Sponsors Link

3 Manfaat Cuka Apel untuk Jantung Koroner dan Cara Pembuatannya

Sponsors Link

Apple cider vinegar atau yang biasa disebut cuka apel adalah salah satu jenis cuka yang tentu saja terbuat dari apel, tepatnya sari dari buah apel. Jenis cuka ini mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari cuka apel ini adalah sebagai obat alternatif yang tergolong kepada obat herbal. Bahkan pengobatan modern pun sudah mulai melirik penggunaan cuka apel sebagai obat untuk berbagai penyakit, termasuk jenis-jenis penyakit jantung.

ads

Hal ini dikarenakan meskipun telah banyak alat medis dan juga pengobatan yang canggih, obat atau ramuan herbal juga dapat diandalkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan melakukan pengobatan canggih yang rata-rata membutuhkan banyak biaya. Bahkan ada beberapa jenis obat herbal yang bisa anda buat sendiri di rumah, salah satunya adalah cuka apel ini.

Cara Pembuatan Cuka Apel

Jika anda belum pernah melihat cuka apel, cuka apel biasanya terlihat berwarna kuning muda hingga coklat transparan. Ada pula jenis cuka apel yang masih memiliki ampas (unfiltered). Dimana ampas itu sebenarnya adalah biang cuka atau biasa disebut dengan mother of vinegar. Cara pembuatan cuka apel ini pun tergolong mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Anda hanya perlu memotong apel menjadi bagian-bagian kecil, menambahkan gula, untuk kemudian merendamnya dengan air sampai tenggelam seluruhnya.
  • Diamkan rendaman apel tersebut selama satu minggu.
  • Setelah itu, pisahkan ampas dengan air cuka. Masukan cuka ke dalam botol tertutup dan simpan selama enam minggu untuk mendapatkan cuka yang matang sempurna.
  • Simpan dalam suhu ruangan untuk menjaga cuka apel anda.

Cuka apel berbahan dasar apel masak yang difermentasi melalui proses yang cukup ketat ini bertujuan untuk menghasilkan produk akhir yang terbaik.

Penggunaan cuka apel ini pun tergolong mudah. Karena sifatnya yang asam, cuka apel dianjurkan dikonsumsi dengan cara diencerkan. Anda bisa mengencerkannya dengan air ataupun jus sesuai dengan selera anda. Jika anda merasa terlalu asam, anda bisa menambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Anda bisa mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan gula atau madu kedalam segelas air putih. Selain itu anda juga bisa menambahkan cuka apel kedalam makanan anda.

Kandungan dan Manfaat Cuka Apel untuk Jantung

Sebelum dikenal di Indonesia, cuka apel sudah lebih dulu dikenal di Malaysia dan juga Cina. Cuka apel terkenal sebagai obat alternatif penyakit jantung, hipertensi, dan juga stroke. Secara umum hal ini dikarenakan karena cuka apel memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh manusia. Cuka apel mengandung antioksidan asam chlorogenic yang telah terbukti mengontrol kadar lemak jahat LDL dalam proses oksidasi. Dimana proses ini sangat penting untuk menghindarkan jantung dari berbagai jenis penyakit.

Manfaat cuka apel untuk jantung sendiri didukung oleh beberapa kandungan lain di dalam cuka apel. Berikut adalah manfaat cuka apel untuk jantung berdasarkan kandungannya:

  • Kalium

Kalium berfungsi sebagai pengencer darah alami. Ini disebabkan karena kalium dapat memecah lemak dan protein dalam darah yang menyebabkan darah menjadi kental. Selain itu, kalium juga akan memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh, sehingga arteri anda akan menjadi lebih sehat. Lemak yang dipecah oleh kalium juga akan mengurangi jumlah lemak yang menempel di dinding arteri. Kalium juga akan menjadikan arteri menjadi lebih elastis, sehingga resiko stroke hipertensi, dan juga serangan jantung akan berkurang.

  • Pektin dan Asam Amino

Selain kalium, cuka apel juga mengandung pektin dan juga asam amino. Kedua zat ini berfungsi sebagai unsur pertahanan untuk melawan lemak jahat atau LDL secara alami. Lemak jahat atau LDL ini dapat meningkatkan resiko berkembangnya plak atheromatous, yaitu plak yang menyebabkan penyumbatan arteri dan juga menyebabkan arteri menjadi keras. Pektin sendiri berfungsi sebagai penyerap si lemak jahat atau LDL dan juga lemak. Pektin akan mengeliminasi kedua jenis zat lemak tersebut melalui proses eksresi alami. Sedangkan asam amino bertugas sebagai zat yang akan membakar si lemak jahat atau LDL.

Sponsors Link

  • Asam malat dan asam tartrat (tartaric acids)

Di dalam cuka apel juga terkandung dua jenis asam yang bermanfaat, yaitu asam malat dan asam tartrat. Kedua asam ini berfungsi sebagai zat yang membantu pemecahan makanan yang telah dikonsumsi sehingga baik untuk pencernaan dan juga sebagai zat yang mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Asam malat dan asam tartrat juga dapat mengurangi kadar trigiserida di dalam darah. Ketika lemak dan trigliserida berkurang, resiko akan penyakit jantung pun akan berkurang. Selain itu, kedua jenis asam ini juga dapat memperlancar proses peredaran darah. Oleh sebab itu, pekerjaan arteri akan menjadi lebih ringan.

Dengan bantuan ramuan yang melibatkan cuka apel di dalamnya, banyak pasien penyakit jantung koroner terbebas dari operasi pasang ring jantung, operasi Angioplasty ataupun operasi bypass jantung. Ini sudah menjadi bukti khasiat dari cuka apel itu sendiri.

Segala penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan dapat dibantu penyembuhannya dengan mengkonsumsi cuka apel. Hal ini karena fungsi dari cuka apel adalah mengikis plak yang menjadi penyumbat arteri .Bahan-bahan herbal lain seperti bawang, jahe, dan lemon juga dapat digabungkan dengan cuka apel. Bahan-bahan herbal ini memang dapat bersinergi untuk memerangi penyumbatan-penyumbatan dan juga pengapuran dalam arteri.

Jahe sendiri dapat mengurangi penggumpalan darah dalam tubuh anda, sehingga sirkulasi darah akan menjadi lancar, jantung pun akan menjadi lebih sehat. Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk jantung anda. Kolaborasi antara cuka apel dengan bahan-bahan herbal lain tersebut dapat anda jadikan alternatif pencegahan dan bahkan pengobatan penyakit jantung anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman