Sponsors Link

Penyempitan Pembuluh Darah Jantung : Penyebab – Gejala – Cara Mencegah – Pengobatan

Sponsors Link

Jantung merupakan pusat organ terpenting dalam tubuh manusia. Organ sebesar kepalan tangan manusia itu mempunyai fungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh sesuai dengan kebutuhan masing-masing organ, bahkan saat tubuh beristirahat jantung tidak akan berhenti berdetak mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Itulah mengapa penting menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumi makanan sehat dan berolahraga dengan rajin. Ada berbagai macam makanan yang bagus untuk kesehatan jantung seperti buah-buahan yang baik untuk jantung dan paru-paru dan manfaat coklat untuk jantung.

ads

Olahraga sehat seperti gerakan senam jantung sehat menjadi populer dan tren saat ini, olahraga ringan untuk kesehatan jantung juga dapat diikuti oleh berbagai kalangan. Selain untuk menyehatkan jantung dapat membuat tubuh menjadi bugar kembali.

Saat ini banyak jenis-jenis penyakit jantung yang menjadi pembunuh nomor 1 manusia di seluruh dunia. Salah satunya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah penyempitan pembuluh darah. Bagian organ yang penting adalah pembuluh darah yang bertugas untuk mengalirkan darah baik dari maupun menuju paru-paru. Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu penyakit jantung yang sangat berbahaya karena dampak yang diberikannya akan mengganggu peredaran darah dan dapat menimbulkan penyakit komplikasi yang lebih parah lainnya.

  • Penyebab

Seiring berjalannya waktu, pembuluh darah manusia yang bersih akan kotor karena makanan yang kita konsumsi. Jenis makanan yang membuat pembuluh darah (arteri) menjadi menyempit adalah mie instan, makanan yang mengandung pengawet buatan, pewarna, penyedap rasa, makanan gorengan, dan berbagai macam makanan yang tidak sehat lainnya. Hal ini akan membuat pembuluh darah anda kotor dan membuat kotoran yang terlalu lama itu mengendap menjadi plak.

Tersumbatnya pembuluh darah akan membuat aliran darah terhambat sehingga menimbulkan rasa nyeri di area dada. Bahkan yang lebih parah, jantung akan berhenti memompa sehingga menimbulkan kematian. Plak yang tertimbun dalam pembuluh darah tersebut pun bersifat rapuh dan mudah sekali pecah sehingga ketika plak pecah maka muncul gumpalan darah yang menyubat aliran pembuluh darah ke jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Plak yang tertimbun dalam pembuluh darah biasanya muncul dalam jangka waktu yang lama karena munculnya plak dimulai dari masa muda yang mengakibatkan hal fatal di masa tua. Plak yang tertimbun ini akan membuat dinding sekitar tempatnya berada menjadi lengket dan membuat zat-zat seperti inflamasi, lipoprotein, dan kalsium dalam aliran darah yang melewati plak menjadi tertempel di plak ini. Zat-zat inilah yang nantinya akan membantu proses perkembangan plak semakin lebih cepat dan menyebabkan penyempitan pembulu darah jantung.

Ketika pembuluh darah menyempit, dengan pintar sebenarnya mereka akan membuat pembuluh darah lain di sekitar area tersebut namun jika anda terlalu stress maka pembuluh darah baru itu tidak akan mampu mengalirkan darah bersih (yang kaya akan oksigen) ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

  • Gejala

Bagaimana cara mengetahui penyakit penyempitan pembuluh darah jantung ini? Menurut salah satu dokter jantung yang berasal dari Amerika, Joel K. Kahn, ciri-ciri seseorang yang memiliki masalah penyempitan pembuluh darah jantung adalah sebagai berikut :

  1. Gangguan pada otak

Orang yang mempunyai masalah penyempitan pembuluh darah dapat mengakibatkan gangguan pada otak. Salah satunya adalah sakit kepala di bagian belakang, hilangnya keseimbangan, pendengarannya sedikit terganggu, dan susah untuk berkonsentrasi. Hal ini terjadi karena kurangnya aliran darah dari jantung menuju otak sehingga hal-hal yang seperti yang telah disebutkan akan membuat gangguan pada organ kepala kita. Selain hal tersebut, bahaya lain yang dapat terjadi pada otak adalah bekunya atau kerasnya dinding pembuluh darah otak yang mempunyai fungsi mengontrol anggota tubuh manusia, hal ini akan mengganggu fungsi kerja otak karena penyumbatan darah pada jantung.

Sponsors Link

  1. Gangguan pada ginjal

Organ penting lainnya dalam tubuh manusia adalah ginjal, menyumbatnya aliran darah dalam pembuluh darah akan berakibat pada ginjal. Darah yang dialirkan dari paru-paru ke jantung merupakan darah bersih atau darah yang penuh oksigen, sementara fungsi ginjal adalah menyaring darah dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Jika darah menyumbat di pembuluh darah jantung maka aliran darah selanjutnya tidak akan menuju ginjal seperti biasanya sehingga membuat organ tersebut tidak mampu melaksanakan fungsinya dengan baik. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

  1. Nyeri pada kaki

Penyumbatan pembuluh darah akan membuat pembuluh darah di kaki (klaudikasio) mengalami penyumbatan juga. Hal ini berakibat rasa nyeri pada kaki karena kekurangan vitamin D yang dibutuhkan oleh kaki.

  1. Kebotakan

Ada sebuah penelitian yang dilakuan oleh 37.000 pria dan dinyatakan bahwa kebotakan yang terjadi pada mereka disebabkan karena adanya gejala penyakit jantung yang merupakan dampak dari kebotakan tersebut. Hal ini terjadi karena penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada jantung. Tak hanya itu, sekitar 4.000 wanita juga mengalami kebotakan ringan.

ads
  1. Disfungsi ereksi

Masalah penyempitan pembuluh darah juga akan menyebabkan masalah pada organ vital seseorang khususnya pria. Jika seorang pria tidak mampu melakukan ereksi maka mungkin saja itu adalah tanda adanya gejala penyakit jantung yang disebabkan karena penyempitan pembuluh darah.

  1. Lipatan pada telinga

Lipatan telinga menjadi salah satu tanda kalau seseorang memiliki gejala penyakit jantung. Munculnya lipatan pada telinga diakibatkan karena sirkulasi darah yang berada didalam tubuh sangat buruk karena adanya penyumbatan darah dalam pembuluh darah jantung.

Selain keenam gejala tadi, ada beberapa gejala lainnya yang dapat dijadikan ciri sebagai munculnya penyumbatan pembuluh darah jantung, yaitu :

  1. Sesak napas, Pembuluh darah yang tersumbat akan membuat otot jantung kekurangan oksigen sehingga menyebabkan nyeri di bagian dada dan sesak napas.
  2. Palpitasi, Palpitasi merupakan sebuah kondisi di mana seseorang merasa jantungnya berdetak lebih cepat daripada biasanya dan tak beraturan.
  3. Lemas, seseorang yang mengalami penyempitan pembuluh darah akan mengalami lemas. Hal ini terjadi karena kurangnya pasokan darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh tidak dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal.
  4. Pusing, kurangnya aliran darah ke daerah kepala akan menyebabkan sakit kepala atau pusing sehingga otak tidak dapat maksimal menerima oksigen yang dialirkan dari jantung.
  5. Mual, rasa mual juga menjadi gejala yang dapat diketahui sebagai penyempitan pembuluh darah.

Penyakit penyempitan pembuluh darah ini juga dapat didiagnosi secara medis dengan menggunakan alat rekam medik, melakukan tes fisik di dokter, ekokardiogram, CT scan, dan kateterisasi jantung. Beragamnya tes jantung seperti yang disebutkan akan mengetahui apakah ada penyumbatan dalam pembuluh darah anda dan juga mengetahui jenis pengobatan apa yang terbaik dilakukan.

  • Cara mencegah

Lebih baik mencegah dibandingkan mengobati menjadi salah satu kiasan yang tepat untuk menasehati seseorang. Untuk menghindari penyakit penyempitan pembuluh darah jantung ini anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

  1. Menghindari merokok, sudah menjadi momok yang umum bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Kandungan dalam rokok yang tidak memiliki manfaat dapat menyebabkan rusaknya organ dalam tubuh sehingga mengkonsumsi rokok sebaiknya dihindari, bagi para perokok aktif lebih baik mengurangi secara perlahan kegiatan tersebut.
  2. Berolahraga, salah satu hal yang dapat dengan mudah dilakukan oleh banyak orang adalah berolaharga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat menyehatkan fungsi jantung. Anda dapat melakukannya selama 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya menyehatkan jantung, olahraga juga dapat menyehatkan tubuh.
  3. Mulai berpikir positif, pikiran yang negatif akan menyebabkan seseorang mengalami depresi. Sehingga tentu saja membuat tubuh menjadi ikut stress, untuk itu mulailah berpikir positif dan menenangkan pikiran seperti mengikuti yoga atau mediasi untuk ketenangan pikiran.
  4. Hindari makanan berkolesterol tinggi, kolesterol dapat membantu plak yang mengendap di pembuluh darah semakin terbentuk dalam waktu cepat. Kolesterol juga dapat memancing komplikasi dalam penyakit jantung seperti stroke, maka sebaiknya hindari makanan berkolesterol tinggi.
  5. Menjaga berat badan, menjaga berat badan mungkin menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan, namun dengan tekad yang kuat pasti dapat dilakukan dengan baik. Menjaga berat badan dapat dilakukan dengan konsumsi makanan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.
  • Cara mengobati

Pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan tindakan berikut :

  1. Perubahan gaya hidup, sama dengan tips pencegahan. Jika anda mendapat diagnosa penyakit ini maka segeralah untuk merubah gaya hidup anda. Mungkin sedikit terlambat tapi setidaknya dapat memperlambat tumbuhnya plak yang semakin besar.
  2. Pengobatan, periksakanlah ke dokter kemudian konsumsi obat yang diberikan secara medis. Biasanya obat yag diberikan adalah aspirin dan statin.
  3. Operasi atau tindakan medis lain, penyempitan pembuluh darah dapat dilakukan dengan teknik balloon angioplasty, stent placement, dan operasi bypass arteri koroner.

Selain tindakan tiga hal di atas, pengobatan penyempitan pembuluh darah dapat dilakukan dengan dua pengobatan medis seperti berikut :

  1. Angiogenesis, adalah sebuah cara memasukkan ‘stem cell’ dan zat genetic lain melalui vena atau secara langsung di jaringan jantung yang memiliki plak. Hal ini akan membantu pembentukan pembuluh baru sebagai pengganti pembuluh yang telah rusak. 
    Sponsors Link

  2. EECP (Enhanced External Counter Pulsation), sebuah metode atau cara dengan cara menempatkan kantung yang diikat pada kaki pasien yang dapat mengembang dan mengempis untuk meningkatkann aliran darah ke pembuluh darah.

Itulah penjelasan tentang penyempitan pembuluh darah dari penyebab yang penyakit ini muncul, ciri-ciri dan diagnosis pembuluh darah yang menyempit karena plak, cara mencegah sampai cara pengobatan. Hidup sehat memang sulit untuk dilakukan sehingga banyak dari masyarakat khususnya Indonesia mengabaikan gaya hidup sehat, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat dan kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini akan menyebabkan banyaknya penyakit yang muncul dalam tubuh seseorang. Untuk itu konsumsilah makanan yang sehat dan berolahraga yang teratur, hindari rokok dan minuman beralkohol sehingga anda dapat meminimalisir penyakit kronis sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Medis