Jantung Berdebar Akibat Tiroid dan Penangannya

Di dunia ini tentu saja tak ada orang yang ingin mengidap penyakit, terutama penyakit jantung. Penyakit jantung itu banyak sekali merenggut nyawa seseorang, bahkan menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia bahkan di dunia. Tak jarang banyak sekali orang yang meninggal, tanpa mengetahui jika dirinya mengalami penyakit jantung sebelumnya. Oleh karena itu mulai dari sekarang Anda harus memperhatikan kondisi dari jantung Anda sehingga bisa mendeteksi penyakitnya sejak dini. Apakah Anda pernah mengalami jantung yang berdebar-debar? Apakah tangan Anda juga gemetar? Bisa jadi Anda sedang mengalami jantung berdebar akibat tiroid. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut maka simaklah ulasannya di bawah ini ya :

Penjelasan mengenai penyakit tiroid

Jika Anda belum mengerti informasi mengenai penyakit tiroid, maka pada poin yang pertama ini kami akan menyampaikan informasi mengenai penyakit tiroid sehingga Anda mengetahuinya. Penyakit tiroid sendiri terletak di bagian bawah leher kita. Sebenarnya tiroid ini ada dua bagian, namun disatukan oleh sebuah jemabatan yang disebut sebagai ismus yang mana ismus tersebut menutupi cincin tulang tenggorokan yang kedua dan juga ketiga. Tiroid sendiri memproduksi hormon tiroksin yang dibutuhkan oleh semua bagian tubuh. Mulai dari pengaturan metabolisme protein, karbohidrat, lemak, dan juga untuk pengaturan suhu tubuh. Hormon tiroksin pula yang bisa mempengaruhi pencernaan otot, sistem saraf, dan juga jantung.

Tiroid ini juga bisa mengalami gangguan, bisa mengalami gangguan hipertiroid atau produksi hormon yang terlalu banyak. Bisa juga mengalami hipotiroid atau produksi hormon yang terlalu sedikit. Hipertiroid ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi karean hormon tiroid yang diproduksi oleh tubuh terlalu banyak dan biasanya menimbulkan gejala. Di Indoensia sendiri, hipertiroid kebanyakan dialami oleh wanita ketimbang pria.

Penyebab dari hipertiroid

Sekarang Anda semua sudah mengetahui bukan apa penyakit jantung tiroid itu dan sudah memahami apa saja ganguan yang bisa menyerang hormon tiroid. Sekarang ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda semuanya mengenai penyebab dari hipertiroid. Perlu Anda ketahui sebelumnya jika hipertiroid sendiri dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Menurut paramedis, hipertiroid sendiri disebabkan oleh penyakit gondok multinoduler toksik, kemudian adenoma toksik, dan juga penyakit Graves. Namun masih banyak penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan penyakit hipertiroid. Oleh karena itu kali ini kami akan membagi penyebab dari hipertiroid berdasarkan dari primer dan sekundernya.

Hipertiroidisme Primer

Hipertitoidisme primer adalah kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang mana jumlahnya cukup karena kelainan pada kelenjar tiroid. Berikut adalah penyebab mengapa Anda bisa  mengalami hipertiroidisme primer :

• Gondok multinodular toksik
  • Kanker tiroid
  • Kelebihan litium
  • Kelebihan iodium
  • Penyakit graves

Hipertiroidisme Sekunder

Lalu hipertiroidisme sekunder merupakan salah satu hal yang terjadi ketika kelenjar tiroid dalam keadaan yang normal, tetapi tidak dapat menerima hormon TSH atau tiroid yang cukup dari kelenjar pituitari. Berikut penyebab mengapa orang bisa mengalami hipertiroidisme sekunder :

• TSH-Secreting tumor
  • Resistensi hormon tiroid
  • Tirotoksikosis pada kehamilan, biasanya terjadi pada trimester pertama

Gejala jantung berdebar akibat tiroid

Jantung yang berdebar tak bisa selalu menandakan jika Anda mengalami penyakit jantung ya, jantung yang berdebar bisa juga menunjukkan jika Anda mengalami penyakit yang berhubungan dengan tiroid. Jika Anda sering merasakan jantung yang berdebar-debar maka kami menyarankan supaya Anda mulai saat ini memperhatikannya. Karena bisa jadi Anda mengalami jantung karena gangguan atau masalah tiroid. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda rasakan jika mengalami tiroid yaitu gangguan htipertiroid. Berikut adalah beberapa gejalanya :

• Jantung yang bermasalah

Jika Anda mengalami gangguan tiroid atau hipertiroid maka biasanya Anda akan mengalami gangguan atau masalah pada jantung. Jantung akan menimbulkan beberapa gejala seperti misalnya jantung yang berdebar, kemudian hipertensi, gangguan irama jantung (jantung bisa menjadi cepat detaknya atau juga bisa melambat dan disebut sebagai aritmia jantung), tak hanya itu bisa sampai mengalami gagal jantung.

• Berat badan yang menurun

Jika Anda mengalami tiroid maka berat badan Anda  juga akan ikut terpengaruh ya. Biasanya Anda akan mengalami penurunan berat badan juga. Jadi Anda bisa curiga jika berat badan tiba-tiba menurun.

• Psikis

Tak hanya muncul gejala pada fisik saja, Anda bisa mengetahui juga apakah mengalami tiroid melalui gejala psikis. Selain jantung yang sering berdebar, biasanya orang yang mengalami tiroid juga akan mengalami gangguan psiskis seperti misalnya labil, sulit tidur atau mengalami insomnia, tangan yang gemetaran, dan juga lebih mudah tersinggung.

• Mudah lelah

Ketika Anda mengalami tiroid maka biasanya Anda akan merasa mudah lelah. Jika Anda merasa mudah lelah maka istirahat saja ya. Jangan memaksakan kehendak dan bekerja lebih lama lagi karena itu bisa memperparah gejala tiroid. Sebaiknya istirahatlah dengan tenang ya!

• Gejala pada kulit

Orang yang mengalami tiroid biasanya akan juga merasakan beberapa gejala pada kulitnya. Orang yang mengalami penyakit yang berhubungan dengan tiroid biasanya akan mengalami kulit yang basah, kemudian muncul keringat yang berlebihan, dan biasanya rambut menjadi rontok.

Cara mengatasi

Jika sudah mengetahui informasi mengenai gejalanya, sekarang kami akan memberitahukan informasi mengenai cara mengatasinya. Langkah yang terutama adalah Anda harus memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa mengetahui apa memang mengalami tiroid atau tidak. Untuk mengatasi tiroid maka Anda harus mengkonsumsi obat tiroid yang telah diberikan oleh dokter, biasanya obat tiroid itu adalah Tirostika. Pengobatan penyakit jantung tiroid ini harus Anda ketahui sehingga tiroid yang Anda alami bisa segera sembuh total.

Itu tadi beberapa informasi penting yang bisa kami berikan mengenai jantung berdebar akibat tiroid. Semoga artikel yang kami berikan ini berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya! Jika merasa jantung berdebar dengan gejala di atas maka kami sarankan untuk segera memeriksakan diri ya.

, , , , ,