Sponsors Link

6 Pertolongan Pertama Jantung Berdebar Paling Efektif!

Sponsors Link

Penyakit jantung. Apa sih yang terlintas pertama kali di benak kalian ketika mendengar kata yang satu ini? Bukan rahasia lagi jika kita pastilah seram ketika mendengar kata yang satu ini karena penyakit ini menjadi penyebab kematian terbesar pada masyarakat Indonesia. Penyakit jantung juga merupakan salah satu penyakit yang bisa datang pada seseorang tanpa sebab yang pasti, dan dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu di mana hal ini berarti bisa menyerang siapapun – baik yang tua maupun yang muda dan kaum pria maupun wanita. Namun adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung ini datang dan menghantui hidup kita?

ads

Seperti yang kita bicarakan barusan, penyakit jantung adalah penyakit yang sangat tidak diharapkan dan bisa datang kapanpun walaupun sebelumnya kita sama sekali tidak menunjukkan gejala akan datangnya penyakit jantung. Penyebab timbulnya penyakit jantung pada seseorang biasanya dipicu oleh pola hidup kita yang kurang sehat, seperti pola makan yang kurang teratur, mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jahat atau sering mengonsumsi junk food, ataupun kita yang sulit meninggalkan kebiasaan merokok –bahkan mengonsumsi minuman beralkohol. Namun perlu diingat juga jika penyakit jantung dapat menghantui seseorang karena faktor genetik, di mana ketika orang tua mengalami penyakit jantung maka kemungkinan besar sang anak juga akan mengalami penyakit jantung di masa mendatang.

Pastilah bukan suatu hal yang asing lagi jika kita mendengar penyakit jantung memiliki berbagai jenis – alias banyak sekali jenis penyakit jantung yang bisa kita temui pada masyarakat. Yup, hal ini merupakan pernyataan yang benar dan penyakit jantung terdiri dari berbagai jenis, mulai dari jenis penyakit jantung yang sering ditemui seperti gagal jantung ataupun penyakit jantung bawaan. Namun bukan berarti semua jenis penyakit jantung itu umum alias mudah ditemui lho! Terdapat beberapa jenis penyakit jantung yang masih jarang ditemui atau bisa disebut sebagai penyakit jantung yang masih langka, contohnya saja miokarditis ataupun tamponade jantung.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis penyakit jantung yang sudah tidak asing lagi untuk kita – yaitu penyakit jantung berdebar. Berbeda dengan pembahasan sebelumnya, kita akan membahas lebih detail mengenai pertolongan pertama jantung berdebar dan hal ini sangatlah penting untuk diketahui, mengingat penanganan penyakit jantung yang terlambat tentu saja akan berakibat sangat fatal – lebih tepatmya dapat menyebabkan kematian. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Lalu apa saja pertolongan pertama yang bisa kita berikan untuk jantung berdebar ini? Nah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai penanganan apa yang bisa kita berikan untuk jenis penyakit jantung ini, yuk kita sedikit mengingat mengenai apa sih yang dimaksud dengan jantung berdebar ini!

Jantung Berdebar

Jantung berdebar adalah salah satu jenis gangguan yang terjadi pada jantung kita dan sering kali dikenal dengan istilah palpitasi. Seseorang dikatakan mengalami palpitasi ketika denyut jantung mereka menjadi tidak karuan atau menjadi berdetak keras dalam kurun waktu tertentu, lebih tepatnya dalam waktu beberapa detik hingga menit. Ketika palpitasi terjadi pada seseorang dalam intensitas sering, hal ini mengindikasikan jika kinerja jantung kita terganggu dan kita harus lebih waspada terhadap kesehatan tubuh kita dan oleh sebab itulah ada baiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter agar kita segera mendapat penanganan yang tepat sehingga kinerja jantung pun bisa kembali normal seperti sedia kala. Namun apa jadinya jika kita belum sempat berkonsultasi dengan dokter namun palpitasi kembali terjadi pada waktu yang tidak diduga-duga? Nah untuk mencegah terjadinya terjadinya risiko terburuk pada penyakit jantung, kita sebaiknya mengetahui pertolongan pertama jantung berdebar yang bisa kita berikan sewaktu-waktu; antara lain adalah sebagai berikut:

1.Berbaring

Hal ini merupakan pertolongan pertama jantung berdebar yang paling cepat karena kita hanya perlu merebahkan tubuh kita dalam bidang yang datar – seperti sofa ataupun tempat tidur dalam waktu beberapa menit. Membaringkan tubuh kita akan membantu jantung untuk bekerja lebih rileks dan kita bisa melakukan hal ini dalam waktu beberapa menit hingga detak jantung kita kembali dalam batas normal lagi, dan diharapkan rasa nyeri pada dada pun bisa menghilang dengan perlahan.

2. Mengonsumsi air dalam jumlah banyak

Cara lainnya yang bisa kita lakukan dalam mengatasi masalah jantung berdebar adalah dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Kok bisa? Yup, meskipun hal ini belum memiliki penjelasan ilmiah dan teruji bagaimana air dapat membuat kinerja jantung lebih rileks, namun banyak orang yang percaya jika air putih akan menekan kinerja jantung dan perlahan akan membuat detak jantung kembali ke dalam batas normal. Sebaiknya kita mengonsumsi air dingin ketika palpitasi terjadi karena dipercaya air dingin kinerjanya lebih cepat daripada kita mengonsumsi air biasa atau bahkan air hangat.

3. Melakukan manuver valsava

Manuver valsava adalah pertolongan pertama jantung berdebar berikutnya yang bisa kita coba dan bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Melakukan cara yag satu ini berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah seseorang dan mengembalikan kinerja jantung kembali normal. Pada cara ini, yang perlu kita lakukan hanyalah memencet kedua lubang hidung kemudian mulai bernafas melalui mulut. Kita perlu melakukan hal ini hingga detak jantung kembali normal.

4. Mengonsumsi kayu manis

Siapa sih yang tidak kenal dengan kayu manis? Namun siapa sangka jika bahan alami yang satu ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi jantung berdebar? Yup, kayu manis merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita coba untuk mengatasi permasalahan ini karena kandungan rahasia yang ada pada kayu manis, lebih tepatnya kayu manis membantu memperlancar aliran darah ke jantung dan hal ini berarti akan mempercepat kinerja jantung untuk kembali normal. Memanfaatkan kayu manis untuk menyelesaikan masalah ini pun sangat mudah, yaitu kita hanya perlu mencampur satu sendok teh bubuk kayu manis dengan segelas air hangat dan segera diminum lalu kita hanya perlu menunggu beberapa saat hingga detak jantung kita kembali normal.

5. Melakukan batuk

Meskipun kelihatannya sepele, melakukan batuk ketika jantung berdebar adalah salah satu cara yang perlu kita coba lho! Melakukan batuk yang dimaksud di sini tentu saja adalah dengan melakukan batuk keras, dan dipercaya batuk ini dapat mematahkan pola debaran jantung alias membantu jantung untuk kembali bekerja dengan normal dalam waktu singkat. Melakukan batuk akan menambah kekuatan pada dada dan mengembalikan debaran jantung pada detak jantung yang kembali normal.

6. Menghirup nafas panjang

Pertolongan pertama jantung berdebar terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan menghirup nafas panjang dan dalam, dan hal ini sangatlah efektif untuk mengurangi kecemasan serta serangan panik ketika palpitasi terjadi. Melakukan hal ini akan membantu tubuh lerbih rileks dan meningkatkan pasokan okigen ke otak yang dipercaya akan mempercepat kinerja jantung kembali normal. Melakukan hal ini bukanlah suatu hal yang sulit karena yang perlu kita lakukan hanyalah duduk bersila dan perlahan bernafas melalui hidung hingga perut kita mengembang dan mengalami inhalasi. Setelahnya kita pun bisa meghembuskan nafas melalui mulut dan kita bisa melalukan hal ini berulang kali hingga detak jantung kita kembali normal alias hingga palpitasi hilang.

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa pertolongan pertama jantung berdebar yang bisa kita lakukan sewaktu-waktu. Bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan bukan? Setelah mengetahui hal ini, pastilah kita tidak akan panik di kemudian hari ketika palpitasi terjadi. Satu hal yang perlu kita ingat yaitu adalah untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat seperti dengan rutin melakukan olahraga untuk kesehatan jantung untuk mencegah palpitasi muncul atau jenis penyakit jantung lainnnya menghantui kita. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya? Yuk lebih sayangi diri kita darri sekarang!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan