Sponsors Link

7 Manfaat Buah Bit untuk Jantung dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Manfaat buah bit begitu menakjubkan. Sayangnya, buah bit sendiri merupakan buah yang masih relatif jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita. Namanya mulai melejit ketika dikenal mampu sebagai pewarna alami, khususnya digunakan dalam memberi warna kue red velvet. Buah bit berbentuk seperti umbi yang memang berwarna merah keunguan dan warna inilah yang secara alami dimanfaatkan untuk mewarnai makanan agar tampak lebih cantik.

ads

Dibalik kecantikan warnanya, buah bit dikenal memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Bit, yang sebenarnya merupakan sayuran, memiliki segudang nutrisi mulai dari vitamin A, B6, C, magnesium, zat besi, kalium, protein, antioksidan, dan lain-lain. Buah bit juga dikenal sebagai panganan bebas lemak jenuh sehingga mendukung fungsinya dalam menjaga kesehatan jantung.

Baca juga:

Manfaat Buah Bit untuk Jantung dan Organ Tubuh Lainnya

Buah bit akan memberikan manfaat optimal ketika dikonsumsi secara teratur dan melalui pengolahan yang benar. Manfaat buah bit tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung saja, tetapi juga organ tubuh lainnya yang sama penting. Beberapa fungsi utama dari buah bit untuk kesehatan jantung antara lain:

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Buah bit dikenal memiliki peran dalam menjaga tekanan darah tetap normal. Inilah mengapa buah bit kerap kali banyak disarankan untuk dikonsumsi terutama pada penderita penyakit jantung. Kandungan nitrit dalam buah bit (dan sayuran hijau lainnya) dikenal memiliki manfaat menjaga pembuluh darah tetap rileks sehingga tekanan darah tetap normal. Penelitian antara pengaruh buah bit dengan penurunan tekanan darah ini pernah dilakukan di Inggris tahun 2015 dan hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi jus buah bit secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol merupakan salah satu musuh dan masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Bahkan orang dengan kolesterol tinggi kini tak hanya identik dengan orang tua, namun juga dewasa muda yang memiliki pola makan dan pola hidup tak sehat. Kolesterol merupakan penyebab utama penyumbatan pembuluh darah yang berbahaya bagi jantung.

Untungnya, jus buah bit bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Buah bit ternyata juga dikenal sebagai salah satu buah yang ampuh dalam mengatasi masalah kadar kolesterol berlebihan dalam darah. Sebuah studi yang dipublikasikan pada Current Atherosclerosis Reports bulan Desember 2008 menyatakan bahwa manfaat buah bit dalam tubuh kita adalah dengan menurunkan kadar kolesterol. Satu biji buah bit mencukupi sekitar 15% kebutuhan serat harian yang ekuivalen dengan penurunan kadar kolesterol sebesar 1,6 gram.

Baca juga:

3. Meningkatkan Kekuatan Otot Jantung

Manfaat ini ditemukan berdasarkan penelitian sekelompok peneliti dari Washington University School of Medicine di St. Louis. Penelitian ini berhasil mendapatkan temuan baru bahwa buah bit memiliki peran dalam menguatkan otot jantung. Berdasarkan penelitian tersebut, sekelompok peneliti dan ilmuwan ini menemukan adanya peningkatan kekuatan otot pada responden mereka yang merupakan pasien penderita jantung. Peningkatan kekuatan otot jantung tersebut direkam sekitar 2 jam setelah pasien meminum jus buah bit.

Sponsors Link

4. Meningkatkan Stamina

Berdasarkan penelitian yang dilakukan khususnya kepada para atlet, buah bit terbukti dapat meningkatkan stamina tubuh mereka. Misalkan orang yang sering bersepeda dan rutin mengonsumsi jus buah bit mampu mengayuh pedal lebih lama 15% dibandingkan atlet sepeda yang tidak konsumsi secara rutin. Biasanya dibutuhkan sekitar 3 hingga 5 buah bit untuk dikonsumsi bila ingin mendapatkan peningkatan yang optimal, namun hal ini juga tergantung pada tubuh masing-masing orang. Baca juga: Cara Menguatkan Jantung.

5. Membuat Kinerja Otak Lebih Baik

Buah bit juga dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kinerja otak. Kandungan nitrit oksida dalam buah bit yang dikonsumsi rutin dapat merelaksasi dan melebarkan pembuluh darah. Hal ini tentunya akan meningkatkan aliran darah menuju otak yang kemudian membuat otak bisa bekerja dengan lebih baik. Baca juga: Manfaat Bekam untuk Jantung.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Dilansir dari halaman Health.com, hati adalah organ tubuh yang paling berat tugasnya untuk mendetoksifikasi darah dalam tubuh. Dengan konsumsi buah bit, kinerja hati kita bisa menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung betaine yang merupakan sebuah asam amino yang mampu membantu mencegah dan mengurangi tumpukan lemak yang ada pada hati.

7. Sebagai Antioksidan dan Anti Inflamasi

Kandungan nutrisi dalam buah bit begitu kaya. Selain yang sudah disebutkan di atas, buah bit juga mengandung betalains, yaitu kandungan antioksidan sekaligus anti inflamasi yang dikenal mampu melawan radikal bebas serta penyakit kronis yang berkaitan dengan inflamasi seperti penyakit jantung, obesitas, dan kemungkinan munculnya kanker. Selain itu, serangkaian kandungan dan manfaat buah bit juga dikenal memiliki kandungan betacyanin yang mampu melindungi tubuh dari zat karsinogenik.

Sponsors Link

Baca juga:

Cara Mengolah Buah Bit untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mendapatkan manfaat buah bit untuk jantung secara optimal tidak bisa sekadar dengan mengonsumsinya tanpa mengolah dengan tepat. Bahkan untuk kepentingan estetika makanan pun, ada tahap-tahap yang mesti dilakukan koki agar mendapatkan manfaat yang dibutuhkan. Untuk kepentingan konsumsi harian, Anda bisa mengikuti beberapa pilihan pengolahan buah bit seperti di bawah ini:

  • Pertama, Anda bisa langsung menjadikannya sebagai jus. Cukup potong satu buah bit dan haluskan dengan blender. Tambahkan air dan gula secukupnya. Jangan terlalu banyak menambahkan gula untuk menjaga manfaat buah bit tetap optimal dan tanpa resiko kelebihan kadar gula dalam darah.
  • Kedua, Anda bisa menyajikan buah bit sebagai jus yang dicampur dengan kayu manis. Proses pengolahannya hampir sama dengan pengolahan buah bit menjadi jus buah biasa, hanya saja Anda bisa mengganti gula dengan kayu manis bubuk sebagai pemanisnya. Satu sendok teh kayu manis bubuk dan 300 gram buah bit segar dicampur dengan air secukupnya dan jus buah bit siap dinikmati.
  • Cara ketiga adalah dengan mencampurkan satu atau dua buah maupun sayuran segar dalam jus buah bit. Anda bisa memilih buah strawberry atau sayuran seperti wortel dan sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah kesegaran jus.

Baca juga: Jus untuk Jantung Bocor, Jus untuk Jantung Koroner, Jus untuk Jantung Bengkak.

Banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menikmati buah bit. Manfaat buah bit memang akan lebih terasa ketika dikonsumsi langsung. Namun cara-cara di atas biasanya disarankan bagi mereka yang belum terbiasa dengan rasa buah bit atau masih kurang menyukai tekstur rasa buah bit yang relatif asing. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , , , ,