Sponsors Link

6 Khasiat Daun Afrika untuk Jantung Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Dewasa ini banyak sekali penyakit berbahaya yang mengancam jiwa anda. Penyakit-penyakit berbahaya tersebut biasanya menyerang organ-organ penting. Salah satunya adalah jantung. Penyakit jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Tak heran banyak penderita penyakit jantung menggunakan berbagai cara untuk menyembuhkan penyakitnya. Mulai dengan menjalani tindakan medis dengan mengkonsumsi obat, melakukan operasi, pencangkokan, hingga melakukan pengobatan alternatif dengan ramuan-ramuan obat herbal. Berbicara tentang ramuan obat herbal, ternyata ada banyak tumbuhan di indonesia yang dapat dijadikan obat dan juga pencegahan penyakit jantung. Yang akan kita bahas kali ini adalah daun afrika.

ads

Daun afrika bernama latin vernonia amygdalina ini merupakan jenis tumbuhan yang memang berasal dari Afrika. Namun karena khasiatnya daun ini sudah banyak dikembangbiakan di indonesia. Mungkin sebagian orang belum pernah melihat dan mengenal tumbuhan yang satu ini. Namun sudah banyak sekali ahli herbal yang menggunakan daun afrika ini sebagai obat untuk berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung. Sudah banyak pula penelitian yang membuktikan khasiat dari daun ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan daun afrika mengandung beberapa zat sebagai berikut:

  • Asam fenolat
  • Vernodalol
  • Vernolide
  • Asam essensial
  • Asam lemak
  • Beberapa vitamin
  • Mineral

Dengan zat-zat tersebut, daun afrika mampu berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti kolesterol dan masih banyak lagi. Lalu apa sajakah khasiat dari daun afrika untuk jantung, berikut adalah khasiat daun afrika untuk jantung:

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Daun afrika terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat LDL di dalam darah yang dapat mengabitkan stroke dan juga serangan jantung. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara merebusnya, yang kemudian anda konsumsi adalah air rebusan dari daun afrika. Rasanya memang pahit, namun and bisa menyamarkan rasa pahit dengan menambahkan lemon atau madu kedalam air rebusan daun afrika yang akan anda minum. Minumlah air rebusan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun afrika yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah yang selalu tinggi cobalah untuk menggunakan daun afrika sebagai solusinya. Sebagaimana kita tahu tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan pengerasan dinding arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

  1. Mengatasi insomnia

Bagi beberapa orang, insomnia dihubungkan dengan naikknya tekanan darah mereka. Keadaan dimana tubuh tidak bisa tidur untuk istirahat dapat meningkatkan tekanan darah yang selalu saja ada hubungannya dengan jantung.

  1. Mencegah stroke

Sepertti yang dikatakan sebelumnya, daun afrika dapat dijadikan solusi untuk penyakit stroke dan juga sebagai solusi pencegahannya. Daun afrika dipercaya dapat melancarkan proses metabolisme tubuh, memperlancar peredaran darah, dan juga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

  1. Menurunkan gula darah

Kandungan gula dalam darah yang tinggi juga dapat berpengaruh terhadap jantung anda. Faktanya gula darah tinggi yang ikut mengalir dalam darah melalui pembuluh darah anda lah yang berpotensi menjadi endapan plak yang akan menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung koroner. Minumlah rebusan daun afrika seacara teratur untuk menjaga kadar gula dalam tubuh anda.

  1. Mencegah penyakit jantung

Sebagaimana yang sudah dipaparkan sebelumnya, daun afrika dinilai ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Pengonsumsian daun afrika dipercaya akan lebih mengaktifkan senyawa pencegah penyakit jantung menjadi lebih maksimal.

Selain berkhasiat untuk jantung, ternyata daunafrika juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lain sebagai berikut:

  1. Mengobati radang persendian
Sponsors Link

Tak hanya bagus untuk jantung ternyata daun afrika juga bagus untuk mengobati radang persendian. Cara yang perlu dilakukan pun sama, anda hanya perlu merebus atau menjadikan daun afrika menjadi teh untuk kemudian diminum.

  1. Menurunkan resiko penyakit kanker hati

Kemampuan detoksifikasi racun daun afrika juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah kanker hati. Tak hanya hkanker hati namun juga kanker yang lainnya.

  1. Mengobati batuk

Seduhan daun afrika juga dapat anda jadikan obat batuk.

  1. Mengobati dan menurunkan panas demam

Hampir sama dengan cara pengolahan daun afrika yang lain, anda hanya perlu meminumsari daun afrika. Pastikan anda mencuci daun afrika segar hingga benar-benar bersih.

  1. Menyembuhkan sering kesemutan

Kesemutan merupakan salah satu tanda bahwa peredaran darah anda kurang lancar. Daun afrika ini bisa anda jadikan alternatif obat untuk melancarkan sirkulasi sarah anda.

Sponsors Link

  1. Mengobati sakit kepala

Daun afrika juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala yang mujarab. Selalu dengan cara yang mudah dapat membantu anda meringankan beban sakit kepala.

  1. Mengobati sakit perut

Daun ini dapat dijadikan solusi penanganan sembelit, sakit perut dan juga radang lambung. Anda dapat menggunakan bagian batang lunak dari daun afrika untuk dijadikan jus dengan tambahan sedikit garam.

  1. Mencegah malaria

Daun afrika ternyata juga telah banyak digunakan untuk pencegahan malaria. Jus daun afrika dapat diadikan pilihan pencegahan penyakit malaria.

  1. Pengobatan batu ginjal

Daun afrika mampu memecah batu dalam ginal. Ramuan daun afrika untuk batu ginjal ternyata sudah menjadi resep turun temurun sebagai obat herbal  yang sangat ampuh.

Itulah beberapa khasiat daun afrika untuk jantung dan juga kesehatan anda yang lainnya. Pengobatan alternatif menggunakan ramuan-ramuan obat herbal juga tidak kalah manjurnya dengan obta-obatan medis, jadi apa salahnya anda mencoba demi kesembuhan penyakit-penyakit anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan