Penyakit Jantung pada Wanita : Gejala – Penyebab – Cara Pencegahan

Sama halnya dengan pria, biang sakit jantung pada wanita adalah penyakit jantung koroner atau biasa disingkat PJK. Penyakit jantung koroner (PJK) adalah suatu keadaan ketika terjadi penyumbatan plak ateroma pada arteri koroner yang bertugas menyuplai darah ke otot jantung. Peristiwa ini disebut dengan aterosklerosis. Namun, saat sakit jantung datang, yang dirasakan wanita tidak selalu sama dengan pria. Banyak gejala samar bahkan diam-diam. Sehingga kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang terkena gejala awal sakit jantung. Akibatnya, banyak kasus sakit jantung yang telat penanganan dan berakibat fatal pada penderita.

Akan tetapi, semua itu bukan jadi penghalang untuk para wanita mengetahui lebih detil dan lebih peka lagi akan gejala sakit jantung. Para wanita harus mengenali betul faktor resiko apa saja yang bisa menyebabkan mereka terkena sakit jantung. Sebaiknya, wanita yang berusia di atas 40 tahun melakukan rutin check up ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Tujuannya adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya tekanan darah tinggi atau kolesterol yang tinggi pada wanita tersebut. Karena, ketika seorang wanita berusia lebih dari 40 tahun, ia akan lebih berpeluang terkena darah tinggi atau kolesterol dan penyakit berbahaya lainnya.

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

Gejala-gejala yang harus diketahui oleh para wanita saat mereka terkena sakit jantung adalah sebagai berikut. Diharapkan dengan adanya pengetahuan ini, para wanita akan lebih peka mengetahui perubahan pada diri mereka saat sakit jantung tiba untuk pertama kalinya. Dengan begitu peluang untuk memperpanjang kesempatan hidup akan jauh lebih besar.

1. Nyeri dada. Gejala sakit jantung yang pertama dan paling sering dirasakan oleh wanita adalah nyeri dada. Selain itu, gejala yang satu ini merupakan gejala yang paling umum dan bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali kaum pria. Namun, memang ada beberapa wanita yang merasakan hal berbeda, seperti dada terasa diremas dan dapat terjadi bukan hanya di sisi kiri saja.
  2. Seorang kardiolog Rita Redberg, MD, Direktur di Women’s Cardiovascular Services di Universitas California, San Fransisco menjelaskan bahwa menurutnya seseorang yang terkena sakit jantung akan merasakan seperti ada yang mengikat dada mereka dengan sesuatu yang sangat ketat
  3. Nyeri pada lengan, punggung, leher/rahang. Gejala yang satu ini seringkali terjadi pada wanita daripada pria. Namun gejala ini terjadi secara bertahap atau justru tiba-tiba. Dan akan menghilang dengan sendirinya sebelum tiba-tiba menjadi intens
  4. Sakit perut disertai mual. Sakit perut disertai mual ternyata tidak hanya terjadi pada penderita maag saja, namun tanda-tanda ini juga berlaku bagi mereka yang terkena sakit jantung. Menurut ahli jantung Nieca Goldberg, MD, Direktur Medis Joan H. Tisch Center Women’s Health at NYU Langone Medical Center di New York menjelaskan bahwa pada beberapa kasus jantung wanita mengalami tekanan perut parah seperti gajah duduk
  5. Sesak napas, mual, dan pusing. Goldberg juga menambahkan bahwa seseorang yang terkena sakit jantung akan merasakan seperti baru saja menyelesaikan lari maraton, padahal orang tersebut tidak bergerak sama sekali
  6. Keringat dingin. “Periksakan diri jika Anda biasanya tidak berkeringat seperti itu dan jika Anda berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas seperti cuaca yang panas,” kata Bairey Merz
  7. Penderita sakit jantung akan sering mengeluh kelelahan dada. Mereka mengaku tidak bisa melakukan aktivitas semudah berjalan ke kamar mandi
  8. Sakit kepala. Gejala lain yang mungkin mengikuti para penderita sakit jantung adalah pingsan, perasaan seperti melayang, dan gangguan saat tidur
  9. Penurunan nafsu makan. Gejala ini timbul akibat dari sakit perut disertai dengan mual. Sehingga bukan tidak mungkin jika hal ini akan menimbulkan penurunan berat badan yang drastis
  10. Edema atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Sedangkan gejala yang terakhir ini merupakan gejala paling parah yang akan terjadi pada penderita sakit jantung. Sebaiknya penderita sakit jantung segera memeriksakan diri sebelum kondisi terparah terjadi. Karena bukan tidak mungkin pada saat itu, peluang untuk sembuh akan semakin sempit

Penyebab Penyakit Jantung pada Wanita

Penyebab sakit jantung pada wanita adalah penyakit jantung koroner. Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicu lainnya sehingga seorang wanita lebih berpeluang mengalami sakit jantung dibandingkan dengan kaum pria. Penyebab-penyebab tersebut tidak lain dikarenakan gaya hidup yang salah serta ketidakhati-hatian dalam menggunakan suatu produk tertentu. Penyebab yang dimaksud antara lain:

• Tidak mengatur pola makan

Penyebab yang satu ini adalah penyebab yang paling sering dilakukan oleh kaum wanita. Seiring bertambah majunya jaman dan juga peranan sebagai wanita karir yang sangat menyibukkan, membuat mereka sering lalai dalam memilih dan memilah makanan yang baik dan bergizi untuk mereka. Makanan yang paling sering dikonsumsi adalah makanan cepat saji yang mengandung banyak sekali bahan pengawet serta mengandung lemak tinggi.

Selain itu, tidak diimbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta olahraga rutin. Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus akan menyebabkan timbulnya plak pada dinding pembuluh darah yang bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan dan berujung pada sakit jantung. Makanan yang banyak mengandung lemak contohnya seperti jeroan, gorengan, dan juga daging merah.

• Kebiasaan merokok pada wanita

Merokok rupanya tidak hanya menjadi kebiasaan buruk bagi kaum hawa saja, namun kaum adam juga beberapa diantaranya gemar merokok. Kebiasaan yang merusak jantung ini menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit jantung pada wanita. Karena nikotin pada rokok memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri.

• Tekanan darah tidak stabil

Tekanan darah tinggi menjadi faktor terbesar seorang wanita terkena penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi biasanya dipicu oleh makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi seperti junk food. Selain itu dapat juga dipicu karena mengkonsumsi alkohol dan juga jarang berolahraga.

• Mengkonsumsi pil KB

Selain memiliki sisi positif yaitu untuk menekan terjadinya kehamilan sesuai dengan program pemerintah keluarga berencana, alat kontrasepsi satu ini juga memiliki efek negatif yaitu dapat menyebabkan sakit jantung pada wanita. Sebaiknya pilihlah alat kontrasepsi lain yang lebih aman. Kaum wanita bisa mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter ahli yang

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita Penderita Penyakit Jantung

Saat menderita sakit jantung, sebaiknya seorang wanita memahami hal apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir tingkat keparahan penyakit. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat sakit jantung adalah sebagai berikut:

• Tidak menunda perawatan. Saat sakit jantung tiba, seorang wanita diwajibkan untuk segera melakukan perawatan. Karena apabila terlambat mendapatkan pertolongan sama saja dengan mengurangi kesempatan untuk bertahan hidup
  • Jangan mengemudi sendiri ke rumah sakit. Sebaiknya meminta bantuan orang terdekat untuk membawa Anda ke rumah sakit. atau Anda juga bisa menelpon ambulans untuk segera menjemput Anda jika saat itu Anda sedang sendirian di lokasi kejadian. Mengemudi sendirian saat sakit jantung tiba tidak disarankan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan. Dan juga mengurangi kemungkinan terburuk lainnya
  • Jangan mengabaikan gejala yang dirasakan. Kebanyakan dari penderita sakit jantung sering mengabaikan gejala yang dirasakan. Beberapa alasan yang menyertai biasanya adalah karena gejala sakit jantung mirip dengan gejala penyakit ringan lainnya. Untuk itu diperlukan pemahaman yang menyeluruh mengenai gejala awal sakit jantung agar ketika gejala tersebut timbul, bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

Pengobatan sedini mungkin pada penderita sakit jantung sangat penting. Tujuannya adalah untuk secepatnya mengembalikan aliran darah ke bagian otot jantung yang terkena. Dan juga untuk membantu membatasi kerusakan pada jantung.

Pencegahan Penyakit Jantung pada Wanita

Melakukan pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari sakit jantung pada wanita. Dibandingkan dengan harus merasakan sakit dan serangkaian pengobatan yang menghabiskan banyak biaya. Namun, untuk melakukannya diperlukan komitmen yang tinggi. Terlebih jika kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Sehingga akan menjadi hal yang sulit untuk mengubahnya. Pencegahan yang bisa dilakukan oleh seorang wanita agar tidak terkena sakit jantung adalah sebagai berikut:

• Mengatur pola makan. Pola makan yang baik adalah pola makan yang seimbang. Terutama asupan sayur dan buah harus diperbanyak untuk menyeimbangkan asam dan basa pada tubuh. Tubuh yang terlalu asam akan menyebabkan berbagai macam penyakit datang. Tak terkecuali sakit jantung. Artikel terkait makanan yang menguatkan jantung.
  • Tidak merokok. Tidak hanya bagi wanita saja, namun merokok juga tidak disarankan bagi pria. Bahaya rokok bagi jantung, terutama dari zat nikotin yang menumpuk pada tubuh bisa menyebabkan terjadinya sakit jantung. Selain itu, kandungan lain pada rokok juga tidak akan mendukung kesehatan tubuh
  • Menjaga tekanan darah tetap stabil. Memiliki tekanan darah yang rendah atau pun terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan. Karena setiap ketidakseimbangan tekanan darah akan menyebabkan masalah pada kesehatan. Jika tekanan darah terlalu rendah bisa mengakibatkan pusing. Namun, jika tekanan darah terlalu tinggi juga bisa mengakibatkan sakit jantung
  • Bijak dalam memilih alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi memiliki jenis yang beragam. Antara alat kontrasepsi satu dengan alat kontrasepsi yang lain pasti memiliki efek positif dan efek negatif pada tubuh. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti resiko sakit jantung pada wanita, sebaiknya pilihlah kontrasepsi yang paling aman.

Demikian penjelasan mengenai penyakit jantung pada wanita. Semoga membantu dan jaga selalu kesehatan Anda.

, , ,