Sponsors Link

Cara Mengobati Jantung dengan Daun Sukun Secara Tepat

Sponsors Link

Mengobati penyakit jantung dengan daun sukun merupakan salah satu alternatif pengobatan penyakit jantung koroner, jantung bengkak dan jantung bocor yang patut dicoba. Anda suka camilan berbahan buah sukun? Buah berbentuk bulat seukuran bola voli dengan kulit tebal berwarna hijau itu memang banyak dijumpai di negara tropis kita.

ads

Pohonnya tumbuh dengan baik tanpa perlu perawatan secara khusus. Buahnya juga sudah dikenal luas menjadi penganan yang sedap bila diolah dengan tepat. Namun tahukah Anda, bahwa pohon sukun (Artocarpus atilis) juga punya manfaat lain? Daunnya yang selama ini dibuang-buang atau dijadikan pakan ternak, ternyata mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengobati penyakit jantung.

Baca juga:

Kandungan Daun Sukun

Daun sukun telah diteliti dan diketahui mengandung beberapa senyawa berikut, yaitu:

  • Flavonoid
  • Vitamin B2 dan riboflavin
  • Sirosterol
  • Potasium atau kalium
  • Asetilkolin

Zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki kerusakan dalam sistem kardiovaskuler. Daun sukun menjaga supaya pembuluh darah tetap bekerja dengan baik dan lancar. Selain itu, daun sukun juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Daun sukun juga bisa menghambat penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. (Baca juga: Nutrisi untuk jantung bocorBuah untuk jantung koroner)

Cara Mengolah Daun Sukun untuk Mengobati Penyakit Jantung

Umumnya, obat herbal jantung bocor berbahan dasar dedaunan diolah dengan cara merebus lalu diminum air sisa rebusannya atau dengan menjemur daun sampai kering sebelum mengolahnya. Jangan sampai salah mengolahnya karena bisa justru berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Cara mengobati jantung dengan daun sukun berbeda-beda berdasarkan jenis penyakit jantung yang diderita. Manfaat air rebusan ini hanya bertahan satu hari, sehingga harus dihabiskan hari itu juga. (Baca juga: Manfaat mengkudu untuk jantung — Khasiat bawang putih untuk jantung)

Sebelum mengolah daun sukun sebagai suplemen jantung terbaik, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara memilih daun sukun yang baik untuk mengobati ataupun sebagai pencegahan jantung koroner. Berikut adalah tips memilih daun sukun yang baik.

  • Tips memilih daun sukun yang baik:
  1. Usahakan memilih daun yang sudah tua.
  2. Hindari menggunakan daun yang sudah jatuh ke tanah agar khasiat daun sukun bisa maksimal. Petik langsung dari pohonnya.
  3. Buang daun yang cacat (banyak lubang, warna tidak rata, kotor).
  4. Biasakan mencuci dengan air mengalir sebelum mulai mengolah daun sukun.
  5. Jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  6. Cara merebus daun sukun yang benar hendaknya menggunakan gerabah tanah liat atau setidaknya panci stainless steel. Hindari memakai panci alumunium karena zat aktif pada daun dapat bereaksi dan menimbulkan zat yang berbahaya bagi kesehatan. (Baca juga: Makanan untuk jantung rematikPantangan makanan jantung rematik)
  • Cara membuat teh daun sukun kering:

Persiapan : 15 menit
Pengolahan : 15 menit
Resep untuk : 1 sajian
Kalori : 64 kkal

Bahan-bahan :

  • 2 lembar daun sukun kering
  • 3 liter air bersih
  • Gula atau madu
Sponsors Link

Cara pembuatan:

  1. Ambil daun yang tua, berwarna kekuningan, langsung petik dari pohon.
  2. Cuci bersih dengan air mengalir, potong-potong lalu jemur hingga kering.
  3. Rebus dengan 2 liter air hingga tersisa setengahnya saja, matikan api.
  4. Diamkan beberapa saat.
  5. Tambahkan lagi 1 liter air.
  6. Rebus kembali hingga mendidih selama beberapa waktu.
  7. Matikan api, tunggu hingga suhu hangat.
  8. Diminum hangat-hangat

Air teh daun sukun yang dihasilkan berwarna kemerahan, rasanya sedikit pahit dan cenderung tidak berbau. Kita dapat menambahkan madu atau gula sedikit saja ke dalamnya sebagai perasa. Air teh daun sukun dapat disimpan dalam botol kaca dan dimasukkan dalam lemari es, namun harus dihabiskan hari itu juga untuk mendapatkan manfaat yang optimal. (Baca juga: Terapi ablasi jantung — Makanan pasca pemasangan ring)

  • Cara membuat rebusan daun sukun

Cara mengobati jantung dengan daun sukun berikutnya adalah meminum rebusannya.

Bahan-bahan :

  • 3-5 lembur daun sukun muda
  • Air 4 gelas
  • Madu

Cara pembuatan:

  1. Bersihkan daun sukun.
  2. Potong-potong daun sukun muda hingga berukuran kecil.
  3. Masukkan 4 gelas air ke dalam panci, lalu masukkan daun sukun, dan rebus.
  4. Didihkan hingga tersisa 2 gelas air rebusan daun sukun.
  5. Angkat dan saring, lalu tambahkan madu
  6. Air rebusan daun sukun dapat diminum hangat-hangat.

Baca juga:

Sponsors Link

Manfaat Daun Sukun

Selain mengobati penyakit jantung terutama jantung koroner, jantung bengkak dan jantung bocor, daun sukun juga dapat mencegah ataupun mengobati mengobati berbagai penyakit seperti:

  1. Penyakit ginjal: Daun sukun disebut memiliki senyawa khusus yang memiliki efek diuretik. Penderita penyakit ginjal, terutama tahap awal, dapat memakai terapi ini selama beberapa bulan dan dipantau fungsi ginjalnya secara berkala untuk melihat perbaikannya.
  2. Kanker: Untuk menurunkan risiko kanker dan membantu pengobatan kanker, rebusan daun sukun kering dapat dikonsumsi untuk membantu penyembuhan. Manfaat antioksidan pada daun sukun kering sangat tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kanker.
  3. Diabetes: Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes melitus, konsumsi teh daun sukun secara teratur dapat mengontrol kadar gula dalam darah Anda. Hasilnya, diabetes pun bisa lebih dini dicegah.
  4. Asam urat: Konsumsi teh dari daun sukun yang sudah dikeringkan secara efektif bisa menurunkan asam urat secara berkala. Daun sukun kering juga memiliki efek anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk menurunkan risiko peradangan pada sendi. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan menghindari makanan yang bisa menyebabkan tingginya kadar asam urat. (Baca juga: Kebocoran katup trikuspid)
  5. Liver: Rebusan daun sukun kering yang dikonsumsi dalam bentuk teh bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan hati.
  6. Alergi: Daun sukun kering juga memiliki fungsi sebagai anti racun dan detoksifikasi atau mengeluarkan racun atau zat-zat penyebab alergi.
  7. Sakit gigi: Berkumur dengan rebusan daun sukun kering dapat bersifat antiseptik, mematikan kuman di gigi berlubang, menenangkan rasa sakit dan membuat sakit gigi tidak sering kambuh.
  8. Anti perdarahan: Rebusan daun sukun kering dapat membantu menghentikan perdarahan terutama bagi ibu yang baru melahirkan.

Nah, luar biasa banyak bukan manfaat dari daun sukun? Anda bisa memanfaatkan daun sukun di sekitar Anda untuk mulai hidup sehat. Murah, mudah dan alami. Olah sendiri sesuai dengan petunjuk agar dapat memperoleh manfaat yang diinginkan. Hindari makanan atau zat-zat yang merugikan agar manfaat daun sukun yang diinginkan benar-benar didapatkan.

Apabila gejala yang Anda rasakan tidak membaik, segera hubungi dokter Anda. Begitu juga bila ada obat jantung di apotik yang telah Anda minum secara rutin, konsultasikan pada dokter Anda untuk mengetahui cara meminum teh daun sukun yang baik agar tidak terjadi interaksi dengan obat Anda. Selain itu Anda bisa menjalani gaya hidup jantung sehat dan melakukan olahraga ringan secara rutin. Sekali lagi, mencegah lebih baik dari mengobati.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman