Sponsors Link

20 Manfaat Yoga untuk Jantung dan Pose Yoga yang Dapat Dilakukan

Sponsors Link

Yoga merupakan fenomena masa kini yang sedang populer, tidak hanya bagi para pecinta kesehatan saja, tetapi juga bagi semua orang yang mungkin tidak begitu peduli pada kesehatannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berlatih yoga hanya karena ingin terlihat keren dan mengikuti tren yang sedang berkembang pada masa sekarang. Padahal, jika dikulik lebih dalam lagi ternyata banyak sekali kegunaan dari yoga untuk kesehatan, termasuk manfaat yoga untuk jantung.

ads

Yoga awalnya berasal dari daerah India, dan merupakan salah satu ajaran lama dari filsafat Hindu. Menurut bahasa Sansekerta, yoga memiliki makna sebagai penyatuan, bisa dianggap sebagai penyatuan dengan alam atau bahkan penyatuan dengan Tuhan. Sesuai dengan namanya, latihan ini berfokus pada pemusatan pikiran untuk mengontrol seluruh bagian tubuh, dengan tujuan untuk bisa menyatukan diri dengan lingkungan sekitar.

Baca juga: Detak Jantung NormalCara Cek Kesehatan Jantung, Bagian-Bagian Jantung.

Latihan yoga terdiri dari kegiatan fisik dan spiritual. Mulai dari latihan untuk mengatur pernafasan, olah tubuh, sampai teknik meditasi. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Itulah salah satu manfaat yoga untuk jantung, yaitu untuk meningkatkan kesehatan dari para penderitanya.

Selain itu, yoga cukup aman untuk dilakukan para pengidap penyakit jantung karena gerakannya yang terbilang ringan, berbeda dengan jenis olahraga lain yang memiliki gerakan berat dan menguras tenaga. Gerakan dalam yoga biasanya lebih mengarah ke keseimbangan dan kelenturan tubuh, serta bagaimana mengatur pernafasan kita. Yoga bisa menjadi pilihan tepat bagi kita yang malas berolahraga berat seperti fitness atau aerobik. Berbagai kemudahan dan manfaat yang diberikan tentu saja membuat yoga semakin digemari, baik dari kaum pria maupun kalangan wanita.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

Ada yang bilang kalau yoga bukan hanya olahraga, tetapi termasuk seni spiritual, yaitu menggabungkan antara latihan fisik dengan latihan pikiran. Para pelaku yoga biasanya hanya menginginkan kebugaran dan kesehatan tubuh saja, namun tujuan sebenarnya dari yoga adalah mendapatkan kebahagiaan dan ketentraman jiwa, tubuh yang sehat tentu saja termasuk dalam salah satu kebahagiaan, termasuk kesehatan jantung. Beberapa manfaat yoga untuk jantung adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Aktifitas Fisik

Satu hal yang menarik dari penderita penyakit jantung adalah mengenai aktifitas fisik. Hal tersebut termasuk salah satu faktor penyebab yang menimbulkan penyakit jantung. Namun jika aktifitas fisik dilakukan secara benar malah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu para penderita penyakit jantung mesti bijak untuk memilih kegiatan apa yang bisa mereka lakukan.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah yoga. Olahraga ini dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar sekaligus menjaga kesehatan jantung. Terbukti dari banyak orang yang rutin melakukan yoga ternyata bisa memiliki kondisi fisik yang lebih bugar dan jantung yang lebih sehat. Disarankan untuk melakukan yoga selama lima kali dalam seminggu, dengan perhitungan setiap sesi dilakukan selama 30 menit.

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia Jantung.

2. Menghindari Stres

Salah satu penyebab penyakit jantung lainnya adalah tingkat stres yang tinggi. Namun dengan melakukan yoga diyakini bisa membantu para penderita untuk mengontrol perasaan depresi, stres, atau cemas yang mereka rasakan. Menurut penelitian, perasaan stres dan semacamnya itu ternyata berhubungan dengan pernafasan. Gerakan yoga yang mayoritas selalu berkaitan dengan menjaga pernafasan tentunya sangat tepat untuk membantu dalam mengontrol segala perasaan negatif tersebut.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tingkat stres dan kebugaran tubuh mempengaruhi tekanan darah yang ada di tubuh manusia. Yoga ternyata juga bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, yoga bisa membantu para penderita penyakit jantung untuk menghindari dua penyebab sekaligus, yaitu masalah stres dan tekanan darah. Semakin dipelajari ternyata semakin banyak manfaat yoga bagi tubuh.

Baca juga: Penyebab Jantung KoronerPenyebab Jantung Kekurangan Oksigen.

Sponsors Link

4. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Gerakan yang ada di dalam yoga memang banyak macamnya. Dengan melakukan berbagai gerakan yoga secara rutin ternyata mampu meningkatkan kapasitas aerobik sampai 22 persen. Selain itu, gerakan yoga yang melatih kelenturan juga membuat tubuh menjadi fleksibel, menambah ketahanan kardiovaskular dan meningkatkan kualitas hidup para penderita.

5. Menjaga detak jantung

Orang yang melakukan yoga secara rutin tentunya akan semakin mahir untuk mengatur pernafasannya, dengan demikian mereka juga akan terbantu dalam menjaga detak jantungnya agar tetap teratur. Secara otomatis, mereka akan menjaga jantungnya dari gangguan irama jantung atau yang biasa disebut aritmia.

6. Meningkatkan Rasa Sosial

Manfaat berikutnya bisa dibilang cukup krusial. Kebanyakan penderita penyakit jantung akan merasa terbebani dengan sakitnya itu sehingga menjauhkan dirinya dari kehidupan sosial. Hal ini justru malah membuat mereka semakin depresi dan menaikkan tingkat stres. Dengan melakukan yoga, mereka akan lebih bersemangat dalam menjalani hidupnya dan kembali percaya diri untuk bersosialisasi dengan yang lain.

Baca juga:

Meskipun manfaat yoga bagi tubuh sangatlah banyak, tetap saja harus berhati-hati dalam melakukannya, karena tidak semua jenis yoga bisa dilakukan oleh semua orang, terutama bagi para penderita penyakit jantung. Ada jenis hatha yoga yang lebih berfokus pada kelembutan, meditasi dan latihan pernafasan, jenis ini merupakan salah satu jenis yang masih tradisional. Kemudian ada vinysa yang berbentuk latihan fisik untuk mengatur gerakan dan pernafasan. Lalu ada hot yoga yang dilakukan dalam tempat berhawa panas, jenis yang ini hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu.

Pose atau gerakan yoga dasar yang bisa dilakukan oleh para penderita penyakit jantung adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

1. Tadasana atau pose gunung
2. Vrikshasana atau pose pohon
3. Utthita Hastapadasana atau pose melebarkan tangan dan kaki
4. Trikonasana atau pose segitiga
5. Veerabhadrasana atau pose prajurit
6. Utkatasana atau pose kursi
7. Marjariasana atau pose kucing
8. Adho Mukho Svanasana
9. Bhujangasana atau pose kobra
10. Setu Bandhasana atau pose jembatan
11. Ardha Marsyen drasana
12. Paschomott anasana
13. Shavasana atau pose mayat
14. Anjali mudra

Baca juga: Jus untuk Jantung TersumbatManfaat CoQ10 untuk Jantung.

Itulah beberapa pose dasar yoga yang aman dilakukan oleh para penderita penyakit jantung. Jika semuanya dilakukan dengan benar, niscaya anda akan merasakan seberapa besar manfaat yoga bagi tubuh. Bagi anda yang belum paham seperti apakah gerakan yang dimaksud di atas, silahkan mencari berdasarkan nama gerakannya.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika anda mau memulai berlatih yoga. Yang pertama adalah waktu latihan, sebaiknya yoga dilakukan saat pagi hari dan dalam kondisi perut kosong. Selain itu pastikan tubuh kita sedang dalam kondisi rileks dan nyaman. Yang terpenting adalah yoga harus dilakukan secara teratur dan dalam waktu yang sama setiap harinya. Lakukan latihan yoga sekali saja untuk setiap harinya, tidak perlu berlebihan. Bagaimana? Cukup mudah bukan, silahkan segera mencobanya.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga