Hubungan Diabetes dengan Penyakit Jantung yang Wajib Diwaspadai

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering ditemui pada masyarakat Indonesia selain penyakit jantung, kolesterol, maupun kanker. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia atau yang biasa kita kenal dengan WHO menyatakan bahwa diperkirakan lebih dari dua pertiga atau sekitar 70% dari populasi global akan meninggal karena penyakit tidak menular – yang meliputi kanker, penyakit jantung, stroke, serta penyakit diabetes. Menurut data yang pernah disampaikan oleh Federasi Diabetes Internasional, pada tahun 2015 penderita diabetes di Indonesia mencapai angka 10 juta orang dengan rentang usia antara 20-79 tahun. Suatu kasus penyakit yang cukup luar biasa bukan?

Memangnya apa sih faktor pemicu timbulnya diabetes? Faktornya sendiri bermacam-macam, yaitu:

• Mulai dari pola makan yang kurang sehat, seperti banyak mengonsumsi gorengan – di mana gorengan adalah salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit lain seperti kardiovaskular ataupun stroke
  • Kurangnya jam tidur – hal ini akan mempengaruhi metabolisme tubuh kita dan apabila kita tidur kurang dari 3 jam sehari maka kemampuan tubuh untuk memproduksi glukosa akan menurun drastis
  • Sering mengalami stres – kondisi ini menyebabkan tubuh memproduksi hormon epinephrine dan kortisol berlebih yang kemudian akan berujung pada gula darah kita akan semakin tinggi
  • Kebiasaan merokok ataupun sering mengonsumsi soda yang berisiko untuk menaikkan berat badan dan semakin meningkatkan risiko diabetes datang pada tubuh kita, dan lain-lain.

Mengingat betapa tingginya angka diabetes di Indonesia, pastilah ada beberapa alasan yang menyebabkan angka penderita diabetes ini terus meningkat dari tahun ke tahun, bukannya menurun. Yup benar, selain berbagai faktor ilmiah (seperti pola makan yang kurang sehat ataupun faktor genetik), rendahnya kesehatan masyarakat terhadap penyakit diabetes juga bisa menjadi salah satu penyakit ini terus meningkat. Kok bisa?

Rendahnya kesadaran masyarakat akan suatu penyakit akan membuat mereka tidak menyadari baik buruknya pola makan yang mereka jalani hingga akhirnya mereka mengidap suatu penyakit – dan pada saat itulah masyarakat akan mulai mencari layanan kesehatan terbaik sehingga mereka segera sembuh dari penyakit diabetes. Namun sayangnya tidak semua layanan kesehatan sudah memadai fasilitasnya, dan penanganan yang diberikan bisa terlambat yang justru memperparah penyakit ini dan menimbulkan komplikasi.

Hubungan Diabetes dengan Penyakit Jantung

Seperti yang kita tahu, penanganan suatu penyakit merupakan suatu hal yang sangat penting sehingga kita bisa segera sembuh dari penyakit yang kita derita ataupun meminimalisir risiko terjadinya komplikasi dari penyakit yang kita derita. Hal ini juga berlaku untuk penyakit diabetes, yang berarti apabila penanganannya terlambat maka dapat menyebabkan datangnya penyakit lainnya – seperti penyakit stroke, tekanan darah tinggi, kerusakan saraf, ataupun aterosklerosis dan berbagai jenis-jenis penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok untuk banyak orang dan siapa sangka jika penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita daripada pria. Untuk mencegah penyakit jantung ini menjadi lebih parah yang perlu kita lakukan adalah untuk mengetahui berbagai gejalanya yang mudah untuk diamati seperti:

• Terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada daerah ulu hati
  • Sering mengalami insomnia
  • Mudah untuk mengalami cemas dan panik meskipun situasinya tidak terlalu gawat
  • Mudah cepat lemas meskipun tidak beraktivitas berat
  • Mengalami sesak nafas dan berkeringat berlebihan meskipun dalam kondisi istirahat, dan lain-lain.

Bahkan  baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan American Heart Association menunjukkan bahwa trauma masa kecil atau ketika masa remaja juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung di kemudian hari. Trauma masa kecil di sini meliputi dilukai, intimidasi, mengalami atau menyaksikan kekerasan, dan berbagai pengalaman traumatis lainnya. Bukan hanya tindakan fisik, perceraian orang tua ataupun kematian juga bisa menjadi pengalaman traumatis untuk anak.

Bagaimana kesan kalian tentang penyakit jantung? Sangat berbahaya bukan? Penyakit jantung  sendiri bermacam-macam, mulai dari penyakit jantung koroner,  kardiomiopati dilatasi, dan lain-lain.  Seperti yang kita bicarakan barusan, komplikasi dari penyakit diabetes mampu menimbulkan berbagai penyakit lainnya dan penyakit jantung adalah salah satu di antaranya. Memangnya apa hubungan antara diabetes dengan penyakit jantung? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak yang satu ini:

• Peningkatan kadar gula yang diderita penderita diabetes benar-benar dapat merusak pembuluh darah yang menyalurkan darah ke jantung. Memangnya apa akibatnya jika hal ini terhambat? Kondisi ini menyebabkan pasokan darah pada jantung tidak memadai dan akan menyebabkan jantung bekerja terlalu keras yang berujung pada munculnya rasa nyeri dada yang luar biasa, sesak nafas, bahkan terjadinya aritmia jantung. Bukan hanya itu saja, kondisi ini dapat menyebabkan stroke atau penyumbatan;

• Penderita diabetes berpotensi untuk mengalami gagal jantung meskipun mereka masih dalam rentang usia muda dan begitu pula bagi penderita diabetes tipe 2;
  • Penderita diabetes yang mengalami serangan jantung lebih berisiko berujung pada kematian daripada pada mereka yang bukan penderita diabetes. Kenapa begitu? Kondisi yang dialami penderita diabetes, lebih tepatnya terjadinya tumpukan gula darah akan menjadi sangat tinggi dan akan berujung pada penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah atau yang biasa kita kenal dengan aterosklerosis;
  • Berujung pada terjadinya gagal jantung, kondisi ini merupakan di mana jantung tidak dapat memompa darah dengan baik dan menyebabkan cairan menumpuk dalam paru-paru. Hal ini membuat penderita diabetes mengalami sesak nafas dan cairan yang tidak bisa dikeluarkan dari tubuh ini menyebabkan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, terutama kaki.

Nah itu tadi adalah beberapa hubungan antara diabetes dengan penyakit jantung. Bukan suatu hal yang sulit untuk diingat bukan? Namun satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk memulai pola hidup yang sehat untuk meminimalisir timbulnya berbagai penyakit pada tubuh kita, dan pola hidup yang sehat ini bisa dengan melakukan  olahraga penguat jantung ataupun dengan mengonsumsi makanan yang menguatkan jantung. Nah jadi apa masih pikir-pikir lagi untuk memulai pola hidup yang sehat, mengingat betapa banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari hidup sehat? So, tunggu apa lagi? Yuk kita mulai pola hidup sehat dari sekarang.

, , , ,