Sponsors Link

4 Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kesehatan Jantung Wajib Diketahui

Sponsors Link

Untuk menjaga kesehatan jantung ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dianjurkan agar jantung tetap sehat adalah dengan cara berolahraga. Olahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh selain menjaga kesehatan jantung. Aktivitas yang seperti ini lah yang dapat berpengaruh terhadap kerja organ-organ yang ada pada tubuh manusia.

ads

Jantung merupakan organ penting yang menjadi pusat untuk organ-organ yang selainnya. Sebab, jantunglah yang memasok oksigen dan menyebarkan nutrisi ke seluruh organ pada tubuh. Pada orang yang normal dan sehat, jantung akan berdetak setidaknya 100.000 kali per harinya. Perubahan kerja jantung seperti perubahan pada detak jantung normal dan fungsi jantung sangat dipengaruhi oleh jenis aktivitas apa yang sedang Anda lakukan. Misalnya saja Anda sedang berlari, maka jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Berbeda dengan jika Anda berjalan kaki, maka jantung akan berdetak lebih teratur dan berirama.

Hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan jantung sangat relevan. Hal ini dapat dibuktikan karena ketika melakukan aktivitas fisik, maka secara otomatis jantung juga akan bekerja lebih keras untuk memompa darah dan memasok oksigen. Sebab, jantung merupakan bagian dari tubuh yang sedang melakukan aktivitas fisik. Namun, pada kasus tertentu ada beberapa orang yang tidak boleh melakukan aktivitas fisik dengan berat bahkan sama sekali tidak boleh melakukannya. Pada kasus tersebut, sebaiknya jangan dipaksakan karena justru akan membuat kesehatan jantung bertambah parah. Untuk mengetahuinya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter ahli yang menangani untuk mendapatkan tes jantung paling akurat.

Aktivitas yang Tidak Membahayakan Jantung

Sekalipun diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah lakukanlah gaya hidup jantung sehat. Beberapa aktivitas yang tidak membahayakan jantung adalah sebagai berikut:

  1. Tidak terlalu lama duduk

Duduk yang terlalu lama setidaknya 5 jam bahkan sampai seharian penuh adalah aktivitas yang dapat membahayakan organ jantung. Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA) journal Circulation: Heart Failure. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa seseorang yang duduk terlalu lama berpeluang lebih besar mengalami kegagalan jantung dibandingkan dengan mereka yang banyak melakukan aktivitas fisik. Lantas bagaimana dengan mereka yang bekerja di perkantoran? Sebaiknya melakukan jalan-jalan ringan selama 5-10 menit per 1 jam. Dengan begitu jantung akan tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Aliran darah juga akan tetap lancar.

  1. Tidak bekerja terlalu lama

Aktivitas fisik yang sering dilakukan oleh banyak orang dan bisa membahayakan jantung adalah bekerja terlalu lama. Bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu, beresiko menyebabkan kegagalan pada jantung dan juga permasalahan jantung lainnya. Apabila hal tersebut memanglah sebuah tuntutan yang harus dilakukan, sebaiknya imbangi dengan banyak berolahraga minimal 5 kali seminggu dan juga mengkonsumsi makanan yang menguatkan jantung.

  1. Tidak menonton TV terlalu lama

Menonton TV selama berjam-jam tanpa diselingi dengan aktivitas apa pun lainnya juga sama buruknya dengan duduk terlalu lama. Kebiasaan buruk ini bisa membahayakan kesehatan jantung jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik lainnya. Sebaiknya berikan jeda bagi tubuh Anda untuk beristirahat dari aktivitas menonton TV. Sebab, tidak hanya mata Anda saja yang lelah, tapi kinerja jantung juga akan semakin menurun. Akibatnya aliran darah menjadi tidak lancar dan mengundang banyak penyakit lainnya. Sesekali melakukan stretching di sela menonton TV sangat dianjurkan agar tidak menimbulkan kekakuan pada sendi tubuh.

Sponsors Link

  1. Tidur yang cukup

Tidur adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Bahkan beberapa di antara kita pasti sering menghabiskan sebagian waktu di hari Minggu hanya untuk bermalas-malasan di atas kasur. Namun ternyata aktivitas yang menyenangkan ini bisa membahayakan kesehatan jantung jika terlalu sering dilakukan. Waktu tidur yang dianjurkan dalam sehari dan baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung adalah 7-8 jam dalam sehari.

Jika terlalu banyak, justru akan membuat tubuh menjadi tidak sehat, kaku, pusing, lemas, dan gejala-gejala lainnya. Jam tidur yang kurang juga sama berbahayanya dengan kebanyakan tidur. Jantung membutuhkan waktu istirahat yang cukup setelah seharian bekerja sangat keras memompa darah. Jantung yang tidak diistirahat dengan waktu yang cukup dapat menganggu sistem kardiovaskular. Pernyataan ini juga diperkuat oleh Kevin R. Champbell, MD, cardiac electrophysiologist yang ada di North Carolina Heart and Vascular tentang jam tidur seseorang.

Demikianlah hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan jantung. Lakukanlah kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga ringan untuk kesehatan jantung. Sebab, jantung adalah salah satu asset yang tak ternilai harganya. Sekali Anda terserang penyakit jantung, maka Anda akan mengalami serangkaian pengobatan yang tidak mengenakkan dengan biaya yang tidak sedikit. Anda juga tidak dapat beraktivitas layaknya orang pada umumnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga