Apakah Sakit Maag Bisa Membuat Jantung Berdebar Kencang?

Maag merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan kita dan biasanya menyerang pada organ lambung. Gangguan yang terjadi pada lambung ini sering kali kita sebut dengan gastritis. Ketika maag ini kambuh, kita akan merasakan rasa nyeri yang luar biasa dan biasanya cenderung terjadi pada daerah ulu hati – bahkan bisa sampai bagian dada depan ataupun punggung. Lalu kapan biasanya maag ini kambuh? Maag biasa kambuh saat lambung kita dalam keadaan kosong ataupun setelah lambung kita mencerna makanan dan tidak terisi selama beberapa jam.

Apa sih yang menyebabkan penyakit maag ini timbul? Faktor pemicu atau penyebab penyakit maag ini sendiri ada banyak, seperti pola makan yang tidak teratur – alias kondisi lambung yang kosong dalam jangka waktu yang lama, jenis makanan yang terlalu asam atau pedas, mengalami stres yang disebabkan oleh beberapa hal dan kondisi ini menyebabkan kadar asam lambung meningkat, bahkan juga bisa disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi alkohol maupun rokok.

Apakah penyakit maag ini sama berbahayanya dengan jenis-jenis penyakit jantung – atau penyakit lainnya yang dapat berujung pada kematian? Yup, penyakit maag ini juga dapat menyebabkan kematian seperti halnya penyakit jantung ataupun stroke, dan tentu saja juga berakibat fatal pada kesehatan lambung kita. Kenapa begitu? Penanganan maag yang terlambat akan menyebabkan radang pada lambung semakin parah dan bisa saja berujung pada lambung yang berdarah. Pendarahan pada lambung ini bisa menyebabkan lambung bocor dan berujung pada kematian. Sangat mengerikan bukan?

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai hubungan penyakit maag dengan penyakit jantung – lebih tepatnya apakah sakit maag bisa membuat jantung berdebar? Lho memangnya apa hubungan dari kedua organ ini? Satu hal yang kita tahu pasti adalah kedua organ ini merupakan organ yang sangat vital untuk tubuh kita dan apabila terjadi gangguan pada salah satu organ ini maka kinerja tubuh kita pun menjadi tidak optimal. Lalu, apa sebenarnya hubungan dari dua hal ini? Simak penjelasan berikut ini:

1. Timbulnya rasa nyeri pada dada

Penderita penyakit maag – lebih tepatnya penderita penyakit maag yang sudah akut sering kali disamakan dengan penderita penyakit jantung. Kenapa begitu? Gejala yang dialami oleh penderita kedua penyakit ini kurang lebih sama, yaitu seperti penderita maag yang mengalami sesak nafas pada bagian sekitar dada hingga rasa nyeri yang sangat hebat dari bagian ujung bawah tulang dada dan hingga daerah sekitar pusar.

2. Timbulnya sesak nafas

Bukan hanya itu saja, gejala berikutnya yang sering kali dikaitkan antara maag dengan penyakit jantung adalah detak jantung yang berdebar, dan sering kali gejala yang satu ini menyebabkan penderita salah mengenali antara penyakit maag dan penyakit jantung. Debaran jantung dan sesak nafas yang biasanya dialami penderita maag ini karena asam lambung yang naik ke bagian atas tubuh dan pembesaran volume ruang pada lambung ini disebabkan gas yang menekan jantung dan paru-paru yang berujung pada rasa sesak di bagian dada.

3. Waktu terjadinya jantung berdebar

Kondisi jantung berdebar atau yang biasa kita ketahui dengan palpitasi ini biasa terjadi saat kita dalam kondisi berbaring terlentang, membungkuk, ataupun justru muncul saat kita menyelesaikan aktivitas makan kita. Jantung berdebar ini tidak dialami oleh setiap penderita sakit maag dan biasanya dialami oleh mereka yang terlambat menangani penyakit maagnya. Kondisi ini bisa terjadi karena asam lambung yang naik mengiritasi saraf vagus di mana saraf ini berfungsi untuk mengatur detak jantung.

Nah itulah tadi jawaban apakah sakit maag bisa membuat jantung berdebar. Untuk memastikan betul, penyakit apa yang sebenarnya kita miliki kita bisa ke dokter atau klinik terdekat dan tentu saja melalui berbagai prosedur medis. Prosedur medis yang dimaksud di sini pun bisa bermacam-macam, mulai dari rontgen dada, pemeriksaan echo jantung, ataupun dengan melalui tes EKG. Fungsi EKG jantung maupun tes jantung paling akurat lainnya juga bermanfaat untuk mengetahui kesehatan kondisi jantung kita. Sehingga dapat melakukan pencegahan dan penanganan bila ditemukan gejala penyakit jantung.

Cara Mengatasi Penyakit Maag

Lalu sebenarnya bagaimana penanganan penyakit maag yang paling tepat? Penderita maag paling sering mengonsumsi obat karena hal ini merupakan salah satu hal yang paling manjur dan tercepat untuk mereka sehingga pada kala apapun maag kambuh maka penanganannya tidak akan terlambat. Obat yang biasanya dikonsumsi oleh penderita maag adalah antasida ataupun antagonis reseptor H2 (H2RA) yang berfungsi untuk menetralkan atau mengurangi jumlah asam lambung, prokinetik, bahkan bisa saja dengan mengonsumsi obat anti depresan.

Tentu saja penyakit maag bukan hanya bisa ditangani dengan konsumsi obat, namun juga melalui gaya hidup yang sehat. Apa sih yang dimaksud dengan gaya hidup sehat di sini? Hal ini pun bermacam-macam jenisnya, yaitu:

• Mulai dari pola makan yang sehat alias menghindari makan-makanan yang dapat memicu maag kambuh atau lebih mengatur pola makan
  • Mengurangi konsumsi zat kafein ataupun alkohol
  • Serta yang paling penting adalah menghindarkan atau meminimalisir berinteraksi dengan hal-hal yang dapat memicu stres pada diri kita

Nah jadi apa yang kalian tunggu untuk memulai pola hidup dan gaya hidup jantung sehat? Berbagai manfaat sudah menunggu pastinya jika memulai pola hidup yang sehat bukan? Yuk kita mulai dari sekarang.

, , , ,