8 Gejala Jantung dan Stroke Yang Perlu Diwaspadai

Penyakit jantung dan stroke adalah salah satu dari sekian penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, penyakit jantung adalah penyakit yang menyumbang kematian terbanyak nomor satu. Pergeseran gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, menjadikan penderita penyakit ini memiliki usia yang terbilang masih muda. Padahal, dulu penyakit ini hanya diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia saja. Salah satu yang menjadi penyebab datangnya penyakit ini adalah tersumbatnya aliran darah pada jantung yang disebabkan karena penumpukan plak pada arteri.

Penyebab

Setiap penyakit yang ada pada tubuh manusia pasti ada penyebabnya. Pada penyakit jantung dan stroke, ada beberapa pemicu yang mungkin saja menjadi faktor utama munculnya penyakit jantung dan stroke. Beberapa pemicu tersebut di antaranya adalah:

1. Kebiasaan merokok
  2. Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi
  3. Kadar kolesterol dalam darah tinggi
  4. Kadar gula dalam darah tinggi atau diabetes
  5. Berat badan yang berlebih
  6. Menggunakan obat-obatan terlarang

Gejala

Sebelum penyakit jantung dan stroke datang, ada beberapa gejala yang akan terjadi. Sebaiknya ketahui gejala-gejala berikut ini agar dapat mendapatkan pertolongan secepatnya dari tim medis. Selain itu juga penting untuk mengantisipasi terjadinya keparahan pada penyakit jantung dan stroke. Gejala jantung dan stroke yang sering muncul adalah:

1. Mengalami sakit kepala

Gejala awal yang bisa saja terjadi sebagai pertanda datangnya gejala awal penyakit jantung dan stroke adalah sakit kepala. Ini mungkin saja terjadi sebab jantung tidak dapat menyebarkan oksigen yang cukup hingga ke bagian kepala. Sehingga penderita akan mengalami sakit kepala. Gejala ini patut diwaspadai jika seseorang yang terkena sinar matahari secara langsung mengalami sakit kepala berlebihan. Bahkan migraine juga bisa dijadikan pertanda adanya masalah pada jantung. Penyataan ini diperkuat dari penelitian yang telah diterbitkan oleh American Academy of Neurology.

1. Nyeri pada dada

Gejala lain yang timbul sebagai pertanda datangnya penyakit jantung dan stroke adalah nyeri pada dada. Nyeri pada dada diakibatkan karena adanya penyumbatan pada arteri jantung. Nyeri ini akan disertai dengan gejala lain seperti sesak napas hingga munculnya keringat dingin pada penderita dan juga aritmia jantung atau detak jantung yang tidak beraturan bahkan lebih kencang daripada biasanya.

1. Denyut jantung yang tak beraturan atau aritmia jantung

Denyut jantung yang tak beraturan juga menjadi gejala paling umum dari penyakit jantung koroner. Gejala ini timbul akibat adanya penebalan pada dinding jantung. Apabila seseorang mengalami detak jantung yang tidak semestinya secara tiba-tiba dan berlangsung cukup lama, sebaiknya segera menghubungi petugas medis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi itu adalah pertanda awal datangnya penyakit jantung dan stroke.

1. Mudah lelah walaupun tidak melakukan aktivitas

Bagi penderita penyakit jantung dan stroke, gejala ini mungkin saja bisa terjadi. Setiap manusia membutuhkan nutrisi untuk jantung dari makanan yang sehat untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila ada permasalahan pada jantung, maka jantung akan bekerja lebih ekstra. Hal ini tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Nutrisi ini lah yang kemudian banyak dihabiskan oleh jantung yang membutuhkan tenaga ekstra tersebut. Sehingga wajar apabila organ lain tidak mendapatkan cukup nutrisi dan mengakibatkan rasa lelah yang berlebihan pada penderita.

1. Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Pada penderita penyakit jantung dan stroke juga akan mengalami gejala awal seperti pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Pembengkakan terjadi diakibatkan karena fungsi jantung yang semakin menurun. Menurunnya fungsi jantung akan menyebabkan menurunnya fungsi ginjal. Padahal, ginjal perlu bekerja membuang cairan berlebih pada tubuh. Namun karena jantung bermasalah, kinerja ginjal menjadi tidak maksimal. Efeknya cairan tidak dapat dibuang hingga menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

1. Merasakan mual

Pembengkakan juga akan terjadi pada bagian perut penderita jantung dan stroke. Pembengkakan ini lebih disebabkan karena kurangnya nafsu makan pasien sehingga dimungkinkan terjadinya peningkatan asam lambung yang menyebabkan rasa mual.

1. Cemas yang terlalu berlebihan

Rasa cemas yang berlebihan juga sering dijadikan indikasi awal datangnya penyakit jantung dan stroke. Rasa cemas ini meliputi rasa takut akan kematian, rasa tegang, dan rasa khawatir lainnya yang berhubungan dengan perasaan pasien.

1. Berkeringat terlalu banyak

Ini adalah gejala lain yang bisa menjadi pertanda seseorang terkena penyakit jantung dan stroke seperti serangan jantung saat tidur. Keringat akan muncul dengan sangat banyak padahal pasien tidak melakukan aktivitas yang berat dan cuaca juga dalam suhu yang normal.

Itulah gejala jantung dan stroke yang perlu diwaspadai. Apabila salah satu dari gejala di atas Anda alami, segera memeriksakan kesehatan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

, , , ,