Sponsors Link

7 Cara Merawat Jantung Lemah yang Dianjurkan

Sponsors Link

Seseorang dikatakan menderita jantung lemah apabila organ jantung mengalami permasalahan dalam memompa darah ke seluruh tubuh dikarenakan penurunan fungsi organ jantung. Penyakit ini terkadang datang pada orang yang menderita kondisi tertentu hingga mengakibatkan adanya kerusakan pada organ vital manusia ini. Penyakit lemah jantung membutuhkan perawatan yang khusus. Sebab, jika tidak demikian akan berakibat pada semakin memburuknya kondisi pasien. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat lemah jantung. Berikut adalah cara merawat jantung lemah untuk Anda!

ads
  1. Rutin Melakukan Olahraga

Rajin melakukan olahraga untuk jantung lemah adalah jawabannya. Olahraga bukan hanya sekedar keinginan saja, tapi jadikan olahraga sebagai sebuah kebutuhan layaknya kita membutuhkan asupan makanan untuk tetap bisa bertahan hidup. Bagi penderita jantung lemah, rajin melakukan olahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebab, dengan berolahraga jantung akan semakin kuat.

Tidak perlu setiap hari, Anda hanya perlu melakukannya 3-5 kali dalam seminggu. Durasinya pun tidak perlu lama, cukup 30 menit saja. Beberapa alternative olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain seperti berjalan kaki, melakukan senam aerobik, atau bersepeda santai. Olahraga tidak hanya menguatkan jantung Anda yang lemah, tapi juga dapat menurunkan tekanan darah. Di mana tekanan darah yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jantung.

  1. Stop Merokok

Kebiasaan buruk ini semakin banyak saja peminatnya. Padahal, para perokok aktif mengetahui betul dampak negatif dari merokok. Namun hal itu akan sangat sulit sekali untuk dihentikan karena mereka telah kecanduan dengan nikmatnya merokok. Bagi Anda yang menderita jantung lemah, sebaiknya stop merokok mulai dari sekarang.

Memang akan sulit, tapi kalau Anda berniat sekuat tenaga untuk lepas dari rokok, tidak ada hal yang tidak mungkin. Mungkin Anda perlu tahu bahwa bahaya rokok bagi jantung, terdapat pada zat karbondioksida dan nikotin yang ada pada sebatang rokok dapat menjadi pemicu datangnya penyakit lemah jantung. Hal ini mungkin saja terjadi sebab racun yang masuk tersebut akan mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah. Sehingga kemampuan untuk memasok oksigen sangat terbatasi.

  1. Melakukan Diet

Merupakan sebuah masalah jika seseorang menderita jantung lemah dan mempunyai kelebihan berat badan. Sebab, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tidak hanya jantung saja, tapi organ yang lainnya juga akan bekerja lebih ekstra. Melakukan diet adalah pilihan terbaik bagi Anda yang obesitas dan memiliki riwayat penyakit jantung lemah.

Dengan memiliki berat badan yang ideal, maka jantung akan bekerja lebih ringan. Sehingga penyakit jantung lemah Anda tidak akan bertambah parah. Diet yang baik bukan menghilangkan karbohidrat sama sekali. Sebab tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Diet yang sehat adalah dengan memperhatikan pola makan. Menu diet jantung yaitu lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Serta meminimalisir mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan junk food.

  1. Mengontrol Kadar Lemak

Cara lain untuk merawat jantung lemah adalah dengan mengontrol kadar lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dapat memperberat kinerja jantung yang lemah. Bahaya lemak di jantung akan menyebabkan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. Sebaiknya hindari juga daging yang tinggi lemak. Konsumsi lemak hanya dalam batas wajar saja yaitu maksimal 10% dari total kalori.

  1. Menghindari Makanan Cepat Saji

Makanan yang diolah sendiri lebih sehat bagi penderita jantung lemah. Sebab, kandungan gizinya dapat diketahui secara pasti. Berbeda dengan makanan cepat saji yang ada di dalam kemasan atau frozen food, makanan kaleng, dan beberapa jenis makanan buatan pabrik lainnya. Selain karena banyaknya campuran pengawet dan MSG, makanan tersebut juga cenderung mengandung garam yang tinggi. Tentunya ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung. Sebisa mungkin untuk mengolah makanan sendiri daripada harus membeli makanan yang minim gizi.

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi Suplemen

Untuk merawat jantung lemah, Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin untuk jantung lemah. Suplemen ini bisa Anda dapatkan di apotek atau membuatnya sendiri di rumah. Jika Anda memutuskan untuk membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengkonsumsi jus noni atau sarang semut yang sudah lama dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kesehatan. Selain cara membuatnya yang mudah, Anda juga akan lebih hemat secara budget.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangatlah penting. Ini dapat dilakukan dengan minum air minimal 8 gelas per hari untuk memberikan efek kesehatan pada jantung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, minum air putih yang cukup dapat membuat darah menjadi lebih cair sehingga mudah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Berbeda dengan orang yang tidak memenuhi kebutuhan cairan hariannya, maka darah cenderung lebih kental dan rawan terjadinya penyumbatan.

Itulah cara merawat jantung lemah yang perlu Anda ketahui agar kedepannya Anda bisa memiliki jantung yang lebih kuat dan sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan