Mengapa Jantung Anak Berdetak Kencang Saat Demam?

Demam merupakan kondisi suhu tubuh yang tidak normal bisa saja mencapai lebih dari 37.5 derajat celcius. Demam juga kerap kali disertai dengan keluhan lain seperti dingin dan persendian yang terasa ngilu. Lalu mengapa jantung anak berdetak kencang saat demam?

1. Merupakan gejala demam

Saat tubuh anak Anda terserang demam yang cukup tinggi pada dasarnya bisa menimbulkan gejala lain selain peningkatan suhu tubuh. Salah satunya adalah jantung anak yang berdetak lebih kecang. Sangat perlu Anda ketahui jika sebenarnya gejala ini merupakan kondisi yang wajar di dalami oleh anak. Karena memang saat demam, kondisi jantung anak akan berdetak lebih kencang atau jika dalam dunia medis dinamakan takikardia.

2. Karena anak menderita anemia

Jantung yang berdetak sangat cepat disertai dengan demam juga bisa saja dipengaruhi karena anak menderita anemia. Kondisi ini merupakan gejala anemia terutama saat anak tengah dalam keadaan demam. Hal ini juga merupakan mekanisme yang bisa dianggap alami oleh tubuh. Ketika tubuh kekurangan cukup banyak sel darah merah maka akan mengganggu jantung yang mulai terangsang untuk memompa darah lebih cepat.

Beberapa penyakit lain yang juga menyebabkan demam selain anemia adalah tifoid, demam berdarah dan malaria, sehingga untuk memastikan apa yang mengakibatkan anak demam dan jantung berdetak kencang adalah dengan memeriksakan anak ke dokter.

3. Anak mengalami kondisi dehidrasi

Demam yang di dalami oleh anak biasanya akan mengakibatkan anak terserang dehidrasi atau kekurangan cukup banyak cairan. Jika ternyata anak tidak mengkonsumsi air dengan cukup maka dehidrasi akan semakin parah dan memicu detak jantung yang lebih kencang yang biasanya juga akan diikuti dengan gejala dingin pada bagian kaki.

Ini karena saat tubuh Anda mulai kekurangan banyak cairan maka volume darah serta tekanan darah di dalam tubuh akan semakin berkurang yang kemudian memicu terjadinya jantung berdetak dengan sangat kencang. Untuk bisa mengatasinya, maka anak harus mendapatkan asupan cairan dengan cukup.

4. Tekanan darah anak sangat rendah

Pernah melakukan tes tekanan darah pada anak? Atau bahkan tidak sama sekali? Hati-hati mungkin tekanan darah yang rendah merupakan penyebab mengapa demam anak disertai dengan detak jantung yang sangat kencang. Ini karenan adanya gangguan dari sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter mengenai kondisi anak agar tidak semakin parah.

5. Karena dipicu oleh jenis penyakit lainnya

Demam yang disertai dengan jantung berdetak lebih kencang juga bisa saja dipicu karena penyakit lainnya. Jika ternyata anak Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang jika kambung akan mengakibatkan terjadinya demam, mungkin itu adalah penyebabnya.

Jika kondisi ini di dalami oleh anak biasanya anak diharuskan mengkonsumsi obat yang sudah diresepkan saat sewaktu-waktu anak kambuh dari penyakitnya. Bahkan kondisi penyakit alergi pun bisa saja menjadi penyebabnya, karena alergi akan menampakan gejala yang berbeda pada setiap orangnya.

Jadi, mengapa jantung anak berdetak kencang saat demam? Ini adalah kondisi wajar sebagai reaksi dari demam tersebut jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir tinggal memberikan obat penurun demam saja pada anak. Namun selalin kondisi wajar, bisa juga karena dipicu oleh beberapa penyakit. Sehingga untuk bisa memastikannya sangatlah dianjurkan jika Anda bisa berkonsultasi pada dokter saat anak mengalami kondisi tersebut, karena bisa saja kondisinya lebih parah dari apa yang Anda kira.

, , , ,