Sponsors Link

14 Manfaat Vitamin E untuk Jantung dan Macam Suplemennya

Sponsors Link

Manfaat vitamin E bagi kesehatan manusia cukup banyak termasuk untuk kesehatan jantung. Vitamin E pada umumnya lebih dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan kulit, padahal vitamin E juga merupakan salah satu suplemen jantung terbaik. Manfaat vitamin E sangat banyak, termasuk perannya dalam mencegah terjadinya serangan jantung.

ads

Seperti kita ketahui, salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah terjadinya oksidasi kolesterol LDL penyebab terbentuknya plak atau sumbatan pada pembuluh darah. Sebagai zat antioksidan, vitamin E dapat mencegah terjadinya oksidasi, penyebab jantung koroner. Berdasarkan 16 studi klinis acak yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Sapienza dan IRCCS Italia baru-baru ini diketahui bahwa suplementasi vitamin E dapat menurunkan risiko terjadinya infark miokard sebesar 20%. Untuk lebih lengkapnya apa saja manfaat vitamin E untuk jantung dan contoh suplemen vitamin E yang ada di pasaran akan dijelaskan sebagaimana berikut.

Baca juga:

Berikut beberapa manfaat vitamin E untuk jantung Anda. (Baca juga: Nutrisi untuk jantung bocor)

1. Mengencerkan Darah

Manfaat vitamin E untuk jantung salah satunya adalah dapat mencegah penggumpalan darah penyebab stroke atau darah beku dengan mencegah pengerasan pembuluh darah sehingga dapat memperkecil resiko  terjadinya serangan jantung, nyeri dada, sakit kaki karena penyumbatan pembuluh darah, dan tekanan darah tinggi. (Baca juga: Penyebab jantung kekurangan oksigen)

2. Mencegah penyumbatan arteri

Manfaat vitamin E sebagai antioksidan dapat mengatasi berbagai stress oksidatif yang terjadi di berbagai organ tubuh, termasuk oksidasi kolesterol LDL.  Oksidasi kolesterol LDL dapat menyebabkan munculnya plak dan menyumbat arteri. Zat antioksidan dalam vitamin E ini berperan dalam pencegahan jantung koroner dengan mencegah terjadinya plak atau penyumbatan arteri serta membantu melindungi pembuluh darah dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. (Baca juga: Jus untuk jantung tersumbat)

3. Mencegah peradangan

Selain itu, manfaat vitamin E lainnya adalah sebagai zat anti-radang yang dapat menghambat proliferasi sel otot, perlekatan monosit pada dinding pembuluh darah dan pelepasan sitokin peradangan, yang tidak bergantung pada inhibisi dari stres oksidatif. Anti radang pada vitamin E membantu mencegah serangan jantung pada penderita yang baru saja melakukan operasi bypass jantung dan juga mencegah terjadinya radang jantung. (Baca juga: Jenis operasi jantung — Operasi cangkok jantung)

4. Mencegah terjadinya tumor jantung

Perokok aktif beresiko tinggi terkena tumor, termasuk tumor jantung, karena nitrat dalam asap rokok diubah menjadi nitrosamin, penyebab tumor, di dalam tubuh. Manfaat penting vitamin E adalah membantu mencegah konversi nitrat dalam asap rokok menjadi nitrosamin.

Contoh dan Macam Suplemen Vitamin E

Vitamin E adalah keluarga dari delapan molekul yang terpisah namun saling berkaitan, empat tokoferol (alfa, beta, gamma, delta) dan empat tokotrienol (alfa, beta, gamma, delta). Alfa-tokoferol dapat ditemukan di sebagian besar multivitamin dan juga dalam makanan, sementara semakin banyak bukti bahwa vitamin E populer ini memengaruhi ambilan dan fungsi dari tokotrienol. Tokotrienol didapatkan dari tiga sumber utama, termasuk beras, palem dan annatto. Berikut adalah beberapa contoh suplemen vitamin E yang beredar di pasaran dan dapat diperoleh secara bebas tanpa resep dokter sebagaimana halnya obat jantung di apotik. (Baca juga: Obat herbal jantung bocor  — Nutrisi untuk jantung bocor)

1. Natur-E 100 IU

Kisaran harga: Rp 30.000/box

Natur-E 100 IU adalah merk vitamin E yang sudah lama beredar di Indonesia dan dikenal luas di masyarakat. Anda bisa menemukannya di apotik, toko obat, supermarket hingga minimarket di sekitar Anda. Namun, metode pemasaran yang digunakan untuk suplemen ini adalah sebagai antioksidan dan anti-penuaan. Suplemen vitamin E ini menyebut diri dapat melancarkan peredaran darah serta distribusi oksigen di dalam kulit. Karena peredaran darah dan oksigen yang lancar, kulit akan terlihat lebih muda dan senantiasa terjaga kelembaban dan kekenyalannya. Dia dapat melindungi kulit dari gangguan dan penyakit kulit. Bahkan, produk ini juga diklaim dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.

Sponsors Link

2. Natur-E Advanced

Kisaran harga: Rp 100.000/box

Ini adalah varian lain dari produk Natur-E. selain mengandung vitamin E, suplemen ini juga memiliki kandungan astaxanthin dari ganggang laut merah yang dapat berperan sebagai antioksidan dan lycopene yang berasal dari tomat dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Ini adalah vitamin yang cocok untuk kulit wajah, terutama untuk mengatasi flek hitam. (Baca juga: Terapi ablasi jantung)

3. Nature’s Health Vitamin E

Kisaran harga: Rp 270.000/botol

Kandungan vitamin E dalam produk ini lebih besar dibanding produk sebelumnya. Produk ini berbentuk kapsul lunak yang bebas pewarna, gula, garam maupun pengawet, dengan kandungan vitamin E 400 IU. Nature’s Health Vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki sirkulasi darah. Vitamin ini bisa berperan sebagai anti-penuaan yang menjaga kesehatan, keremajaan dan elastisitas sel-sel kulit. Penggunaan secara rutin juga dapat menghindarkan Anda dari masalah jerawat atau kulit kering. Dengan dosis 400 IU, sediaan ini juga dapat berperan sebagai antioksidan di organ lain termasuk pembuluh darah dan jantung, mengurangi efek merusak dari reaksi radikal bebas di dinding pembuluh darah yang berefek ke jantung.

4. Nourish E 400 IU

Kisaran harga: Rp 100.000/botol

Tidak semua merk vitamin E yang bagus dan mahal mampu memberikan hasil optimal bagi penggunanya. Namun, tidak demikian dengan Nourish-E 400 IU. Suplemen vitamin E ini diklaim mudah diserap oleh tubuh karena mengandung vitamin E alami yang dihasilkan oleh wheat germ dan minyak kedelai, sehingga bioaktivitasnya tergolong sangat tinggi. Kandungan minyak kedelai dalam produk ini sangat kaya akan isoflavone yang nantinya dapat berperan sebagai fitoestrogen untuk mengganti fungsi hormone estrogen pada wanita lansia atau yang sudah memasuki masa menopause. (Baca juga: Manfaat yoga untuk tubuh)

5. Wellness Natural Vitamin E 400 IU

Kisaran harga: Rp 155.000/botol

Produk ini belum dikenal luas seperti produk lain. Hal itu disebabkan karena Wellness Natural Vitamin E 400 IU adalah produk impor. Namun, Anda bisa menemukan produk ini dengan mudah di apotik dan toko obat di Indonesia. Suplemen ini mengandung anti-penuaan untuk senantiasa menjaga keremajaan dan elastisitas kulit. Antioksidan dalam suplemen ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah terbentuknya gumpalan darah atau plak yang dapat menimbulkan serangan stroke atau penyakit jantung koroner. Selain itu, suplemen ini juga efektif untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit.

ads

6. Ever E 250 mg

Kisaran harga: Rp 150.000/box

Anda vegetarian? Produk suplemen ini mungkin cocok untuk Anda. Ever E 250 mg mengklaim diri bebas bahan hewani. Kapsul lunak vegicapsnya berasal dari rumput laut alami. Jadi, dipastikan bahwa vitamin E yang satu ini memang sangat aman untuk dikonsumsi oleh vegetarian. Produk yang berada di bawah naungan Konimex ini bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal efek buruk radikal bebas dan melindungi kulit serta pembuluh darah. Penggunaan secara teratur dapat membantu kulit Anda agar senantiasa tampak awet muda. (Baca juga: Manfaat mengkudu untuk jantung)

7. Kirkland Signature Vitamin E 400 IU

Kisaran harga: Rp 400.000/botol

Sebagaimana telah kita diskusikan sebelumnya bahwa vitamin E tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit dan anti-penuaan. Namun juga dapat menjaga sistem imunitas dan kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya yang kaya. Kirkland Signature Vitamin E 400 IU adalah salah satu suplemen Vitamin E yang kaya antioksidan. Vitamin E ini akan mencegah kolesterol LDL dari oksidasi yang mengakibatkan kerusakan pada sel-sel jantung. Produk impor ini dapat Anda peroleh di apotik dan toko obat di sekitar Anda, juga secara online.

8. Ultimate Nutrition Vitamin E 400 IU

Kisaran harga: Rp 340.000/botol

Produk ini awalnya dipasarkan untuk membentuk massa otot. Akan tetapi, kini Ultimate Nutrition juga dikenal sebagai merk vitamin E yang bagus karena memproduksi Vitamin E 400 IU. Suplemen ini berperan sebagai antioksidan untuk menguatkan daya tahan tubuh. Bahkan, diklaim dapat juga melindungi Anda dari penyakit kanker, penyakit jantung, glaukoma, katarak, Alzheimer dan Parkinson. Tentu saja, suplemen ini juga ampuh untuk menjaga kesehatan kulit dan memudarkan bekas luka di kulit secara perlahan tapi pasti. Produk ini juga dapat diperoleh di apotik ataupun toko online. (Baca juga: Makanan untuk anak sakit jantung)

9. Sea-Quill Vitamin E 400 IU

Kisaran harga: Rp 325.000/botol

Produk yang sudah lama beredar di apotik Indonesia ini juga menawarkan manfaat untuk mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban kulit dan melindungi paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV. Tidak hanya itu, Sea-Quill Vitamin E 400 IU juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, hipertensi, gangguan jantung, dan rematik.

10. Nutrimax Vitamin E 400 IU Water Soluble

Kisaran harga: Rp 250.000/botol

Vitamin ini menggunakan teknologi water soluble yang mempercepat proses penyerapan vitamin oleh tubuh. Keunggulan lainnya adalah kandungan chlorophyllin yang akan meningkatkan fungsi hati serta mengoptimalkan fungsi detoksifikasi. Selain untuk kecantikan kulit dan tubuh yang sehat, produk ini juga dapat menjaga kesehatan jantung dan efek buruk lain yang disebabkan oleh radikal bebas.

Nah, dari ulasan tentang vitamin E di atas, Anda dapat mulai memilih dan mengkonsumsi vitamin E sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jangan berlebihan, cukup 100-200 IU alfa tokoferol untuk wanita dan 200 IU untuk pria, namun sebaiknya dikonsumsi sebagai kombinasi berbagai jenis tokoferol termasuk gamma. Sebagai tambahan, memasukkan 1000 mg vitamin C dan setidaknya 100 mg CoQ10 akan melindungi vitamin E yang Anda konsumsi agar dapat memberikan manfaat secara optimal. Sayangi jantung Anda dengan mengkonsumsi vitamin E dan menjalani gaya hidup jantung sehat karena pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Vitamin