Sponsors Link

6 Jenis Operasi Jantung dan Kisaran Biayanya

Sponsors Link

Mempunyai jantung yang sehat merupakan keinginan setiap manusia. Apalagi mempunyai jantung yang dapat berdetak secara normal tanpa masalah di setiap harinya, tentu akan terasa bahagia sekali. Namun apa yang terjadi bila jantung yang kita cintai ini mengalami masalah yang harus menempuh jalan operasi sebagai media penyembuhannya, tentu hal ini sangat disayangkan sekali.

ads

Menjaga kesehatan jantung merupakan kewajiban yang memang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Namun sangat disayangkan tidak semua orang berpikiran demikian, sebagian orang tidak menggubris sama sekali tentang kesehatan jantungnya. Hal ini sangat berbahaya apabila sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging, karena dapat menimbulkan masalah-masalah jantung di kemudian hari nantinya.

Bagaimana tidak menjadi masalah? 20% kematian di seluruh dunia diakibatkan oleh penyakit jantung dan 3% dari 20% tersebut berakhir di meja operasi. Tentu hal tersebut sangat disayangkan, Apabila anda tidak menggubris sama sekali tentang kesehatan jantung Anda sendiri. Jika bukan Anda lalu siapa lagi yang akan menjaga kesehatan jantung Anda? Memiliki kebiasaan yang baik dan pola hidup yang sehat merupakan kesopanan dan tata krama tersendiri bagi yang sudah sadar bahwa kesehatan itu penting untuk dijaga.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi tentang operasi apa saja yang dapat ditempuh untuk menyembuhkan penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung yang diakibatkan oleh kebocoran katup jantung dan lain sebagainya.

Baca juga:

Berikut ini jenis operasi jantung yang biasa disarankan oleh dokter saat kondisi jantung sudah semakin parah:

1. Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung adalah operasi jantung yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner yang sudah sangat fatal dan tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan lagi. Operasi jantung bypass bertujuan untuk membuat saluran darah yang baru untuk menggantikan saluran darah yang sudah tersumbat akibat penyakit jantung koroner, Hasil yang diharapkan oleh banyak penderita penyakit jantung koroner adalah melalui operasi bypass yang bertujuan membuat saluran aliran darah yang baru, dimana yang sebelumnya tersumbat dapat diperbaiki kembali sehingga darah dapat teraliri kembali seperti sediakala.

Namun tidak seperti kedengarannya, faktanya operasi bypass ini tidak benar-benar membuat saluran darah yang baru, hanya saja mengganti yang lama dengan saluran yang lebih baik. Saluran darah yang lebih baik ini biasanya diambil dari saluran darah yang berada pada bagian kaki, dada atau bagian-bagian lain yang memungkinkan untuk diambil. Operasi ini merupakan operasi yang pertama sekali dilakukan untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner, karena faktanya kebanyakan pasien setelah melakukan operasi jenis ini, pasien akan mendapat hidup yang normal kembali tanpa rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner.

Operasi bypass ini memerlukan biaya yang lumayan besar apabila Anda tidak memiliki asuransi atau jaminan kesehatan apapun. Biaya operasi bypass ini biasanya berkisar antara 30 sampai 50 juta. Operasi jantung bypass juga memerlukan persiapan yang sangat panjang sebelum Anda menjalaninya. Dimana diantaranya Anda harus melakukan puasa agar saluran pencernaan Anda bersih. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi komplikasi di kemudian hari.

Lalu Anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin sebelum menjalani operasi bypass. Pemeriksaan rutin ini bertujuan untuk memeriksa atau memilih bagian saluran darah yang dapat diambil untuk mengganti saluran yang sudah tersumbat atau yang tidak dapat lagi dialiri oleh darah yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner.

2. Operasi Perbaikan Katup Jantung

Operasi perbaikan katup jantung adalah operasi yang dilakukan untuk menyembuhkan penderita penyakit jantung dimana katup jantungnya tidak mau terbuka pada saat proses pengaliran darah terjadi. Operasi katup jantung ini bertujuan untuk membuka kembali katup-katup, yang pada umumnya hanya ada empat katup untuk dapat kembali terbuka seperti sedia kala lagi. Perbaikan katup jantung atau operasi katup jantung merupakan operasi yang tergolong operasi tingkat tinggi atau high level karena dapat berisiko kematian apabila operasi perbaikan katup jantung gagal dilakukan.

Baca juga: Operasi Katup Jantung MitralBagian-Bagian Jantung.

Biasanya biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi katup jantung adalah berkisar antara 60 sampai 100 juta, tentu harga atau biaya yang sangat tinggi tersebut merupakan biaya dimana pasien atau penderita tidak memiliki asuransi atau jaminan kesehatan apapun. Apabila pasien memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah maupun perusahaan swasta, maka biaya yang ditanggung tentu lebih ringan.

ads

Untuk melakukan operasi perbaikan katup jantung ini biasanya membutuhkan persiapan yang amat panjang, dikarenakan dokter perlu meneliti dulu irama detak jantung Anda selama beberapa minggu. Hal ini bertujuan untuk melihat detak jantung Anda apakah selain mengalami masalah pada katup yang tidak bisa terbuka juga memiliki penyakit aritmia jantung yang dapat membuat jantung berdebar secara tidak normal. Saya sarankan Anda untuk mengkonsultasikan hal ini lebih dalam lagi kepada dokter yang Anda percayai, agar Anda tidak salah memilih jalur pengobatan, sehingga tidak ada penyesalan kedepannya nanti serta jantung bisa cepat kembali normal.

Baca juga:

3. Operasi Pembengkakan Jantung

Pembengkakan jantung amatlah berbahaya bila tidak segera ditangani, pembengkakan pada jantung biasanya di alami oleh otot jantung bagian kiri. Apabila hal ini dibiarkan maka jantung akan mengalami kebocoran sehingga dapat menyebabkan pendarahan dalam tubuh, hal ini juga dapat berujung kematian.

Pada dasarnya operasi adalah hal yang sangat efektif untuk diterapkan pada penderita penyakit pembengkakan jantung, namun operasi seperti apa yang dapat menyembuhkan penyakit pembengkakan jantung ini? Jawabannya adalah operasi pembengkakan jantung, operasi ini bertujuan untuk menyembuhkan pembengkakan jantung yang mengakibatkan kebocoran pada jantung. Para ahli bedah sangat mengetahui operasi jenis ini, karena operasi jenis ini sangat sering dilakukan di belahan dunia manapun.

Selain hal yang sudah saya sebutkan di atas, operasi pembengkakan jantung juga termasuk operasi dimana harganya lumayan terjangkau yaitu berkisar 15 sampai 30 jutaan, tentu harga tersebut bila Anda tidak memiliki asuransi atau jaminan kesehatan apapun. Maka dari itu sangat disarankan agar setiap orang memiliki jaminan kesehatan, khususnya dari pemerintah untuk berjaga-jaga bila terkena penyakit tertentu.

Persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani operasi pembengkakan jantung ini pun lumayan gampang, dimana pasien hanya perlu berpuasa agar tubuh dalam keadaan steril pada saat menjalani operasi. Namun tentu alangkah baiknya Anda harus mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter yang Anda percaya, karena dokter yang Anda percaya sudah pasti yang paling tahu tentang kebutuhan dan keperluan yang dibutuhkan oleh jantung Anda.

4. Operasi Cangkok Jantung

Operasi cangkok jantung atau yang sering disebut dengan operasi transplantasi jantung merupakan operasi yang sangat berbahaya dan menjadi jalan terakhir. Namun operasi cangkok jantung ini dapat memberikan hasil yang memuaskan, karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit jantung. Operasi cangkok jantung bertujuan untuk mengganti jantung seseorang dengan jantung orang lain alias transplantasi, dimana hal ini bertujuan untuk membuat jantung yang sebelumnya lemah menjadi sehat kembali.

Namun dampak cangkok jantung memiliki resiko yang cukup tinggi, karena memerlukan pendonor yang bersedia menukarkan jantung yang sehat dengan jantung yang lemah. Tentu hal itu juga yang menyebabkan operasi cangkok jantung ini merupakan operasi yang sangat mahal, dimana selain harus membayar biaya operasi dan rawat inap juga harus membayar pendonor sesuai kesepakatan. Biasanya biaya operasi dan rawat inap untuk melakukan operasi cangkok jantung ini berkisar antara 300 juta sampai 3 miliar, itu belum termasuk dana untuk membayar pendonor

Operasi cangkok jantung merupakan operasi yang merupakan jalan terakhir bagi penderita penyakit jantung. Persiapan yang perlu dilakukan pun sangat panjang, dimana Anda harus mencari pendonor yang cocok dan benar-benar mau menjalani operasi dan memberikan jantungnya yang sehat untuk digantikan dengan jantung yang lemah persiapan inilah yang memakan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu Anda harus mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk operasi cangkok jantung atau transplantasi jantung.

5. Operasi Ablasi jantung

Jenis operasi jantung selanjutnya adalah operasi ablasi jantung. Pada dasarnya ablasi berarti menghancurkan, menurut para ahli hal ini dilakukan untuk menghancurkan atau bahkan membakar habis beberapa bagian kecil jantung yang menyebabkan penyakit aritmia jantung atau permasalahan yang menimbulkan detak jantung tidak beraturan alias tidak normal.

Baca juga: Detak Jantung NormalCara Cek Kesehatan Jantung.

Tindakan ini tentu dilakukan dengan menggunakan alat medis yang khusus yaitu dengan memasukkan alat canggih tersebut ke dalam tubuh manusia melalui rongga rongga tubuh yang memungkinkan untuk dilalui, sehingga menuju jantung, dimana jantung merupakan akar permasalahannya. Pada terapi ablasi jantung para ahli akan mencari tahu apa saja yang menyebabkan jantung Anda berdetak tidak sesuai alias tidak normal, bagian-bagian jantung yang menimbulkan permasalahan pada detakan jantung akan dibakar dan dihancurkan agar detak jantung kembali normal.

Biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi jenis ini tergolong mahal yaitu berkisar antara 50 sampai 200 juta dan persiapan yang harus dilakukan juga sangat panjang, dimana diantaranya Anda harus melakukan pemeriksaan inap selama kurang lebih satu bulan agar dokter atau ahli bedah yang nantinya akan mengoperasi Anda mengetahui lebih lanjut bagaimana kondisi jantung Anda yang sebenarnya.

Sponsors Link

6. Operasi Pemasangan Ring jantung

Operasi pemasangan ring pada jantung merupakan solusi lainnya selain operasi bypass untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner yang menyebabkan saluran darah terhambat dan mengakibatkan arteri mengalami penyumbatan sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan resiko kehilangan nyawa bagi para penderitanya.

Tujuan utama dilakukannya operasi pemasangan ring ini adalah untuk memasang ring pada jantung yang dapat mengatasi penyumbatan sehingga darah dapat teraliri dengan lancar kembali. Metode pemasangan ring ini dilakukan dengan cara memasukkan selang kecil kedalam tungkai, kemudian memasukkan lagi selang kedua yang berukuran lebih kecil dari selang sebelumnya ke bagian lengan, dimana di bagian yang dimasukkan selang tersebut terdapat ring jantung yang berbentuk balon.

Baca juga: Fungsi EKG JantungCT Scan Jantung.

Setelah proses pemasangan ring tersebut selesai, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani gaya hidup yang sehat. Dimana gaya hidup yang sehat tersebut berhubungan erat dengan asupan makanan dan kebiasaan yang perlu Anda lakukan. Persiapan yang harus Anda lakukan untuk melakukan operasi pemasangan ring jantung ini amatlah rumit, dimana tidak hanya harus berpuasa tetapi Anda juga harus menjalani beberapa tes, seperti tes darah dan kadar gula, serta pemeriksaan USG agar mengetahui lebih jelas kondisi yang dialami oleh jantung Anda.

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menjalani operasi pemasangan ring jantung adalah berkisar 40 sampai 80 juta, tentu kisaran harga tersebut tidak berlaku apabila Anda memiliki jaminan kesehatan dan asuransi pribadi yang dapat mengcover seluruh biaya kesehatan Anda selama menjalani proses operasi pemasangan ring jantung. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter agar mendapat kejelasan yang pasti tentang persiapan dan prosedur yang harus Anda lakukan untuk melakukan operasi pemasangan ring jantung.

Baca juga: Efek Pasang Ring JantungMakanan Pasca Pemasangan Ring Jantung.

Tentu beberapa jenis operasi jantung di atas adalah operasi-operasi yang sering dilakukan oleh para ahli pembedahan jantung, namun tidak menutup kemungkinan apabila Anda menjalani operasi lainnya untuk membantu penyembuhan kesehatan jantung Anda.

Hal yang benar-benar perlu Anda ingat adalah menjalani operasi pembedahan jantung merupakan pilihan yang harus Anda pikirkan bersama keluarga Anda. Memilih untuk menjalani operasi pembedahan jantung merupakan keputusan yang harus dipikirkan bersama, karena jantung merupakan organ vital paling inti dalam hal kelangsungan hidup manusia. Keputusan yang Anda ambil bersama tidak akan menimbulkan kekecewaan dimasa yang akan mendatang nantinya. Konsultasikan kepada para ahli atau dokter jika Anda ingin melakukan operasi pembedahan jantung.

Baca juga: Gaya Hidup Jantung SehatObat Jantung di Apotik.

Cintai jantung Anda sebelum jantung Anda sendiri yang merenggut hidup Anda, bagaimana pun ceritanya mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jika bukan Anda sendiri yang menjaga jantung Anda lalu siapa lagi yang akan menjaganya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis