Sponsors Link

4 Manfaat Air Putih untuk Jantung yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Air merupakan komponen utama dalam tubuh yang memenuhi tubuh sebanyak 60-70 persen dan beberapa organ tubuh juga mengandung air seperti paru-paru, darah, kulit, serta tidak ketinggalan otak. Siapa sih yang tidak tahu betapa pentingnya memenuhi kebutuhan air dalam sehari? Yup air merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari dan setidaknya dalam satu hari kita membutuhkan minimal 2 liter air putih atau 8 gelas. Sebenarnya apa sih fungsi air untuk tubuh kita?

ads

Sebelum kita mengetahui apa sih sebenarnya fungsi air untuk tubuh kita, ada baiknya kita juga ingat jika semakin banyak aktivitas kita berarti semakin banyak pula asupan air yang kita butuhkan. Fungsi air untuk tubuh sangatlah penting, antara lain untuk menjaga suhu tubuh, memperlancar pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kelembaban kulit, pelumas sendi, dan lain-lain. Kebayang kan tentang betapa pentingnya air untuk tubuh kita dan apa yang bakal terjadi jika kita tidak memenuhi kebutuhan air dalam sehari?

Siapa sangka jika air bukan hanya bisa membantu tubuh kita berfungsi secara normal tapi juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, dan salah satunya adalah untuk penyakit jantung. Lho kok bisa? Memangnya apa manfaat air putih untuk jantung? Apakah ada penjelasan ilmiahnya kenapa air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita? Nah daripada penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Memperlancar sistem peredaran darah

Bukan suatu hal yang asing lagi jika kita mendengar bahwa serangan jantung disebabkan tersumbatnya sistem peredaran darah. Namun tahukah kalian jika air berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan hal ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan oksigenisasi jaringan serta mencegah kekakuan pada otot? Air juga berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri dan membuat tubuh semakin rileks.

2. Meminimalisir risiko penyakit jantung koroner

Seperti yang kita tahu, jenis penyakit jantung bermacam-macam dan memiliki gejala serta permasalahannya sendiri-sendiri. Salah satu jenis-jenis penyakit jantung adalah penyakit jantung koroner dan hal ini bisa dihindari bagi kita yang masih sehat hanya dengan segelas air putih. Kok bisa? Yup, salah satu penelitian di Universitas Loma Linda di Amerika Serikat menyatakan bahwa orang yang lebih dari 5 gelas sehari lebih beresiko rendah memiliki penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang mengonsumsi air putih kurang dari 2 gelas sehari.

3. Menipiskan pembuluh darah

Apa sih pentingnya point yang satu ini? Air putih yang diserap oleh tubuh akan masuk ke dalam aliran darah dan hal ini berfungsi untuk menipiskan pembuluh darah, dan hal ini juga bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya bekuan darah. Bukan hanya rutin mengonsumsi air putih yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung kita, namun sebaliknya kita juga ingat dan paham betapa pentingnya untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk jantung agar kesehatan jantung kita tetap terjaga.

Sponsors Link

4. Menyehatkan jantung

Seperti yang kita bahas di point-point sebelumnya, air putih sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kita dan sangatlah penting untuk kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi air putih akan mengoptimalkan kinerja dari usus besar sehingga darah bersih lebih cepat diproduksi. Darah bersih dan baru ini sangat penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan sehingga mengonsumsi air putih sangatlah dibutuhkan dalam keseharian kita.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat air putih untuk jantung yang bisa kita dapatkan dengan cara mengonsumsi air putih secara rutin – dan pastinya memenuhi kebutuhan air untuk tubuh kita dalam sehari-hari. Untuk menjaga jantung tetap sehat, pastinya kita bukan hanya perlu untuk memenuhi kebutuhan air, tapi juga dengan berbagai kegiatan lainnnya seperti melakukan olahraga ringan untuk kesehatan jantung ataupun dengan memulai gaya hidup jantung sehat. Nah apa lagi yang ditunggu untuk menjaga jantung kita untuk tetap sehat? Sangat mudah untuk diingat dan dilakukan bukan? Yuk kita mulai pola hidup yang lebih sehat mulai dari sekarang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman