Sponsors Link

20 Kebiasaan yang Merusak Jantung dan Wajib Dihindari

Sponsors Link

Jantung merupakan organ yang paling penting bagi tubuh makhluk hidup terutama manusia, memiliki jantung yang sehat merupakan keinginan bagi setiap orang. Jantung yang sehat merupakan bukti bahwa Anda memiliki rasa syukur yang tinggi dalam hal menjaga jantung Anda.

ads

Bila Anda berpikir bahwa menjaga kesehatan tubuh hanyalah menjaga kesehatan fisik luar semata, hal tersebut merupakan pemikiran yang sangat salah. Faktanya kebanyakan orang di dunia tidak sadar bahwa menjaga kesehatan tubuh yang sebenarnya adalah menjaga kesehatan tubuh bagian dalam, terutama bagian jantung. Karena dengan menjaga kesehatan bagian dalam khususnya jantung akan membuat tubuh bagian luar Anda sehat secara otomatis.

Baca juga:

Namun sayangnya kebanyakan orang tidak sadar mereka melakukan hal-hal yang sebenarnya sederhana namun menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan jantung manusia. Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda informasi tentang macam-macam kebiasaan yang merusak jantung dan wajib untuk Anda hindari. Simak beberapa kebiasaan buruk berikut ini:

1. Menonton TV

Sebenarnya menonton TV tidak terlalu berpengaruh bagi kesehatan jantung, namun bila menonton TV dengan jangka waktu yang terlalu lama dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Biasanya kegiatan menonton TV dalam waktu lama dilakukan dengan cara sambil duduk atau tidur, aktivitas ini apabila dilakukan terlalu lama akan membuat aliran darah Anda menjadi tidak lancar sehingga mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Jauhi kebiasaan buruk seperti ini untuk kesehatan jantung Anda di masa mendatang.

Baca juga: Cara Pencegahan Jantung Koroner.

2. Mendengkur

Mendengkur ketika tidur merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hindari, sebab mendengkur ketika tidur dapat membuat kesehatan jantung Anda memburuk. Memang kebiasaan buruk yang satu ini tidak terlalu dominan dalam mempengaruhi kesehatan jantung Anda, namun bila diabaikan bisa membuat jantung Anda mengalami masalah yang serius di masa mendatang.

3. Depresi

Depresi yang terlalu berlebih, tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung, namun juga berpengaruh pada kesehatan tubuh bagian lainnya. Depresi yang terlalu berlebih dapat membuat tekanan darah Anda tidak stabil, yang akhirnya menimbulkan penyakit jantung, dan lebih parah lagi akan menimbulkan penyakit stroke.

Baca juga: Penyebab Jantung Kekurangan Oksigen.

4. Jarang Membersihkan Sela-sela Gigi

Jarang membersihkan sela-sela gigi, merupakan kebiasaan buruk yang harus segera Anda hindari. Karena kotoran atau sisa makanan yang tersangkut di gigi, juga dapat membuat jantung mengalami berbagai penyakit. Bakteri yang menempel di gigi, bisa menimbulkan peradangan dan mengganggu sirkulasi darah, sehingga kinerja jantung pun juga terhambat. Oleh sebab itu jauhi kebiasaan buruk ini agar Anda terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

5. Terlalu Cepat Marah

Marah memang sesuatu yang alami apabila Anda dilakukan pada tempatnya. Namun Anda harus berhati-hati apabila Anda sering melepaskan emosi Anda alias marah di semua tempat. Pasalnya apabila Anda sering melepaskan kemarahan Anda,  maka hal itu akan membuat aliran darah Anda tidak stabil dan cenderung tinggi, ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda.

Baca juga:

6. Tidak Suka Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh, 40% penderita penyakit jantung di seluruh dunia diakibatkan oleh kurangnya asupan dari nutrisi dan vitamin yang di hasilkan oleh sayur. Konsumsilah sayur secara rutin agar jantung Anda selalu dalam keadaan sehat.

Sponsors Link

7. Kebiasaan Makan di Tengah Malam

Kebiasaan makan di tengah malam sering dilakukan oleh muda mudi di Indonesia. Tanpa disadari makan makanan berat di tengah malam sangatlah berbahaya bagi kesehatan jantung manusia. Karena waktu ideal untuk makan malam adalah jam 18.00 sampai jam 21.00. Hindari makan malam melebihi jam tersebut, agar jantung Anda selalu dalam keadaan yang sehat.

8. Sering Memacu Adrenalin

Memacu adrenalin terkadang memberikan suatu manfaat tersendiri bagi kesehatan jantung. Namun apabila Anda terlalu sering melakukannya, maka akan berakibat fatal. Kebiasaan terlalu sering memacu adrenalin dapat membuat jantung mengalami penyakit yang disebut aritmia jantung, dimana penyakit tersebut akan membuat jantung berdetak tidak normal.

Baca juga: Manfaat Yoga untuk Jantung, Manfaat Senam Bagi Jantung.

9. Malas Memeriksakan Diri ke Dokter

Kebiasaan malas memang akan menimbulkan banyak dampak negatif di masa yang akan mendatang. Hal ini juga berlaku pada kesehatan jantung, kebiasaan malas terutama dalam memeriksakan diri ke dokter sangatlah berbahaya pada kesehatan jantung Anda. Sebab setiap penyakit yang Anda alami akan mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Alangkah baiknya bila sebulan sekali, Anda cek kesehatan Anda untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

10. Kecanduan Alkohol

Sering minum alkohol dapat memberikan banyak dampak negatif pada kesehatan tubuh manusia, terutama kesehatan jantung. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat merusak fungsi jantung yang mengakibatkan terjadinya penyakit jantung koroner.

11. Jarang Berolahraga

Olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh, kebanyakan orang mengidap banyak penyakit akibat jarang berolahraga. Tidak perlu sampai melakukan olahraga yang berat, Anda bisa memulai melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau jogging selama 30 menit setiap hari. Baca juga: Olahraga Penguat Jantung.

ads

12. Olahraga yang Berlebihan

Seperti yang saya katakan di atas sebelumnya, olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, namun ingat olahraga yang berlebihan dapat memberikan dampak sebaliknya bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu lakukan kegiatan olahraga secara rutin, namun sesuai dengan kesanggupan Anda masing-masing.

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia Jantung.

13. Sering Mengkonsumsi Daging Merah

Kebiasaan mengkonsumsi daging merah tidak dapat dikategorikan sebagai kebiasaan buruk. Namun sering mengkonsumsi daging merah, seperti daging sapi dan kambing dapat meningkatkan tingkat kolesterol yang ada pada tubuh Anda, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

14. Minum Sambil Berdiri

Minum sambil berdiri merupakan kebiasaan buruk yang dianggap lumrah bagi kebanyakan orang. Minum sambil berdiri akan membuat saraf tubuh yang berhubungan dengan jantung menegang, sehingga merusak fungsi jantung Anda. Jadi hindarilah minum sambil berdiri, bila tidak dalam keadaan terdesak.

15. Merokok

Kebiasaan buruk yang satu ini cenderung terjadi pada laki-laki. Rata-rata pasien penyakit jantung koroner merupakan perokok aktif, oleh sebab itu tinggalkan kebiasaan buruk ini agar terhindar dari penyakit jantung yang sangat berbahaya.

Baca juga: Jus untuk Jantung KoronerSuplemen Jantung Terbaik.

16. Terlalu Memforsir Tenaga

Memforsir tenaga secara berlebihan merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hindari dari sekarang. Karena apabila seseorang terlalu memforsir tenaga secara berlebihan, biasanya detak jantung tidak akan berdetak secara normal, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda.

17. Makan Berlebihan

Terlalu berlebihan dalam makan akan menyebabkan Anda mengalami sesak nafas yang merupakan gejala dari timbulnya penyakit jantung. Makanlah sesuai porsi sewajarnya. Lebih baik Anda berhenti makan, bila merasa sudah kenyang. Bukan hanya jantung saja yang menjadi korbannya, namun sistem pencernaan juga akan bekerja lebih keras untuk memproses makanannya.

Baca juga:

18. Sering Makan Makanan Asin

Makan makanan asin yang berlebihan akan meningkatkan tekanan darah Anda sehingga mengakibatkan hipertensi. Dimana hipertensi dapat memicu datangnya penyakit jantung. Kurangi makan cemilan asin dan mulailah makan makanan yang banyak mengandung serat, vitamin serta mineral.

19. Jarang Mengkonsumsi Buah

Sama halnya dengan sayur, kebiasaan jarang mengkonsumsi buah akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Pasalnya di dalam buah terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan jantung, serta berperan sebagai antioksidan tubuh. Ada banyak cara memakan buah, bisa Anda makan secara langsung dan bisa juga dijadikan sebagai jus.

Baca juga: Buah untuk Jantung BerdebarBuah untuk Jantung KoronerJus Untuk Jantung Bocor.

20. Sering Begadang

Begadang tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Karena organ tubuh dipaksa untuk bekerja, saat seharusnya sudah istirahat. Kerja jantung juga akan lebih keras bila Anda masih terjaga, sedangkan saat Anda tidur adalah waktu jantung untuk recovery, sehingga ketika bangun, Anda alam keadaan segar dan jantung pun berdetak secara normal, karena tidak kelelahan memompa darah. Jadi hindarilah begadang dan usahakan tidur malam selama 6-8 jam per hari.

Itu dia kebiasaan yang merusak jantung dan harus Anda hindari agar jantung selalu dalam keadaan sehat. Bila Anda memiliki gaya hidup sehat, maka bukan hanya jantung saja yang terhindar dari penyakit, namun organ lain pun juga akan terjaga kesehatannya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup