Sponsors Link

15 Cara Pencegahan Jantung Koroner Terlengkap

Sponsors Link

Jantung merupakan alat vital paling utama bagi kelangsungan hidup manusia, menjaga kesehatan jantung sama dengan menjaga kelangsungan hidup. Bagaimana tidak? satu satunya organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja adalah jantung, oleh sebab itu sangat patut bagi kita untuk mencegah jantung terkena berbagai penyakit.

ads

Banyak kematian di dunia diakibatkan oleh penyakit jantung terutama penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang menyebabkan tersumbatnya saluran arteri yang berdampak sangat fatal bagi peredaran darah. Mempunyai penyakit koroner sama dengan mempunyai resiko kematian yang lebih besar dari orang pada umumnya. Oleh sebab itu sangat patutlah bagi kita untuk menjaga agar diri terbebas dari penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang sangat mematikan di seluruh belahan dunia, tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit jantung koroner merupakan pembunuh terbesar yang harus kita waspadai, pasalnya 20% kematian di seluruh dunia diakibatkan oleh penyakit jantung koroner.

Baca juga:

Penyakit jantung koroner yang sangat mematikan ini sering di sebut sebagai penyakit yang membunuh dengan cara diam-diam. Mengapa begitu? Dikarenakan penyakit jantung koroner hanya akan menampakkan wujud aslinya ketika sudah sampai pada tahap susah untuk disembuhkan. Penyakit jantung koroner tidak menimbulkan gejala apapun apabila penyakit ini baru diderita oleh seseorang. Namun apabila sudah sampai pada tahap yang susah untuk disembuhkan maka penyakit ini akan menjadi sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan segera.

Baca juga: Penyebab Jantung Koroner.

Tentu tidak ada orang yang ingin terkena atau bahkan berurusan dengan penyakit jantung koroner yang sangat mematikan ini, lalu bagaimana cara menghindarinya? Tenang pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana pencegahan jantung koroner. Cara mencegahnya tentu bermacam macam, dimulai dari pola hidup sehat sampai kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa Anda terapkan dengan mudah pada kehidupan sehari hari. Untuk mencegah penyakit jantung koroner menghampiri dan mengendap di jantung yang Anda sayangi, maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Air mineral atau yang sering disebut sebagai air putih memang tidak dapat diragukan lagi manfaatnya. Mengkonsumsi air mineral 2 sampai 3 liter per hari dapat menjaga tubuh Anda agar terbebas dari penyakit jantung koroner. Mengapa demikian? Karena air mineral yang dikonsumsi 2 sampai 3 liter perhari dapat memberikan kandungan mineral yang cukup untuk tubuh Anda agar terhindar dari penyumbatan saluran arteri yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

2. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol memang sangat banyak memberikan dampak negatif bagi tubuh manusia, dimulai dari perlambatan sistem syaraf sampai dapat menimbulkan penyakit jantung koroner, mengkonsumsi alkohol harus dihindari bagi Anda yang tidak ingin  berurusan dengan penyakit yang sangat mematikan ini maupun penyakit lain yang menyerang jantung Anda.

Baca juga: Jus untuk Jantung Tersumbat, Manfaat Mengkudu untuk Jantung.

3. Berhenti Merokok

Sama halnya seperti alkohol, merokok juga sangat banyak memberikan dampak negatif pada tubuh manusia. Dimulai dari timbulnya sesak nafas lalu menyebabkan penyakit jantung koroner. Asap yang ditinggalkan oleh rokok tidak hanya terendap pada paru-paru manusia, melainkan juga pada darah manusia. Apabila darah yang tercampur oleh asap rokok ini semakin bertambah setiap di harinya maka akan menyebabkan saluran arteri tersumbat dan akan mengakibatkan penyakit jantung koroner yang susah untuk disembuhkan oleh sebab itu jauhi merokok sebagai langkah awal menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Olahraga Secukupnya

Melakukan kegiatan olahraga tentu tidak dapat dipungkiri sangat banyak memberikan manfaat. Apalagi jika dilakukan secara rutin. Melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, push up, sit up dan berenang sangat baik untuk mencegah diri dari terkenanya penyakit jantung koroner. Namun apabila Anda melakukan olahraga secara berlebihan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan jantung Anda. Oleh sebab itu jika Anda ingin melakukan aktivitas olahraga, saya sarankan Anda melakukan olahraga secukupnya atau sesuai kapasitas yang Anda sanggup dan sesuai dengan kemampuan Anda agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia JantungManfaat Senam Bagi JantungManfaat Yoga untuk Jantung.

Sponsors Link

5. Hindari Stress

Menghindari stress sebagai pencegahan dari penyakit jantung koroner memang sangat baik, pasalnya stress yang berlebihan dapat menghambat metabolisme tubuh yang mengganggu aliran darah ke jantung. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, terutama pada kesehatan jantung. Oleh sebab itu jauhi stress agar terhindar dari penyakit jantung koroner yang dapat menyebabkan kematian.

6. Mengkonsumsi Sayur-sayuran

Mengkonsumsi sayur-sayuran sangat baik bagi kesehatan jantung manusia. Apalagi jika Anda rutin melakukannya, jantung sangatlah membutuhkan kandungan yang dimiliki sayur sebagai nutrisi untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung koroner. Sayur yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah sayur sayuran hijau seperti bayam dan singkong.

Usahakan untuk mengkonsumsi dan menyediakan sayur-sayuran di setiap menu makanan Anda setiap harinya agar jantung terhindar dari penyakit jantung koroner. Selain itu Anda juga harus memilih terlebih dahulu sayuran yang akan Anda konsumsi, pilih sayuran yang segar agar serat dan kandungannya lebih terjaga daripada sayuran yang kualitasnya sudah tidak segar lagi.

Baca juga: Makanan untuk Anak Sakit Jantung.

7. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Menjaga berat badan sangat penting dilakukan apabila ingin terhindar dari penyakit jantugn koroner. Pasalnya penyakit jantung koroner seringkali menghampiri tubuh manusia yang tidak konsisten terhadap berat badannya. Berat badan sangat mempengaruhi kesehatan jantung manusia, oleh sebab itu menjaga berat badan agar selalu dalam kondisi ideal sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit jantung koroner.

8. Rajin Menyikat Gigi

Rajin menyikat gigi merupakan kebiasaan yang harus Anda terapkan mulai dari sekarang. Menyikat gigi minimal sehari 2 kali sangat baik bagi kesehatan jantung manusia sekaligus dapat mencegah dari serangan penyakit jantung koroner. Mengapa demikian? Karena bakteri yang terdapat di gigi sangat berbahaya. Apabila bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan menyumbat saluran arteri sehingga darah tidak dapat mengalir dengan baik sehingga dapat menimbulkan penyakit koroner di masa mendatang.

Baca juga: Enzim Jantung dan FungsinyaBagian-Bagian Jantung.

Oleh sebab itu rajin-rajinlah menyikat gigi agar terhindar dari penyakit jantung koroner. Ada baiknya Anda juga menyertainya dengan berkumur dengan obat kumur agar bakteri bakteri yang masih tersisa di dalam mulut terkuras habis.Jaga selalu mulut Anda agar selalu bersih, guna menghindari diri dari penyakit jantung koroner.

9. Kurangi Mengkonsumsi Daging

Mengurangi bukan berarti tidak boleh, mengurangi mengkonsumsi daging sangat baik sebagai langkah untuk mencegah terkenanya penyakit jantung koroner. Pasalnya mengkonsumsi daging, khususnya daging merah seperti daging sapi dan daging kambing merupakan biang utama yang sangat cepat menimbulkan kolesterol pada tubuh manusia. Kolesterol dapat menyebabkan darah manusia tersumbat pada saluran arteri sehingga mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Baca juga: Manfaat Mengkudu untuk JantungKhasiat Bawang Putih untuk Jantung.

ads

Oleh sebab itu kurangi mengkonsumsi daging merah agar terhindar dari penyakit yang sangat mematikan ini. Konsumsi daging yang dianjurkan adalah 4 ons per minggu, sebab dengan kadar dan takaran 4 ons per minggu tidak akan memberikan dampak negatif apabila anda mengkonsumsinya. Namun bagi Anda penderita darah tinggi sangat dilarang untuk mengkonsumsi daging, terutama daging kambing yang sangat cepat menyebabkan tekanan darah tinggi dan berdampak fatal bagi kesehatan jantung, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

10. Jangan Menahan Emosi

Menahan emosi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, pasalnya menahan emosi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit stroke dan penyakit jantung koroner. Ketika manusia sedang dalam keadaan emosi yang tinggi khususnya pada saat marah atau sedih, darah akan mengalir dari bawah tubuh ke atas secara sendirinya. Apabila emosi yang telah memuncak ini tidak dilampiaskan maka sangat berbahaya bagi jantung dan bagi otak manusia, hal ini dapat menimbulkan penyakit jantung koroner yang amat susah dan sulit untuk di sembuhkan.

Baca juga: Penyebab Murmur JantungMurmur Jantung pada Anak.

11. Sering Beraktivitas yang Membuat Perasaan tenang

Melakukan aktivitas seperti beribadah, membaca buku, menonton dan lain sebagainya dapat menimbulkan perasaan tenang dan memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung. Sering melakukan aktivitas yang membuat perasaan tenang dapat menghindari Anda dari gangguan penyakit jantung koroner yang sangat mematikan. Melakukan aktivitas-aktivitas yang membuat perasaan merasa tenang dapat membuat perkembangan metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan dapat memperlancar aliran darah sehingga membantu untuk mencegah diri dari penyakit jantung koroner. Saya sangat menganjurkan umat muslim rajin melakukan shalat 5 waktu dan di tambah shalat sunnah. Shalat merupakan sumber utama ketenangan jiwa dan terbukti memberikan sangat banyak sekali dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia.

12. Membersihkan Kasur Sebelum Tidur

Kebiasaan membersihkan kasur sebelum tidur sangat baik Anda lakukan untuk mencegah diri dari ancaman penyakit jantung koroner. Sebab membersihkan kasur dari tempat tidur dapat mengurangi risiko masuknya debu debu kecil kedalam tubuh pada saat tidur yang dapat mengakibatkan dada menjadi sesak sehingga jantung tidak berdetak sebagai semestinya yang pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit jantung koroner.

Baca juga:

13. Hindari Makanan yang Menimbulkan Kolesterol

Menghindari mengkonsumsi makanan dengan tingkat kolesterol tinggi, seperti makanan yang mengandung santan dan minyak berlebih tidak baik bagi kesehatan jantung manusia. Sebab mengkonsumsi makanan dengan tingkat koleserol yang berlebih dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit jantung koroner. Menghindari mengkonsumsi makanan dengan tingkat kolestrol yang tinggi merupakan salah satu langkah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, guna terhindar dari penyakit jantung koroner yang dapat menyebabkan kematian seketika bagi penderitanya.

 14. Menjaga Tekanan Darah dan Kandungan Gula

Menjaga tekanan darah dan kandungan gula pada tubuh sangat saya anjurkan bagi Anda yang memang benar-benar serius dalam usaha untuk mencegah penyakit jantung koroner yang sangat mematikan ini. Pasalnya menjaga tekanan darah dan kandungan gula pada darah sangat baik di lakukan, karena dengan menjaga tekanan darah dan kandungan gula, kita dapat mengetahui Anda dapat mengkontrol kesehatan jantung Anda secara keseluruhan. Oleh sebab itu, hal ini sangat baik Anda lakukan guna mencegah penyakit jantung koroner menghampiri jantung anda.

15. Hindari Aktivitas yang Memacu Adrenalin

Menghindari diri dari kelelahan dan memacu adrenalin yang berlebih dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia. Pasalnya memacu adrenalin secara berlebih dapat menimbulkan gejala-gejala sesak yang membuat jantung berdetak secara tidak normal. Hal ini juga akan berakibat sama apabila Anda mengalami kelelahan secara berlebihan. Menghindari diri dari kelelahan secara berlebih sangat membantu Anda dalam mencegah penyakit jantung koroner. Mencegah diri agar tidak kelelahan secara berlebih membuat detak jantung normal dan stabil.

Jantung adalah organ tubuh paling penting dari organ-organ tubuh lainnya. Dengan melakukan pencegahan jantung koroner di atas, semoga jantung Anda selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit. Ingat mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, jantung merupakan tonggak utama bagi kelangsungan hidup semua makhluk terutama manusia. Mencintai jantung sama dengan menghargai kehidupan. Oleh sebab itu cintai jantung Anda agar hidup lebih terjaga. Dengan menjaga jantung Anda, Anda juga menjaga perasaan orang-orang di sekitar Anda. Ingat hidup Anda tidak untuk diri Anda sendiri, melainkan juga untuk keluarga dan orang-orang di sekitar yang menyayangi Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan