis tanaman lainnya bisa menjadi kebutuhan alami Anda. Ambil batang lobak secukupnya, lalu ditambah segenggam rumput laut dan daun dewa 15 lembar. Campurkan ramuan tersebut setelah dicuci bersih, kemudian rebus dan sisakan airnya untuk diminum. Minumlah ramuan ini sebanyak 1 kali sehari setiap hari, semoga dapat mencegah penyakit Anda semakin bertambah.

Demikian penjelasan pengobatan penyakit jantung tiroid baik secara alami maupun medis. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan