Sponsors Link

10 Cara Menjaga Jantung dan Paru-Paru Mudah Diingat!

Sponsors Link

Jantung. Siapa sih yang tidak tahu pentingnya organ yang satu ini? Yup, jantung adalah salah satu organ terpenting yang berada di pusat dada dan memiliki dua bagian, yaitu bagian kanan dan bagian kiri. Fungsi jantung sendiri bermacam-macam, mulai dari menyuplai kebutuhan oksigen untuk kebutuhan tubuh dengan memompanya ke paru-paru, memenuhi kebutuhan nutrisi untuk seluruh tubuh, membuang racun dari dalam tubuh, dan lain-lain. Jantung merupakan organ yang bekerja tiap hari alias bekerja terus menerus sepanjang hari untuk berkontraksi dan mengosongkan isi darah pada jantung – dan hal ini lah yang membentuk detak jantung pada seseorang. Jantung yang berada dalam kondisi normal dan sehat mampu memompa darah hingga 14.000 liter tiap harinya yang pastinya berfungsi untuk menjaga kinerja tubuh tetap optimal.

ads

Lalu apa jadinya jika kondisi jantung ini tidak sehat lagi – alias terjadinya beberapa gangguan pada jantung? Tentu saja hal ini akan berdampak buruk bahkan bisa berdampak fatal – lebih tepatnya berujung pada kematian. Penyakit jantung sendiri bermacam-macam, mulai dari penyakit jantung koroner, gagal jantung, aritmia jantung, dan lain-lain. Apa sih yang sebenarnya menandakan jantung kita sedang dalam kondisi tidak sehat – lebih tepatnya apa sih cara tercepat untuk mengetahui kondisi jantung kita sehat atau tidak? Kita bisa mengamati hal ini dari berbagai gejala penyakit jantung dan untungnya berbagai gejala  ini mudah untuk diamati, seperti rasa nyeri di dada,  keringat yang berlebihan meskipun tidak beraktivitas yang berat bahkan bisa muncul keringat dingin, mudah kelelahan meskipun tidak terlalu banyak beraktivitas, sesak nafas meskipun dalam kondisi beristirahat, sering mengalami mual, dan lain-lain. Selain dengan mengamati gejala yang biasanya muncul, kita bisa melakukan tes kecil-kecilan untuk mengetahui apakah kondisi jantung kita sehat atau tidak. Oh iya? Dengan cara apakah itu?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Heart and Circulatory Physiology menyebutkan bahwa kita bisa mengetahui kinerja jantung masih bagus atau tidak dengan cara menyentuh ujung jari kaki. Kok bisa? Yup, apabila tubuh kita tidak kesusahan alias masih fleksibel untuk menyentuh jari kaki berarti kondisi jantung kita masih sehat. Kita hanya perlu duduk dengan posisi kaki diluruskan ke depan dan apabila kita kesulitan meraih ujung kaki hal ini berarti kemampuan jantung kurang baik atau kurang sehat dan risiko untuk mengalami penyakit jantung pun besar. Apakah hanya jantung organ yang penting untuk tubuh kita? Tentu saja jawabannya tidak! Masih terdapat beberapa organ lainnya yang fungsinya tidak kalah penting dengan jantung – dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari paru-paru.  Memangnya seberapa penting fungsi paru-paru ini untuk tubuh kita?

Eh jangan salah ya! Paru-paru merupakan salah satu organ terpenting yang berada pada sistem pernafasan dan berhubungan dengan sistem peredaran darah – dengan fungsi utama paru-paru adalah untuk menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Apa hanya itu fungsi dari paru-paru? Tentu saja tidak! Paru-paru memiliki berbagai fungsi untuk tubuh seperti layaknya jantung memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh. Lalu apa saja fungsi dari paru-paru ini? Paru-paru sangatlah penting sebagai alat respirasi, mengeluarkan karbondioksida dan uap air dari dalam tubuh, berfungsi untuk mengendalikan pH darah, menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena, menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal, dan lain-lain. Organ yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita bukan?

Mengingat betapa pentingnya kedua organ ini untuk tubuh kita, hal yang perlu kita lakukan adalah untuk menjaga kesehatannya dengan baik sehingga tubuh kita tetap mampu bekerja dengan optimal. Apa jadinya jika kedua organ ini mengalami gangguan? Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kinerja tubuh, mempengaruhi organ lainnya, atau bahkan bisa berujung pada kematian. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara menjaga jantung dan paru-paru yang pastinya mudah untuk dilakukan dan sangatlah efektif. Apa saja ya kira-kira? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

1.Menghentikan kebiasaan merokok

Siapa sih yang tidak tahu tentang bahayanya rokok terhadap kesehatan kita? Yup, rokok merupakan salah satu benda yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya di dalamnya dan apabila digunakan terus menerus akan berdampak negatif. Asap rokok yang dihirup oleh tubuh dapat menyebabkan kanker paru-paru dan berbagai penyakit kardiovaskular. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itulah disarankan kita tidak mengonsumsi rokok sama sekali.

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu hal yang perlu kita lakukan rutin atau bahkan setiap hari untuk menjaga kesehatan kita – khususnya untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga yang dimaksud di sini tidak harus selalu olahraga berat karena yang kita butuhkan adalah untuk mengencangkan otot pernafasan serta otot jantung.  Beberapa olahraga ringan yang bisa kita lakukan adalah jogging, bersepeda, ataupun berenang.

3. Melakukan relaksasi

Relaksasi merupakan suatu hal yang tidak sulit untuk dilakukan dan dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang maupun pendek yang membantu tubuh kita untuk tetap rileks. Bukan hanya itu saja, melakukan relaksasi secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan tentu saja meminimalisir risiko terjadinya gangguan pada jantung dan sistem kardiovaskular lainnya.

4. Menghindari mengonsumsi makanan berlemak

Siapa sih yang tidak tahu bahaya dari lemak jahat? Yup, lemak jahat akan meningkatkan kadar kolesterol seseorang dan menyebabkan pembuluh darah tersumbat yang merupakan akses utama darah ke jantung. Untuk menghindari hal ini terjadi, kita bisa mengurangi mengonsumsi makanan berlemak; seperti mengurangi konsumsi goreng-gorengan, organ hewan, kuning telur, dan lain-lain.

5. Sering mengonsumsi air putih

Air putih merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita – dan oleh sebab itu lah kita perlu memenuhi kebutuhan air kita dalam sehari alias kita perlu mengonsumsi setidaknya dua liter air putih dalam sehari. Air putih sangatlah efektif untuk menjaga kinerja jantung dan paru-paru tetap optimal tiap harinya.

6. Melakukan cek kesehatan secara rutin

Kapan terakhir kali Anda melakukan cek kesehatan? Meskipun kelihatannya sepele, hal yang satu ini tidak boleh dilupakan – mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Cek kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sehingga apabila terjadi gangguan pada jantung dan paru-paru kita mengetahuinya sejak dini dan kita bisa melakukan penanganan sesegera mungkin.

7. Menjaga berat badan tetap ideal

Obesitas merupakan kondisi di mana tubuh kita kelebihan berat badan dan hal ini dapat memicu timbulnya banyak penyakit – dan tidak ketinggalan pula dapat menimbulkan gangguan pada kinerja jantung dan paru-paru. Untuk itulah kita perlu menjaga berat badan kita tetap ideal untuk meminimalisir risiko obesitas pada diri kita. Lalu bagaimana caranya kita melakukan hal yang satu ini? Caranya pun sangat mudah yaitu dengan rutin melakukan olahraga, lebih memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi, dan membatasi snack yang kita konsumsi dalam sehari.

8. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kapan terakhir kali Anda membersihkan ruangan tempat Anda bekerja? Atau kapan terakhir kali Anda membersihkan kamar tidur? Dan kapan terakhir kali Anda mandi? Meskipun pertanyaan ini terdengar sepele, hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan organ kita – khususnya jantung dan paru-paru. Apabila kita tinggal pada ruangan yang tidak higeinis, hal ini akan memicu tubuh kita lebih rentan terhadap penyakit dan bisa saja menimbulkan gangguan terhadap kinerja jantung dan paru-paru. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan? Kita hanya perlu melakukan hal-hal kecil seperti rutin membersihkan ruangan – setidaknya satu kali setiap hari, menghindari tempat yang ramai ketika kita sedang sakit, menggunakan hand sanitizer ketika akan makan ataupun setelah bepergian, dan lain-lain.

9. Menghentikan konsumsi minuman bersoda

Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi minuman bersoda? Namun siapa juga yang tidak tahu minuman bersoda dapat menimbulkan efek yang negatif apabila dikonsumsi secara terus menerus? Yup, mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dapat mengganggu kinerja jantung dan paru-paru dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan terjadinya gagal jantung atau paru-paru tidak berfungsi lagi. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh sebab itulah sebaiknya kita berhenti mengonsumsi minuman bersoda mulai dari sekarang sebelum terlambat.

10. Menjaga pikiran supaya tidak stress

Cara menjaga jantung dan paru-paru yang terakhir adalah menjaga pikiran supaya tidak stress. Memang apa dampak stres terhadap kinerja organ kita? Cara yang satu ini perlu dilakukan mengingat emosi erat kaitannya dengan kinerja berbagai organ yang ada pada tubuh kita. Ketika kita berada pada emosi negatif, seperti sedang dalam kondisi marah, sedih, atau lelah hal ini akan menyebabkan organ bekerja lebih keras dan apabila kondisi ini terus menerus terjadi dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan paru-paru. Kita bisa meminimalisir terjadinya stress dengan cara melakukan relaksasi ataupun yoga.

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa cara menjaga jantung dan paru-paru supaya tetap sehat alias tetap bisa bekerja dengan optimal. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan bukan? Kita bisa melakukan berbagai cara ini disertai dengan melakukan pola hidup yang sehat yang pastinya berfungsi untuk meminimalisir risiko munculnya berbagai penyakit pada tubuh kita. So, apa masih ada alasan lagi untuk memulai hidup sehat? Tunggu apalagi? Yuk kita mulai pola hidup yang sehat dari sekarang!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Medis