6 Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Sejak Dini

Tentu saja kita semua menginginkan jantung yang sehat bukan? Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat maka Anda harus menjaga pola hidup dan juga pola makan yang sehat ya. Asal kita ketahui saja, penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya di dunia dan bahkan bisa menjadi salah satu silent killer di dunia karena banyak sekali jenis penyakit jantung yang tidak menimbulkan gejala. Tahu-tahu, meninggal dan disebabkan karena masalah pada jantung. Supaya Anda semua bisa menghindarinya, maka kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Berikut adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

Tips mendeteksi secara alami

Supaya Anda bisa mengetahui Anda mengalami penaykit jantung atau tidak maka kami sarankan supaya Anda segera melakukan tes sehingga bisa mengetahui apa pemnyakit jantung yang Anda alami. Tidak perlu ke rumah sakit, Anda bisa mengecek apakah Anda mengalami penyakit jantung dengan tips alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah tipsnya :

• Ketahuilah gejala umum penyakit jantung

Untuk memeriksa apakah Anda sendiri mengalami penyakit jantung atau tidak kami menyarankan supaya mulai saat ini Anda harus mengetahui apa saja gejala umum dari penyakit jantung. Jika Anda tahu apa saja gejalanya, mudah bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan sendiri dengan melihat gejala atau ciri yang Anda alami.   Biasanya orang yang mengalami penyakit atau masalah yang berhubungan dengan jantung akan mengalami gejala seperti sakit atau nyeri pada dada, jantung yang berdebar tidak normal atau disebut sebagai aritmia, kemudian mudah lelah ketika beraktifitas, dan juga memiliki nafas yang pendek. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut maka bisa jadi Anda memang mengalami masalah atau penyakit jantung. Anda juga harus mewaspadai gejala penyakit jantung bawaan.

• Memeriksa denyut jantung

Tidak hanya dengan mengetahui gejala dan mencocokannya saja ya, Anda bisa tahu apakah Anda mengalami penyakit jantung atau tidak hanya dengan memeriksa denyut jantung Anda sendiri. Dengan memeriksa denyut jantung maka Anda bisa mengetahui ada tidaknya resiko terkena serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Caranya sangatlah mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan tanpa menggunakan alat ya. Sebelumnya Anda harus tahu jika denyut jantung manusia yang normal itu sekitar 60 hingga 100 kali tiap menitnya. Namun jika jumlah denyutnya melebihi itu maka bisa jadi Anda mengalami sakit jantung. Caranya adalah dengan meletakkan telunjuk atau jempol pergelangan tangan tepat di bawah jempol. Lalu hitunglah berapa kali nadi berdetak selama satu menit. Ketahuilah juga detak jantung cepat saat tidur.

• Memperhatikan gejala di telinga Anda

Tidak hanya melihat detak jantung Anda saja ya, Anda juga bisa menguji kesehatan jantung Anda hanya dengan melihat telinga Anda. Salah satu tanda atau ciri jika orang mengalami penyakit jantung adalh biasanya bagian cuping telinga atau bagian yang sering ditindik itu akan kisut atau mengkerut. Orang yang memiliki cuping telinga yang menyusut dan juga kisut biasanya memiliki penyakit jantung seperti misalnya penyaki jantung koroner, diabetes, bahkan mungkin bisa jadi adalah salah satu tanda jika kolesterol di dalam tubuh Anda tinggi. Anda juga harus tahu gejala sakit jantung pada wanita hamil.

Tips mendeteksi secara medis

Kita tadi sudah membahas bagaimana cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini menggunakan cara yang mudah dan juga manual yang mana kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Jika Anda sudah melakukan itu namun mungkin masih kurang yakin dengan hasilnya maka kami sarankan supaya Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa mengetahui beberapa penyakit atau masalah yang jantung Anda derita. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai tips mendeteksi penyakit jantung yang bisa Anda lakukan secara medis. Berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda lakukan :

• Melakukan tes EKG

Supaya Anda lebih jelas mengetahui penyakit apa yang Anda alami, maka kami sarankan supaya Anda melakukan salah satu jenis tes yaitu dengan menggunakan teknologi yang dinamakan EKG atau Elektrokardiogram. Nah, EKG ini bisa mengetahui penyakit jantung dengan memberikan informasi mengenai penebalan otot jantung. Pahamilah juga mengenai fungsi EKG Jantung .

• Melakukan tes darah

Tidak hanya melakukan tes EKG saja ya, beberapa tes medis bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit jantung atau tidak Anda bisa melakukan beberapa serangkaian tes ya. Selain EKG, Anda bisa melakukan beberapa tes darah. Setidaknya ada sekitar 3 jenis tes darah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit jantung atau tidak. Tes darah yang pertama ini digunakan untuk identifikasi kadar protein dan untuk mengetahui ada tidaknya peradangan. Selain itu tes darah yang kedua digunakan untuk mencari ada tidaknya hormon yang menyebabkan stress kepada jantung. Untuk tes yang ketiga ini hendak dilakukan untuk menunjukkan ada tidaknya kerusakan pada jantung Anda.

• Melakukan pemindaian kalsium koroner (coronary calcium scan)

Metode terkahir yang bisa Anda lakukan secara medis untuk mengetahui apakah Anda mengalami beberapa masalah pada jantung Anda adalah degan melakukan tes yang disebut sebagai CCS atau coronary calsium scan. Tes ini dilakukan dengan menggunakan radiasi dengan batas aman dan juga rendah. Digunakan untuk mengetahui kadar kalsium yang ada di dalam jantung Anda sehingga dokter bisa tahu apakah kadar kalsiumnya tinggi atau rendah sehingga juga bisa mendeteksi penyakit jantung yang dialami. Anda bisa melakukan ketiga tes ini di rumah sakit atau di laboratorium. Sebelumnya kami sarankan supaya terlebih dahulu Anda berkonsultasi kepada dokter dan membicarakan mengenai gejala yang Anda alami. Apakah penyebab badan gemetar dan jantung berdebar?

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Sebaiknya kami sarankan untuk segera memeriksakan diri jika dirasa Anda mengalami gejala penyakit jantung atau jika anda merasa ada yang aneh dengan kinerja jantung Anda. Tidak perlu takut untuk pergi ke dokter ya, malah bagus karena Anda segera tahu penyakit apa yang Anda alami sehingga segera bisa diatasi dan juga diobati ya. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya ya!

, , , , , ,
Kategori : Pencegahan