Penyakit Jantung Tersumbat: Gejala dan Cara Mengatasi

Jantung merupakan hal yang sangat berguna bagi setiap makhluk hidup, kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi bergantung pada detak jantung. Jantung yang sehat merupakan suatu kebanggaan tersendiri, namun apa yang terjadi bila jantung yang kita cintai ini tersumbat dan tidak berdetak dengan sempurna? Tentu hal ini sangat berbahaya.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan Anda berbagai informasi yang dapat Anda gunakan di masa mendatang tentang apa itu penyakit jantung tersumbat, bagaimana cara mencegah dan tentu saja cara mengatasi penyakit yang sangat berbahaya ini.

Baca juga:

Penyakit jantung tersumbat merupakan penyakit jantung yang sangat berbahaya, yang pada dasarnya akan menyumbat arteri pembuluh darah. Biasanya penyumbatan terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada arteri pembuluh darah Anda. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan resiko kematian apabila tidak ditangani dengan segera.

Baca juga: Olahraga Penguat JantungNCP Penyakit Jantung.

Gejala

Biasanya Penyumbatan jantung tidak akan memberikan dampak atau gejala apapun yang dapat dirasakan secara langsung. Gejala atau dampak dari penyakit ini biasanya akan ditimbulkan pada saat penyakit sudah dalam tahap yang parah. Gejala yang timbul diantaranya adalah:

• Nyeri di bagian dada

Nyeri di bagian dada ini diakibatkan oleh darah yang mengalir tidak dapat lagi kembali ke jantung dengan baik karena mengalami penyumbatan pada bagian arteri. Biasanya nyeri yang ditimbulkan akan sangat terasa di bagian dada kiri, hal ini sangat berbahaya apabila tidak langsung ditangani dengan tepat.

Baca juga: Detak Jantung NormalCara Cek Kesehatan Jantung.

• Mudah lelah

Penderita penyakit jantung tersumbat akan mengalami mudah lelah yang sangat cepat, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit ini untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Hal ini sangat disayangkan apabila Anda mengabaikannya, karena akan berakibat fatal jika Anda terlalu banyak mengeluarkan tenaga.

• Insomnia

Insomnia biasanya diderita oleh orang yang memiliki tingkat stress dan depresi yang tinggi ataupun tekanan-tekanan pekerjaan. Namun apabila Anda tidak mengalami hal tersebut tapi terkena insomnia, ada baiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter. Karena hal tersebut merupakan salah satu gejala penyakit jantung tersumbat. Insomnia yang tidak beralasan ini diakibatkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung sehingga membuat saraf-saraf tidak berhenti bekerja guna mengupayakan darah yang tersumbat dapat menuju ke daerah jantung.

Baca juga: Gaya Hidup Jantung Sehat.

• Nyeri pada bagian kaki

Nyeri pada bagian kaki akan sering dirasakan oleh penderita yang jantungnya tersumbat. Darah yang tidak mengalir dengan baik biasanya berimbas pada penebalan daging, sehingga saluran arteri di bagian kaki akan bertambah tersumbat. Biasanya kondisi seperti ini akan sangat terasa bagi orang-orang yang merokok aktif. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan resiko kematian apabila Anda tidak menanganinya dengan segera. Oleh sebab itu, konsultasikan hal ini ke dokter yang Anda percayai guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Aneurisma Aorta JantungKelainan Jantung Tetralogi FallotKelainan Embriologi Jantung.

• Disfungsi ereksi

Gejala yang satu ini merupakan gejala yang menunjukkan bahwa Anda sudah mengalami penyumbatan jantung dengan tingkatan yang sudah cukup parah. Disfungsi ereksi adalah masalah seksual yang kebanyakan orang berpikir tidak ada kaitannya dengan jantung. Namun perlu Anda ketahui bahwa disfungsi ereksi, ejakulasi dini dan masalah seksual yang ditimbulkan pada pria kebanyakan disebabkan oleh penyakit jantung tersumbat. Tentu hal ini sangat berbahaya, seperti yang sering saya katakan bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Alangkah baiknya apabila Anda mengalami hal ini, anda langsung menghubungi dokter yang Anda percayai untuk mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Pencegahan

Selain hal-hal di atas tentu masih banyak lagi gejala-gejala yang ditimbulkan yang perlu Anda waspadai. Apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? Hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu:

1. Berolahraga secara rutin.
  2. Tidak mengkonsumsi alkohol.
  3. Berhenti merokok.
  4. Tidak mengkonsumsi babi.
  5. Hindari makanan dengan tingkat kolesterol tinggi.
  6. Rutin mengkonsumsi air mineral minimal 3 liter sehari.
  7. Rutin mengkonsumsi kacang-kacangan.
  8. Menjalani pola hidup sehat.
  9. Menghindari diri dari makanan yang berlemak.

Baca juga: Kebiasaan yang Merusak JantungJus untuk Jantung Tersumbat.

Penanganan Medis

Namun bagaimana jika Anda sudah terlanjur terkena penyumbatan jantung, apa yang harus dilakukan? Tentu hal ini sangat disayangkan karena jantung tersumbat merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Hal-hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah, mengkonsultasikan permasalahan Anda ke dokter yang Anda percayai, sehingga Anda dapat mengetahui langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh guna menjalani proses pengobatan dan penyembuhan penyakit jantung tersumbat. Namun apabila penyumbatan jantung yang Anda alami sudah sangat parah dan tidak mungkin lagi disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan, tentu dokter akan menawarkan Anda solusi untuk menjalani operasi bypass jantung.

Dimana operasi tersebut merupakan operasi yang bertujuan membuat saluran arteri yang baru atau menggantikan saluran arteri yang sebelumnya rusak dan diganti dengan yang baru. Namun kata baru di sini bukan berarti menambahkan sesuatu yang benar-benar baru, kata  baru di sini merupakan baru dalam artian beralih fungsi.

Baca juga:

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat mematikan yang ada di seluruh dunia, 20% kematian di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung merupakan kematian yang dapat dikatakan sia-sia, karena kebanyakan penyakit jantung timbul oleh hal-hal sederhana yang biasanya sering luput dari pandangan kebanyakan orang.

Oleh sebab itu pelihara dan jagalah jantung Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merenggut nyawa Anda. Mencintai jantung sama dengan mencintai kehidupan. Oleh sebab itu cintai jantung sebab itu merupakan tanda syukur Anda kepada Tuhan Yang Maha Esa.

, , , , , ,
Kategori : Pencegahan