Penyebab Jantung Berdebar, Keringat Dingin, Pusing

Kesehatan adalah hal nomor satu yang paling penting dan tidak boleh kita abaikan begitu saja. Sekarang ini banyak sekali penyakit yang menyerang manusia, dan sering tak disadari gejalanya. Tahu-tahu sudah ambruk begitu saja, dan malah membutuhkan banyak biaya untuk berobat. Oleh karena itu mulai sekarang Anda harus mengetahui apakah Anda mengalami beberapa gejala yang menunjukkan penyakit tertenu. Pernahkah Anda mengalami jantung berdebar, keringat dingin, pusing secara bersamaan? Jika iya maka Anda harus mengetahui penyebabnya karena bisa jadi Anda mengalami penyakit tertentu. Berikut adalah penyebab dari gejala di atas yang mungkin saja Anda alami :

1. Dehidrasi

Tentu Anda kenal dengan dehidrasi bukan? Dehidrasi adalah salah satu kondisi dimana tubuh manusia kekurangan cairan. Sekitar 70% hingga 80% tubuh manusia terdiri dari cairan, kekurangan cairan yang kita alami ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Bahkan parahnya juga bisa menyebabkan Anda mengalami kegagalan fungsi tubuh. Biasanya orang yang terkena dehidrasi akan mengalami beberapa gejala seperti sangat haus, kemudian jantung berdebar cepat, muncul keringat dingin di sekujur tubuh, dan bahkan rasa pusing yang berlebihan. Jika sudah parah gejalanya maka biasanya Anda akan pingsan atau tak sadarkan diri karena sudah tidak kuat menahannya. Oleh karena itu untuk menghindari dehidrasi maka sebisa mungkin sering minum air putih ya.

1. Hipoglikemia

Tahukah Anda mengenai hipoglikemia? Kondisi hipoglikemia ini adalah kondisi dimana tubuh memiliki kadar gula darah yang sangat rendah bahkan di bawah normal. Mungkin banyak orang yang berpikir jika hipoglikemia ini merupakan salah satu hal yang wajar, padahal hipoglikemia ini cukup berbahaya bagi kesehatan jika tidak segera diatasi. Rendahnya kadar gula di dalam darah ini bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa gejala seperti misalnya mudah marah, mudah lelah, dan juga lemas. Selain itu Anda juga bisa mengalami gejala kepala yang pusing, keringat dingin, sampai jantung yang berdebar-debar. Jika tidak segera diatasi maka hipoglikemia ini bisa menyebabkan Anda pingsan.

1. Hiperglikemia

Berkebalikan dari Hipoglikemia, mungkin saja saat ini Anda sedang mengalami hiperglikemia. Hiperglikemia ini adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah sangat tinggi dan biasanya melebihi batas normal. Ketika Anda mengalami hiperglikemia ini maka Anda akan mengalami gejala yang hampir sama dengan hiperglikemia seperti misalnya jantung yang berdebar-debarm mudah emosi, terkadang muncul keringat dingin, bahkan juga sampai merasakan pusing yang berlebihan. Kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter sehingga mengetahui apakah memang benar Anda mengalami hiperglikemia atau mengalami hipoglikemia. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan penanganan dan juga obat yang tepat sehingga Anda tidak lagi mengalami gejala pusing, keringat dingin, dan jantung yang berdebar-debar lagi ya.

1. Anemia

Jantung berdebar, keringat dingin, pusing bisa jadi Anda alami karena anemia. Tentu saja Anda sudah mengenal apa itu Anemia bukan? Anemia adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah yang di dalamnya terkandung hemoglobin. Anemia ini menyebabkan kita mengalami beberapa gejala. Gejala umum dari para penderita anemia adalah mudah lelah, letih, lunglai, lesu, kemudian Anda juga bisa mengalami jantung yang berdebar, pusing, mata yang berkunang-kunang, sampai keluar keringat dingin. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas maka dipastikan Anda mengalami Anemia.

Untuk mengatasi Anemia dan supaya Anda tidak mengalami gejala di atas maka kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi dan kacang-kacangan. Atau jika tidak Anda bisa mengkonsumsi juga makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran yang berwarna hijau gelap dan buah-buahan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B 12 seperti susu, keju, sereal, dan juga makanan yang terbuat dari kedelai seperti tempe ataupun tahu. Dengan mengkonsumsi makanan itu maka Anemia Anda bisa sembuh dan Anda tidak lagi mengalami gejala seperti pusing, keringat dingin, dan juga jantung yang berdebar-debar.

1. Hipertensi

Gejala yang Anda rasakan saat ini juga bisa disebabkan karena Anda mengalami hipertensi ya.  Hipertensi atau yang lebih kita kenal dengan tekanan darah tinggi.  Tekanan darah tinggi aatu hipertensi yang Anda alami ini bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa gejala seperti jantung yang berdebar, keringat dingin, serta merasakan pusing yang berlebihan. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda mulai pergi ke dokter jika sudah merasakan gejala yang satu ini sehingga tekanan darah atau hipertensi bisa kembali normal seperti sedia kala. Selain itu hindari juga makanan yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik atau tinggi. Sebisa mungkin mengkonsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter sehingga tekanan darah bisa turun.

1. Gangguan pada jantung

Selain beberapa penyebab di atas, jantung yang berdebar, muncul keringat dingin, dan juga pusing yang berlebihan juga bisa disebabkan karena Anda mengalami gangguan jantung. Gangguan jantung ini banyak jenisnya dan bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa gejala. Biasanya gejala umum yang akan Anda rasakan jika mengalami gangguan jantung adalah jantung yang berdebar, muncul keringat dingin, bahkan Anda bisa saja merasa pusing atau sakit kepala. Selain itu biasanya Anda merasakan dada yang sakit atau dada yang sesak. Gangguan jantung yang Anda alami ini bisa disebabkan karena terjadi gangguan pada pompa jantung yang menyebabkan darah itu tidak bisa mengalir dengan baik sehingga tidak bisa mendistribusikan darah ke seluruh tubuh dengan baik pula.

Gangguan pada jantung yang bisa Anda alami seperti misalnya gangguan aritmia jantung, serangan jantung, angina pectoris, dan berbagai gangguan jantung lainnya. Selalu waspadai gejala apa yang Anda rasakan dan juga jangan takut untuk memeriksakan ke dokter.

Itu tadi beberapa informasi mengenai penyebab dari jantung berdebar, keringat dingin, pusing yang Anda mungkin sering rasakan. Jika keadaan atau gejala Anda semakin parah maka kami menyarankan supaya Anda segera berkonsultasi kepada dokter sehingga keadaan bisa pulih seperti sedia kala. Ketahui juga mengenai badan terasa dingin dan jantung berdebar. Semoga apa yang kami bagikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

, , , ,