Sponsors Link

7 Manfaat Daun Kemangi untuk Jantung dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Manfaat daun kemangi tak selalu sebagai bahan masakan atau pelengkap lalapan, meski sebagian besar dari kita menyajikannya demikian. Perlu Anda ketahui bahwa konsumsi daun kemangi secara teratur ternyata mampu memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh sehari-hari. Bagaimana bisa?

ads

Daun kemangi ternyata dikenal kaya akan nutrisi. Berbagai kandungan penting terdapat dalam daun kemangi seperti vitamin A, vitamin C, protein, fosfor, zat besi, lemak, kalsium, bahkan karbohidrat – kandungan yang selalu kita identikkan dengan makanan berat seperti nasi. Tak banyak yang mengetahui kaya dan besarnya nutrisi yang ada dalam daun kemangi ini. Selain kandungan gizi, daun kemangi juga diketahui mengandung beberapa senyawa yang penting untuk tubuh seperti sitrat, sineol, zat arigin, flavonoid, boron, eugenol, dan betakaroten – senyawa yang selalu diidentikan dengan sayuran wortel.

Baca juga:

Beragam nutrisi tersebut dibutuhkan dalam tubuh kita untuk menjaga kesehatan organ tubuh, mulai dari mata, kulit, sampai organ dalam tubuh. Bahkan, daun kemangi dikenal mempunyai banyak manfaat yang salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita tentunya harus dalam kondisi prima karena perannya dalam memompa darah ke seluruh tubuh begitu penting.

Manfaat Daun Kemangi untuk Jantung

Kandungan nutrisi dan senyawa yang banyak dalam daun kemangi ini kemudian memunculkan pertanyaan: apa fungsi semuanya terkait dengan kesehatan jantung? Jawabannya cukup mengejutkan. Beberapa manfaat menakjubkan dari daun kemangi untuk jantung akan dijabarkan sebagai berikut berdasarkan kandungannya.

1. Magnesium

Kandungan ini bertugas dalam menurunkan kolesterol dalam darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Peredaran darah yang lancar akan meringankan beban kerja jantung dan menghindarkan dari penyakit jantung tersumbat.

2. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam daun kemangi terdiri dari beberapa macam, yaitu seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan omega 3. Berbagai jenis antioksidan ini berperan dalam mengatasi radikal bebas yang mungkin menimbulkan plak dalam pembuluh darah, terutama pembuluh darah di area jantung. (Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk Jantung)

3. Flavonoid

Nutrisi satu ini juga tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Flavonoid memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Fungsi flavonoid di sini adalah membantu menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol. Flavonoid juga bisa ditemukan dalam jenis makanan lain seperi kakao, apel, teh hitam, dan juga bawang. Fungsi lain dari flavonoid adalah sebagai antioksidan, anti peradangan, menurunkan risiko kanker, dan juga membantu penderitanya menurunkan berat badan. (Baca juga: Serangan Jantung Mendadak)

4. Eugenol

Nutrisi ini juga dikenal baik dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat kemangi untuk jantung diambil dari kandungan nutrisi eugenol ini adalah dengan cara mencegah terjadinya pembekuan darah yang mungkin bisa mengganggu aliran darah dan memastikannya tetap lancar. Nutrisi ini secara tidak langsung menurunkan dan menghindarkan risiko penyakit stroke.

Sponsors Link

5. Boron

Kandungan boron yang ada dalam daun kemangi tak kalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Boron diketahui mampu meringankan masalah terkait jantung seperti pencegahan gagal jantung kongestif. Fungsi lain dari boron adalah meningkatkan kesehatan tulang, meredakan radang sendi, menurunkan kolesterol, sampai mendukung fungsi otak. (Baca juga: Penyakit Jantung Kongestif)

6. Protein

Nutrisi protein juga berperan dalam kesehatan jantung. Selama ini, protein banyak dikenal untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan sebagai nutrisi untuk menggantikan peran karbohidrat terutama bagi pelaku diet. Ternyata, protein juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi protein yang cukup akan memberi keuntungan tekanan darah yang lebih stabil, penurunan kadar trigliserida dan kolesterol LDL, sampai pada penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung.

7. Zat Besi

Meski tidak secara langsung berpengaruh, nyatanya nutrisi ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Sedikitnya zat besi yang ada dalam tubuh kita berpotensi membuat darah menjadi sukar mengikat oksigen untuk dibawa ke jantung. Dengan demikian, jantung harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh.

Baca juga:

Manfaat Daun Kemangi untuk Organ Tubuh Lainnya

Manfaat daun kemangi tak sekadar untuk jantung saja. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya ternyata terbukti mampu menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Manfaat daun kemangi untuk tubuh antara lain:

  • Membantu pertumbuhan tulang karena adanya kandungan kalsium dan fosfor. Kandungan lain yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan tulang (baik pertumbuhan tulang maupun mencegah pengeroposan) dari daun kemangi adalah kandungan astenol dan boron. Nutrisi ini berperan dalam merangsang fungsi kerja hormon estrogen dan endrogen.
  • Daun kemangi juga dikenal mampu merawat kesehatan kulit. Konsumsi rutin daun kemangi dapat memurnikan darah dengan membuang racun yang kemudian mencegah dan meminimalisir timbulnya jerawat. Ini adalah efek dari fungsi antioksidan dan anti inflamasi. Selain untuk kebutuhan estetika, fungsi daun kemangi untuk kulit adalah mempercepat proses penyembuhan iritasi kulit.
  • Manfaat daun kemangi lainnya adalah untuk mempertahankan kesehatan rambut. Daun kemangi dipercaya mampu mengatasi kerontokan rambut akibat gatal serta berfungsi dalam merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat lainnya dari daun kemangi adalah meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga rambut menjadi lebih sehat.
Sponsors Link

Baca juga:

Mengolah Daun Kemangi untuk Memaksimalkan Manfaatnya

Bagaimana menjadikan daun kemangi sebagai salah satu makanan enak yang bisa dikonsumsi? Sebagian orang mengonsumsi daun kemangi dengan cara memakannya langsung sebagai lalapan. Manfaat langsung dari memakan daun kemangi menggunakan metode ini adalah menyegarkan bau mulut. Namun, bagi orang yang tidak suka dengan metode melahap langsung, bisa mengolah daun kemangi ini dengan alternatif cara berikut.

Rebus kencur yang sudah dibersihkan dengan 1 genggam daun kemangi, 1 sdt biji kemangi, serta 2 akar kemangi dalam 2 gelas air. Rebus hingga air berkurang menjadi kira-kira 1 gelas. Saring air rebusan tersebut dan konsumsi 2 kali dalam sehari.

Baca juga:

Ini adalah pengolahan daun kemangi yang paling umum. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Ekstrak kemangi yang didapat dari biji, akar, dan daunnya, dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, terutama digunakan dalam proses penyembuhan dan pencegahan jantung bengkak.

Nah, itulah sekilas informasi terkait manfaat daun kemangi untuk jantung. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang membutuhkan informasi terkait bahan alami untuk menjaga kesehatan jantung dan mengatasi beberapa masalah terkait dengan jantung. Punya pengalaman terkait pengolahan bahan alami untuk menjaga kesehatan jantung? Mari berbagai melalui kolom komentar.

Sponsors Link
, , , , , ,