Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas, Tanda Apa?

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering kita dengar dan paling mematikan di dunia ini. Sebagian besar penduduk dunia meninggal dikarenakan penyakit jantung, terutama serangan jantung mendadak. Oleh karena itu sudah selayaknya kita mengetahui apa saja gejala dari penyakit jantung terutama serangan jantung sehingga bisa menghindari dan melakukan tindakan preventif. Banyak sekali masyarakat yang mengaku merasakan jantung berdebar kencang dan badan lemas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami membagikan informasi mengenai gejala yang satu ini karena gejala ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi lengkapnya untuk Anda :

1. Serangan panik

Salah satu kondisi yang bisa saja Anda alami ketika merasakan gejala seperti jantung yang mendadak berdebar dengan kencang dan juga tubuh yang tiba-tiba saja sering bergetar adalah serangan panik atau yang sering kita dengar juga dengan panic attack. Serangan panik sendiri merupakan salah satu gangguan psikologis yang ditandai dengan kepanikan spontan yang muncul akibat pemicu tanpa alasan atau bisa jadi karena juga ada pemicunya. Biasanya serangan panik yang terjadi pada seseorang ini tidak bisa diprediksi, biasanya ketika mengalami serangan panik seseorang tak bisa mengendalikan tubuh serta pikirannya.

Orang yang memiliki serangan panik ini tidak boleh diabaikan karena yang mereka alami ini bukanlah hal yang sepele. Biasanya orang yang mengalami serangan panik akan mengalami beberapa gejala seperti tubuh yang menggigil atau bergetar, kemudian jantung yang berdebar dengan kencang, muncul keringat dingin, mengalami sesak napas, merasa seperti tercekik, mudah tersedak, mual, pusing, goyah, mati rasa, depersonalisasi, dan juga warna kulit yang kemerahan. Selain itu, banyak orang dengan serangan panik berkata jika gejala yang mereka alami hampir mirip dengan orang yang mengalami serangan jantung.

1. Stres berlebihan

Selain bisa karena serangan panik, gejala seperti tubuh yang menggigil atau bergetar disertai dengan jantung yang berdebar kencang adalah mungkin karena Anda mengalami stres yang berlebihan. Stres berlebihan atau stres tingkat tinggi ternyata bisa menyebabkan tubuh kita menjadi bergetar, dan kadang juga bisa membuat kita menjadi lemas. Hal ini bisa terjadi karena reaksi otomatis tubuh untuk memberikan tanggapan kepada hormon stres adrenalin juga kortisol yang mengalami peningkatan di dalam tubuh.

Ketika kondisi ini terjadi maka biasanya kita akan mengalami gejala muncul keringat dingin dan juga perasaan gelisah yang tak karuan. Dan jika tingkat stresnya sudah parah maka biasanya jantung akan berdebar tak karuan dan bahkan tubuh akan menjadi lemas. Jika Anda tidak ingin mengalami hal seperti ini maka kami menyarankan supaya Anda mengurangi stres Anda. Sebenarnya mengurangi stres itu mudah ya, Anda bisa melakukannya dengan mungkin menceritakan masalah Anda kepada orang yang Anda percayai. Atau mungkin mencoba liburan dan melakukan hobi yang Anda sukai.

1. Gejala serangan jantung

Jika Anda mengalami gejala ini maka jangan biarkan begitu saja karena bisa membahayakan kesehatan Anda. Salah satu pertanda jika Anda mengalami gejala seperti jantung yang berdebar dengan kencang, tak terkontrol dan mungkin tubuh Anda sampai menjadi lemas maka bisa jadi itu merupakan gejala dari serangan jantung ringan. Oleh karena itu berhati-hatilah dan jangan sampai mengabaikannya.

Jika memang serangan jantung maka bisa jadi Anda mengalami beberapa gejala seperti misalnya sesak napas, jantung yang berdebar-debar tak karuan, rasa sakit pada beberapa bagian tubuh seperti dada, rahang, hingga punggung, gelisah cemas, dan juga tubuh yang tiba-tiba saja merasa lemah dan lemas. Jika Anda mengalami sebagian besar gejala itu maka kami menyarankan supaya Anda berkonsultasi ke dokter ya karena bisa jadi itu merupakan gejala dari serangan jantung yang berbahaya.

1. Mengkonsumsi kafein berlebihan

Mungkin sebagian dari Anda banyak yang suka mengkonsumsi kafein seperti kopi dan juga teh. Walau mungkin kedua minuman itu enak, namun tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek yang cukup berbahaya. Oleh karena itu jangan sampai Anda mengkonsumi kafein berlebihan. Salah satu dampak jika Anda mengkonsumsi kafein yang berlebihan adalah bisa membuat jantung jadi berdebar-debar dan bahkan bisa membuat tubuh jadi gemetar kemudian menjadi lemas.

Hal ini bisa terjadi karena di dalam kafein terdapat zat stimulan yang bisa merangsang saraf pusat otak untuk bekerja menjadi lebih keras. Dimana saraf pusat membantu hormon adrenalin dan juga berfungsi untuk mengatur fungsi kerja jantung. Oleh karena itu jika tidak ingin mengalami gejala ini maka jangan mengkonsusmi kafein secara berlebihan ya.

1. Hipertiroid

Penyebab mengapa Anda bisa mengalami jantung berdebar kencang dan badan lemas adalah mungkin saja karena Anda mengalami hipertiroid. Apakah Anda sudah pernah mendengar hipertiroid? Jika belum maka kami akan mencoba untuk membahasnya untuk Anda. Hipertiroid merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid di dalam tubuh. Karena jumlahnya yang terlalu banyak akhirnya membuat semua organ tubuh bekerja dengan cepat. Pada akhirnya hal seperti ini bisa membuat jantung berdebar kencang, membuat Anda kesulitan untuk tidur, membuat badan gemetar, dan bahkan bisa membuat badan kita menjadi lemas juga. Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda mengalami hipertiroid atau tidak maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter saja ya.

1. Jantung lemah

Yang terakhir, Anda harus benar-benar memperhatikan gejala apa saja yang Anda alami ya. Karena hal seperti ini mungkin Anda anggap sepele namun sebenarnya sangat berbahaya dan bisa membuat hal yang fatal jika tidak segera diatasi. Salah satu hal yang mungkin saja bisa Anda alami ketika merasakan gejala seperti jantung yang berdebar-debar dan juga tubuh yang lemas atau lemah adalah mungkin karena mengalami jantung lemah. Orang yang mengalami jantung lemah akan merasakan beberapa gejala seperti irama atau detak jantung yang berlebihan dan lebih dari biasanya. Selain itu biasanya Anda juga akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti pada pergelangan kaki, atau telapak. Anda juga akan menjadi lemas dan mudah lelah.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai jantung berdebar kencang dan badan lemas. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna bagi Anda semua yang mungkin saja mengalami gejalanya.

, , , ,