19 Penyebab Penyakit Jantung Koroner dan Kanker Hati

Penyakit jantung adalah momok bagi sebagian besar masyarakat di dunia. Penyakit jantung sendiri memiliki jenis-jenis penyakit jantung yang memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tak khayal banyak penderita yang baru mengetahui jika ia didiagnosa terkena penyakit jantung malah semakin parah dari hari ke hari. Hal ini didorong oleh rasa cemas oleh si penderita, kecemasan akan kondisi kesehatan jantungnya dan momok kematian yang melanda sebagian besar penyakit tersebut.

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu dari jenis penyakit tersebut dimana saat Anda terserang penyakit jantung koroner pembuluh darah koroner akan menyempit yang disebabkan oleh tumpukan lemak. Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerja jantung itu sendiri.

Penyakit jantung koroner tidak mengenal jenis kelamin, baik pria maupun wanita bisa terserang oleh penyakit ini. Dan ciri-ciri penyakit jantung koroner pada wanita pun tidak akan berbeda jauh dengan yang terjadi pada pria. Ciri-cirinya yakni munculnya keringat dingin, adanya rasa nyeri di bagian dada dan perut, serta mengalami sesak napas. Apabila Anda merasakan cirri-ciri yang sama, segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar lebih cepat mendapatkan penanganan dari dokter.

Faktor penyebab jantung koroner yang paling utama yaitu persoalan gaya hidup yang dijalani masing-masing orang. Namun secara detail penyebab jantung koroner akan dipaparkan lebih lanjut seperti di bawah ini.

1. Mengonsumsi makanan cepat saji dengan volume yang banyak. Bahayanya ialah selain asupan gizi yang kurang, makanan cepat saji pun dapat memberi 20 % sumbangsih terhadap resiko jantung per harinya
  2. Obesitas atau kegemukan menjadi point penyebab selanjutnya, dimana pada saat badan menjadi gemuk dikhawatirkan banyak tumpukan lemak sehingga memberi peluang terjadi penumpukan pula pada pembuluh koroner.
  3. Tidak menyukai konsumsi buah dan sayur atau bisa pula dia suka tapi asupannya kurang, tidak sesuai dengan yang seharusnya di dapat oleh tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi, air, mineral, dan vitamin. Setidaknya apabila Anda memenuhi asupan buah dan sayur per harinya minimal 4% bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung koroner.
  4. Tidak mampu mengelola emosi sehingga menimbulkan stress, bisa pula menjadi penyebab terjadinya jantung koroner. Biasanya stress diakibatkan dari tekanan pekerjaan dan lain sebagainya.
  5. Terlalu banyak makan gorengan. Memang hal ini sudah menjadi kebiasaan ketika perut minta diganjal untuk sekadar cemilan di waktu-waktu santai. Tapi, sebenarnya terlalu banyak makan gorengan pun bisa menyebabkan penumpukan plak dan menyumbat pembuluh darah. Makan gorengan sudag pasti member resiko yang tinggi untuk jantung koroner.
  6. Kebiasaan merokok adalah bukan hal baru lagi, bahkan di kemasan rokok pun sudah tertera dengan jelas bahwa rokok bisa menimbulkan penyakit jantung bahkan kematian. Tapi, tetap saja penggemarnya tak kunjung sepi. Apakah Anda salah satunya?
  7. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa memberatkan kerja jantung
  8. Diabetes atau kadar gula dalam darah. Jika terlalu banyak akan menimbulkan plak pada pembuluh darah sehingga bisa pula menjadi penyebab penyakit jantung koroner
  9. Terlalu sering begadang akan membuat kerja jantung terlalu banyak, yang harusnya tubuh sudah beristirahat, jantung terpaksa memompa darah lebih dari porsi kerja biasanya, selain itu, biasanya jika Anda begadang sering terasa lapar dan memungkinkan Anda untuk makan pada malam hari. Kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah obesitas yang pada akhirnya pun mengarah ke penyakit jantung koroner
  10. Terlalu sering mengonsumsi alkohol menjadi salah satu faktor penyebab jantung koroner. Jantung perlahan-lahan akan rusak karena kandungan yang ada di alkohol.
  11. Faktor keturunan adalah hal yang tidak bisa dihindari, jika sudah keturunan kemungkinan besar pasti juga akan mengalami hal yang sama. Apalagi jika tidak diimbangi dengan gaya hidup penderita jantung koroner yang baik dan benar.

Dari beberapa penyebab yang telah dipaparkan, ada satu penyebab yang bisa jadi sorotan yaitu factor obesitas. Ternyata obesitas tak hanya berdampak pada masalah jantung Anda, obesitas juga bisa menjadi penyebab masalah pada hati Anda yakni timbulnya penyakit hati lemak non-alkohol dimana bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Dan apabila penyakit hati tersebut sudah akut dan kronis bisa pula menimbulkan penyakit lain yang tak kalah mengerikan yakni kanker hati.

Berbicara mengenai kanker hati, berikut ini akan dipaparkan pula apa saja penyebab timbulnya penyakit kanker hati.

1. Obesitas atau kegemukan menjadi penyebab utama pada terjadinya kanker hati sebab pada hati terdapat banyak tumpukan lemak.
  2. Penggunaan alcohol menjadi factor selanjutnya selain obesitas. Kandungan alcohol ini memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, hampir seluruh organ penting dalam tubuh bisa rusak karenanya, khususnya pada jantung dan hati
  3. Cacat lahir pada organ hati menjadi penyebab kanker hati yang cukup sulit diatasi.
  4. Kebiasaan merokok lagi-lagi menjadi penyebab terjadinya penyakit yang bisa dikatakan parah seperti penyakit kanker hati ini.
  5. Infeksi kronis hemochromatosis atau kondisi dimana terlalu banyaknya zat besi di dalam hati
  6. Memiliki riwayat diabetes
  7. Terdapat gangguan metabolism dalam tubuh
  8. Sirosis hati dimana kondisi sel-sel hati sudah kehilangan fungsinya

Dari keseluruhan informasi yang disampaikan sebelumnya bisa disimpulkan bahwa penyebab penyakit jantung koroner dan kanker hati hampir sama, seperti yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alcohol, factor bawaan baik cacat lahir maupun bawaan gen, serta akibat dari kegemukan atau obesitas dimana bisa penyebabkan tumpukan lemak. Bedanya pada jantung koroner, penumpukan lemak terjadi di pembuluh darah sehingga menghambat kerja jantung, sedangkan pada kanker hati terdapat tumpukan lemak di organ hati itu sendiri.

Dilihat dari faktor penyebab yang sama, ternyata kedua penyakit tersebut pun menjadi angka tertinggi yang bisa mengantarkan manusia ke kematian apabila tidak ditangani secara benar. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk melakukan check up rutin pada dokter ahli dan spesialis masing-masing organ agar mendapat pertolongan yang sesuai dengan keadaan kondisi tubuh Anda.

Biasakan diri pada kebiasaan hidup sehat, agar meminimalisir resiko terserang penyakit jantung koroner dan kanker hati.

, , ,