Sponsors Link

Titik Akupuntur Jantung Koroner dan Tips Melakukannya

Sponsors Link

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang paling popular di Indonesia. Selain itu, penyakit jantung koroner ini pun banyak menyebabkan kematian bagi si penderita, khususnya mati mendadak pada seseorang.

ads

Berdasarkan data yang didapat dari WHO, penyakit kardiovaskuler merenggut hingga 17,7 juta jiwa per tahun. Dari total angka kematian tersebut, lebih dari setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kematian oleh penyakit jantung akan terus meningkat hingga mencapai angka 23,3 juta jiwa pada tahun 2030 nanti.

Biasanya, masalah jantung dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu, hal utama yang harus diperhatikan untuk menghindari penyakit jantung koroner ialah mengubah gaya hidup Anda. Berikut gaya hidup yang bisa Anda terapkan untuk mencegah penyakit tersebut :

  • Rutin olahraga : setidaknya sempatkan diri Anda untuk berolahraga selama tiga puluh menit sehari, minimal lakukan lima hari dalam satu minggu. Hal ini dapat membantu Ana meningkatkan kebugaran jantung, menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan menjaga berat badan tetap sehat dan ideal. Olahraga ringan untuk kesehatan jantung yang bisa dilakukan ialah berjalan kaki, jogging, nasik sepeda, berenang, dan yoga. Olahraga lainnya pun boleh tergantung dari kondisi masing-masing individu itu sendiri.
  • Perbanyak minum air putih agar dapat membantu dan menjaga kesehatan jantung.
  • Perbanyak makan buah dan sayur agar dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah karena pada buah dan sayur terdapat banyak serat. Makanan untuk mencegah penyakit jantung memang banyak macamnya, namun asupan serat pada buah dan sayur lebih mudah untuk ditemui dan dikonsumsi sehari-sehari. Makanan yang mengandung serat dapat membantu Anda dalam mengelola berat badan agar tetap ideal dan sehat. Asupan serat itu sendiri bisa didapatkan dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan. Untuk kelompok buah-buahan yang tinggi serat terdiri dari alpukat, apel, pir, dan pisang. Sedangkan untuk kelompok sayuran yang tinggi serat seperti brokoli, wortel, dan bayam. Makanan lainnya yang tinggi serat seperti  gandum utuh, kacang merah, kacang kedelai, beras merah dan susu rendah lemak atau bebas lemak
  • Berhenti merokok karena merokok dapat meningkatkan tekanan darah sehingga memungkinkan merusak pembuluh darah. Oleh sebab itu, jika Anda merupakan perokok berat, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk Anda dari sekarang demi kesehatan jantung Anda. Begitu pun dengan Anda yang bukan perokok, hindari paparan asap rokok karena perokok pasif akan lebih berbahaya daripada perokok aktif itu sendiri.

 “Bagaimana jika sudah terlanjur terkena penyakit jantung?”

Ya, selain obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, saat ini sudah ada pengobatan tradisional atau terapi untuk penyakit jantung berupa Akupuntur. Rasanya pengobatan akupuntur sudah tidak asing lagi di telinga khalayak umum, khususnya masyarakat Indonesia.

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang berasal dari Negara Cina yang sudah ada lebih dari tiga milenial. Menurut istilah, kata akupuntur berasal dari kata acus  yang berarti jarum dan punctura yang berarti tusukan. Sedangkan menurut bahasa, akupuntur berasal dari kata cen ciu yang artinya merupakan gabungan dari praktik akupuntur itu sendiri dan moksibusi. Namun pada umumnya, masyarakat mengetahui bahwa pengobatan akupuntur ini dilakukan dengan menusukkan jarum halus ke kulit pada area-area khusus di bagian tubuh manusia yang disebut accupoint untuk menimbulkan suatu efek khusus.

Cara kerja akupuntur berdasarkan teori meridian (saluran energy yang kasat mata). Hal ini bersesuaian dengan  teori meridian itu sendiri yang meliputi chi (atau qi, ki, energy vital) dan darah bersikulasi di dalam tubuh melalui system saluran (meridian) yang kemudian menghubungkan organ-organ dalam dan organ luar pada tubuh. Aliran chi dan darah tersebut diatur oleh jarum akupuntur pada area meridian karena mendapat rangsangan sebelumnya sehingga dapat pula mengatur penyakit yang ada.

Titik-titik akupuntur bisa menyalurkan energy untuk memperbaiki ketidakseimbangan yang ada pada tubuh Anda. Teknik akupuntur menggunakan jarum halus dan tumpul sehingga tidak menimbulkan defek nyeri yang bermaknsa. Salah satu teori efek pengurangan nyeri dari akupuntur adalah endorphin, yaitu sejenis morfin yang diproduksi oleh tubuh yang punya efek mengurangi nyeri. Akupuntur sangat aman dan tanpa efek samping bila dilakukan oleh akunpunturis yang mempunyai spesialis di bidang ini.

Pada kasus jantung koroner, metode akupuntur melibatkan titik-titik organ tertentu yang berhubungan langsung dengan sirkulasi, yaitu jantung, paru-paru, dan ginjal. Pemberian jarum akupuntur pada lokasi organ-organ tersebut dapat mengendalikan rasa sakit karena penyempitan koroner maupun tegangan pembuluh darah koroner itu sendiri. Di samping itu, akupuntur juga mampu melakukan perawatan gangguan irama jantung.


Berikut titik-titik meridian atau titik akupuntur jantung koroner , yaitu :

  • Meridian Jantung : Jarum akupuntur diletakkan pada organ jantung agar dapat merangsang system kerja jantung secara normal. Perjalanan pertama meridian adalah jantung itu sendiri atau bisa dikatakan titik akupuntur jantung koroner bermula pada meridian jantung.
  • Meridian Selaput Jantung (Pericardium) : Jarum akupuntur akan merangsang kerja selaput jantung (Pericardium), sehingga efeknya lebih kuat apabila pemberian jarum pada titik meridian jantung. Perjalanan meridian pada organ ini dimulai dari rongga dada lalu terhubung ke selaput jantung
  • Meridian Paru : Jarum akupuntur akan merangsang organ paru secara postif, tidak hanya untuk kinerja paru itu sendiri namun juga oksigensi darah. Dengan demikian, sirkulasi antara jantung dan paru akan dapat berkerja secara maksimal.
  • Meridian Ginjal : Jarum akupuntur akan merangsang meridian pada organ ginjal hingga berguna untuk memperkuat efek rangsangan yang diberikan secara bersama-sama pada meridian jantung, selaput jantung (Pericardium), dan paru-paru.

Kombinasi titik-titik akupuntur pada keempat meridian ini akan saling menguatkan satu sama lain sehingga sangat berguna dan mendukung kinerja organ jantung.

Sebelum melaksanakan teknik akupuntur, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Berkonsultasilah ke dokter atau terapis terlebih dahulu tentang keluhan Anda secara keseluruhan
  • Berhati-hatilah dalam mengatasi kemungkinan kerusakan pembuluh darah bagi organ yang keadaan tubuhnya mempunya resiko mudah memar dan berdarah
  • Sebaiknya tidak melakukan terapi akupuntur bagi wanita hamil
  • Perhatikan kesterilan jarum yang digunakan pada akupuntur untuk menghindari perpindahan penyakit dan infeksi bakteri dari pasien akupuntur lainnya.
  • Perawatan sebaiknya dilakukan sebanyak sepuluh kali dalam satu paket atau lebih

Selain menggunakan jarum, teknik akupuntur juga bisa digantikan dengan akupresur. Akupresur ialah nama lain dari pijat berdasarkan titik akupuntur. Akupresur menggunakan teknik moksibusi yaitu semacam dupa berbentuk lisong yang dibakar dan didekatkan pada titik-titik akupuntur. Selain itu akupresur juga dapat digabungkan dengan aliran listrik dimana aliran tersebut akan dihubungkan ke pangkal jarum yang mampu menimbulkan getaran-getaran halus.

Efek terapi akupuntur bisa bervariasi pada setiap individu, yang artinya antara satu pasien dengan pasien akupuntur lainnya akan berbeda dampaknya, tergantung dari tingkat keparahan penyakit dan respon tubuh masing-masing pasien.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan