Sponsors Link

28 Makanan untuk Lemah Jantung yang Boleh Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit jantung lemah adalah penyakit dimana jantung anda tidak dapat memompa darah ke seluruh bagian tubuh sebagaimana mestinya. Dengan kata lain, penyakit lemah jantung adalah kemampuan daya kerja otot – otot jantung yang lemah. Ada banyak penyebab lemah jantung, di antara nya adalah darah tinggi, kolesterol, keturunan dan lainnya. Jika anda atau pun orang tercinta anda menderita penyakit lemah jantung, maka anda harus lebih berhati – hati untuk memilih makanan bagi mereka.

ads

Baca juga:

Berikut adalah beberapa makanan untuk lemah jantung yang sangat baik untuk di konsumsi:

1. Apel

Seperti sebuah pepatah yang menyatakan, makan sebuah apel setiap hari akan menjauhkan anda dari dokter. Apel mengandung suatu kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dimana jika anda menderita penyakit jantung lemah maka akan sangat baik untuk mengkonsumsi apel. Hal ini disebabkan jika kadar kolesterol di darah anda menurun maka resiko penyakit jantung lainnya juga akan menurun. Apel hijau juga di kendala dengan kaya akan antioksidan yang di percayai oleh para ahli dapat mencegah kanker dan juga mencegah penyakit parkinson. Baca juga: Kelainan Embriologi Jantung.

2. Alpukat

Buah alpukat dikenal untuk memiliki rasa dan tekstur yang enak dan ternyata khasiat dari buah alpukat ini juga sangat besar. Buah alpukat memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga tidak akan menimbulkan efek negatif pada kondisi gula darah anda. Kandungan kalium pada buah alpukat juga sangat tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya ketegangan pada otot di dalam jantung, membuat jantung menjadi lebih kuat dan mencegah terjadinya penyakit lemah jantung. Buah alpukat untuk penderita penyakit lemah jantung dapat di konsumsi sebagai jus, salah atau menkonsumsi langsung. Baca juga: Penyakit Jantung Tersumbat.

3. Manggis

Buah manggis sudah sangat terkenal sebagai salah satu makanan yang paling baik untuk penderita lemah jantung. Buah manggis juga telah lama di percaya sebagai salah satu obat alami untuk penyakit lemah jantung. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat yang tinggi, kulit manggis juga sangat populer karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Kulit manggis dapat membuat jantung anda lebih sehat dan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Baca juga: Aritmia jantung

4. Buah Kiwi

Buah kiwi dikenal akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat mencegah dan menahan penyebaran segala jenis radikal bebas di dalam tubuh anda. Buah kiwi juga dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Manfaat terpenting dari buah kiwi adalah buah kiwi dapat membuat jantung menjadi lebih kuat lagi sehingga sangat baik untuk anda yang menderita penyakit lemah jantung untuk mengkonsumsi buah kiwi ini.

5. Stroberi

Stroberi juga di kenal sebagai salah satu buah yang memiliki  kandungan antioksidan, kalium, vitamin C dan magnesium yang sangat tinggi. Semua kandungan pada stroberi berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah sehingga tekanan darah anda menjadi stabil dengan demikian membuat jantung juga menjadi lebih sehat dan tidak lemah. Hal itu membuat stroberi tidak hanya baik untuk di konsumsi penderita jantung lemah, tetapi juga penderita tekanan darah tinggi. Baca juga: Penyebab Aritmia Jantung.

6. Blewah

Buah blewah terkenal memiliki kandungan beta karoten, vitamin C dan vitamin B. Semua zat – zat tersebut juga bisa menjadi antioksidan alami untuk jantung anda. Jika anda menderita jantung lemah maka akan sangat baik untuk mengkonsumsi buat blewah ini. Buah blewah juga di kenal sebagai pencegah kanker yang alami. Baca juga: Penyakit Jantung Tiroid.

Sponsors Link

7. Jeruk

Mungkin semua orang sudah sangat familiar dengan  buah satu ini. Buah jeruk sudah lama di kenal untuk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan berguna untuk sistem kekebalan tubuh kita. Selain vitamin C, jeruk juga kaya akan serat – serat. Serat – serat pada jeruk ini dapat sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam jantung dan hasilnya adalah jeruk sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita jantung lemah. Baca juga: Penyakit Jantung Anemia.

8. Kecambah

Jika anda tidak begitu familiar dengan nama kecambah, mungkin ada mengenal nya dengan nama lain, yaitu taoge. Makanan satu ini sangat dipercaya sebagai peningkat kesuburan bagi pria dan wanita. Tidak hanya itu saja kecambah atau toage juga dapat menyeimbangkan dan menetralisir kadar kolesterol di dalam darah dan tubuh anda. Sehingga membuatnya sebagai salah satu makanan yang sangat bagi jantung anda. Anda dapat mengolah kecambah dalam berbagai jenis makan sesuai dengan selera anda. Anda juga dapat menambahkan kecambah dalam berbagai jenis salad. Baca juga: Brugada Syndrom.

9. Oat Meal

Oat adalah makanan  dari olahan gandum yang paling baik bagi kesehatan jantung. Oat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah di  jantung anda. Lemak baik yang ada pada oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di darah dan tubuh anda. Bagi anda yang memiliki penyakit lemah jantung sangat baik untuk mengkonsumsi oat setiap hari paling tidak dua kali sehari, yaitu sebagai sarapan pagi dan makan malam untuk membuat jantung anda menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Baca juga: Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

10. Paprika

Buah paprika yang berwarna oranye memiliki kandungan zat potassium yang sangat tinggi. Potassium ini sangat baik bagi tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ada dapat mengkonsumsi paprika dengan memakannya sesuai selera anda dan juga ke dalam salah. Selain paprika yang berwarna, paprika lain pun sangat baik untuk penderita penyakit lemah jantung. Baca juga: Kebiasaan yang Merusak Jantung.

11. Buah Delima
Buah delima sangat populer karena khasiat yang dapat untuk mencegah penebalan dinding pembuluh arteri sehingga sangat baik untuk jantung. Buah delima juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menggantinya dengan kolesterol baik. Anda bisa mengkonsumsi buah delima jika anda menderita penyakit jantung lemah.

ads

12. Roti Gandum

Sebuah jenis roti yang terbuat dari gandum sangat baik untuk penderita penyakit jantung lemah, termasuk segala jenis roti yang terbuat dari gandum utuh. Selain memiliki rasa yang enak, roti gandum juga memiliki manfaat yang sangat bagi kesehatan jantung dan tubuh.  Gandum sangat baik bagi kesehatan jantung. Para penderita penyakit lemah jantung dapat mengkonsumsi roti gandum tanpa perlu mengkhawatirkan segala efek samping. Anda dapat mengkonsumsi roti gandum ini begitu saja atau membuatnya sebagai sandwich dan ditambahkan bahan lain yang juga sangat baik untuk jantung lemah, seperti tomat, bawang merah, dan sayuran lainnya.

13. Sup

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi sup akan sangat baik bagi penderita jantung lemah. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam bahan sayuran di gunakan untuk membuat sup tersebut. Kebanyakan sayur yang digunakan adalah sayur – sayur yang kaya akan antioksidan yang baik bagi jantung. Sup hangat juga dapat  membantu peredaran darah untuk menjadi lebih lancar dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan lainnya. Oleh karena itu sup sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh para penderita jantung lemah. Baca juga: Bahaya Lemak di Jantung.

14. Semangka

Hampir setiap orang tahu dan senang mengkonsumsi buah semangka. Selain rasanya yang enak, buah semangka memiliki kandungan air yang sangat besar, sehingga banyak yang mengkonsumsi buah ini pada saat musim kemarau tiba. Di dalam buah semangka juga terdapat kandungan lycopene tinggi. Lycopene adalah salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam peredaran darah sehingga darah anda pun akan terbebas dari radikal bebas yang di kenal sebagai salah satu penyebab kanker. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi buah semangka akan mendapatkan jantung yang lebih sehat dan terhindar dari jantung lemah. Nah, apalagi yang anda tunggu? Mulai lah mengkonsumsi buah semangka secara reguler sekarang. Baca juga: Efek Pasang Ring Jantung.

15. Jagung

Segala buah dan sayur yang berwarna kuning atau orange terkenal sangat baik untuk kesehatan jantung dan jantung lemah, jagung adalah salah satu jenis dari sayur dan buah tersebut.  Pada jagung terdapat zat antioksidan yang di sebut dengan lutein dan zeanxanthin. Kedua zat tersebut telah terbukti untuk dapat menurunkan potensi penebalan pembuluh darah dan arteri pada jantung. Anda bisa mengikutsertakan jagung ke dalam salad anda. Baca juga: Olahraga untuk Aritmia Jantung.

16. Anggur

Anggur yang memiliki rasa khas dan enak ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. menurut banyak penelitian yang dilakukan terutama di amerika dan beberapa negara eropa, telah di buktikan bahwa orang yang mengkonsumsi buah anggur secara rutin akan memiliki jantung yang lebih sehat. Namun hal ini hanya berlaku dengan mengkonsumsi buah anggur segar, bukan produk olahan atau hasil fermentasi anggur seperti wine dan lainnya.

Baca juga:

17. Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita jantung lemah. Salah satu di antara nya adalah kangkung dan bayam. Kedua sayuran ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda. Kangkung dan bayam salah satu sayuran khas yang banyak di konsumsi oleh keluarga – keluarga di Indonesia. Sayuran ini biasanya sering di tumis dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nitrat dan nutrisi lainnya yang sangat tinggi pada bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya.

Selain 17 jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung lemah, berikut adalah beberapa jenis makanan untuk lemah jantung lainnya:

  • Nanas
  • Yogurt
  • Kismis
  • Ikan salmon
  • Biji – bijian
  • Kacang hijau
  • Coklat hitam atau dark chocolate
  • Tomat
  • Aneka buah berry
  • Pisang
  • Teh hijau

Demikianlah makanan untuk lemah jantung yang dapat anda coba untuk di masak dan di konsumsi di rumah anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan