Sponsors Link

7 Manfaat Daun Salam untuk Jantung dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Daun salam merupakan jenis tanaman yang biasa dipakai oleh ibu rumah tangga untuk bumbu masakan di dapur. Biasanya ditambahkan pada sayuran berkuah untuk menambah aroma masakan. Daun salam banyak ditemukan di pekarangan atau perkebunan warga pedesaan yang masih banyak ditumbuhi tanaman rempah-rempah.

ads

Namun yang tidak diketahui oleh warga setempat adalah manfaat daun salam yang sangat baik bagi kesehatan. Karena keterbatasan pengetahuan, warga setempat hanya memanfaatkan tanaman ini sebagai penambah cita rasa makanan. Sedangkan para peneliti menemukan kandungan pada daun salam yang baik untuk kesehatan, termasuk penyakit jantung yang merupakan momok bagi semua orang di dunia.

Baca Juga:

Berikut adalah kandungan daun salam :

  • Antioksidan. Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit, termasuk jantung serta mengurangi kolesterol jahat.
  • Asam laurat. Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga atau bakteri dalam tubuh.
  • Flavonoid. Berfungsi untuk membantu menormalkan darah bagi penderita hipertensi.
  • Minyak esensial mengandung eugenol dan metil kavikol.
  • Salisilat, asam caffeic, rutin, dan fitonutrien. Empat kandungan tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah stroke dan kanker.
  • Ekstrak etanol sebagai antijamur serta antibakteri.
  • Ekstrak metanol sebagai anticacing.
  • Kandungan kimia minyak atsiri dan tannin.
  • Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.

Baca juga: Manfaat Madu untuk Jantung, Cara Mengobati Jantung dengan Daun Kelor.

Manfaat Daun Salam untuk Jantung

Daun salam bisa dijadikan obat herbal sebagai pengganti obat medis. Banyak kandungan yang terdapat pada daun salam sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berikut ini beberapa manfaat daun salam untuk jantung:

  1. Mencegah oksidasi LDL yang mudah melekat pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan penumpukan lemak, menyumbat pembuluh darah dan menyerang jantung.
  2. Bermanfaat sebagai  astringen, antioksidan, dan hipokolesterolemik.
  3. Berfungsi untuk menekan penyerapan lemak tubuh.
  4. Menurunkan kadar kolesterol yang paling mempengaruhi kesehatan jantung karena dapat menyumbat pembuluh darah.
  5. Menghambat absorbsi kolesterol di usus, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  6. Merangsang sekresi cairan empedu. Membuat kolesterol akan keluar bersama cairan empedu menuju usus.
  7. Mengurangi terjadinya pengendapan lemak di pembuluh darah.

Untuk semuanya lebih baik hati-hati terhadap kolesterol. Karena penyakit ini tidak hanya menyerang pada orang yang memiliki berat badan berlebih atau orang yang sudah menginjak usia 50 tahunan. Remaja juga bisa terkena kolesterol apabila tidak menjalani pola hidup sehat. Kolesterol sering diidentikan dengan penyakit jantung koroner. Penimpunan lemak dan plak adalah beberapa gejala yang menyebabkan serangan jantung dan kematian secara mendadak pada manusia.

Baca juga:

Sponsors Link

Mengetahui manfaat kandungan daun salam yang demikian, baik kiranya untuk dikonsumsi sebagai pencegahan secara dini penyakit jantung. Selain mudah didapatkan harga daun salam juga cukup murah untuk dijangkau oleh semua kalangan. Sehingga tidak ada alasan lagi jika penyakit jantung hanya untuk orang kaya. Memanfaatkan tumbuhan di sekitar sebagai pengobatan alternatif penyakit jantung. Harus selalu ada pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat mengenai kandungan senyawa dan zat yang terdapat pada berbagai tumbuhan, khususnya di negara sendiri.

Sampai saat ini masih banyak lagi penelitian mengenai manfaat daun salam bagi kesehatan jantung. Dan beberapa perusahaan sudah banyak menggunakan daun salam sebagai bahan dasar penggunaan obat herbal penyakit jantung. Sosialisasi kepada masyarakat mengenai dampak penyakit jantung juga semakin digiatkan, termasuk penggunaan daun salam sebagai tanaman alternatif pengganti obat-obatan medis, agar masyarakat nantinya tidak terlambat dalam menangani gejala serangan jantung yang akan mengintai manusia diumur tua.

Baca juga:

Cara Mengolah Daun Salam untuk Jantung

Beberapa masyarakat sudah mulai menggunakan daun salam sebagai pengobatan jantung dengan berbagai pengolahan, sesuai kreasi masing-masing. Disini akan dibahas salah satu cara pengolahan daun salam sebagai obat herbal penyakit jantung.

Sponsors Link

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Daun salam 7 lembar.
  • Air matang 600 cc atau sekitar 3 gelas.
  • Daun cermai sekitar 30 gram.

Cara memilih daun salam untuk diolah sebagai obat tradisional:

  • Pilih daun salam yang masih terlihat segar, daunnya berukuran lebar dan warnanya hijau cerah.
  • Untuk daun kering bisa memilih daun salam yang tidak mudah patah dan tidak berlubang.

Langkah pembuatan:

  • Cuci bersih daun salam untuk membuang kotoran-kotoran yang masih menempel.
  • Rebus daun salam dengan 600ml air bersih. Biarkan mendidih hingga air tersisa setengahnya.
  • Minum air rebusan daun salam 2 kali sehari, yaitu setiap pagi sebelum beraktivitas dan sore atau malam hari setelah beraktivitas.

Biasanya dalam sekali pembuatan, akan menghasilkan 2 gelas dengan ukuran standar. Jadi, apabila ketika minum di pagi hari masih menyisakan segelas lagi, lebih baik disimpan di dalam kulkas, lalu dihangatkan ketika sore atau malam hari.

Baca juga: Cara Mengobati Jantung Koroner, Manfaat Kunyit untuk Jantung.

Demikian manfaat daun salam untuk jantung dan cara pembuatannya. Jantung adalah organ terpenting dari manusia. Lindungi jantung dari berbagai penyakit yang akan menyerang dengan pencegahan dini. Mengkonsumsi tumbuhan herbal seperti daun salam sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semoga jantung kita senantiasa diberikan kesehatan dan dilindungi dari segala macam penyakit.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan