14 Ciri-Ciri Kanker Jantung Stadium 1 dan Cara Pencegahannya

Jenis-jenis penyakit jantung sering kali diindentifikasikan dengan penyakit mahal, hal ini dikarenakan penanganan dan pengobatannya yang teramat mahal. Bagi sebagian masyarakat menengah kebawah penyakit ini sangatlah luar biasa harganya, dengan fasilitas asuransi atau faskes yang dimiliki terkadang tidak mencukupi beban biaya pengobatan. Alhasil banyak penderita jantung mengalami keterlambatan penanganannya sampai-sampai berujung menjadi kanker jantung stadium 1 dan salah satu menyebabkan angka kematian.

Oleh sebab itu mendeteksikan diri secara dini amat sangatlah penting, selain Anda lebih tahu tentang penyakit yang diderita juga bisa mengetahui alternatif pengobatan apa yang bisa Anda lakukan. Selain faktor genetik, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang berlebihan, selama bertahun-tahun melakukan hal yang dianggap sepele sampai pada tingkatan penyakit jantung yang serius.

Penyakit ini memiliki ciri yang khusus dibanding penyakit lainnya, selain menyerang jantung Anda penyakit ini juga bisa menjalar ke penyakit lain jika tidak segera ditangani dengan baik dan benar. Jika Anda memiliki ciri-ciri seperti penjelasan dibawah ini segera konsultasikan ke dokter terdekat :

1. Rasa Nyeri di bagian Dada dan Kepala

Nyeri dibagian dada atau disebut juga angina yaitu, dimana Anda merasakan adanya tekanan atau rasa menyesak di dada, seakan ada orang yang menindih di atas dada Anda. Ditandai dengan rasa nyeri, sakit kepala dan kemudian sesak, biasanya dipicu oleh kadar stres fisik atau emosional yang tinggi. Nyeri umumnya hilang dalam beberapa menit setelah berhenti melakukan aktivitas dan beristirahat cukup. Kepala Anda juga ikut terasa berat seperti halnya sakit kepala biasanya, disertai rasa mual dan muntah.

2. Sesak Nafas

Selain rasa nyeri yang menusuk, sesak nafas yang dirasakan penderita penyakit ini amat serius. Sesak nafas yang dirasakan bisa membuat nafas Anda terjepit dan sulit untuk menarik dan mengeluarkan nafas dengan lega, jika penderita jantung memiliki riwayat penyakit lain seperti asma atau paru-paru. Maka hal ini akan memperburuk kondisi penderita.

3. Irama Jantung Tidak Beraturan

Dikarenakan detak jantung yang tidak stabil, maka terjadilah nyeri dada dan sesak nafas. Penyebab detak jantung tidak beraturan biasanya hal ini terjadi akibat Anda terlalu berat melakukan aktivitas atau karena stress yang berlebihan. Sehingga terjadi indikasi gejala tersebut, dan bisa kemungkinan ada kelainan yang terjadi pada jantung Anda sehingga detak dan bunyi jantung memiliki kelainan. Baca juga mengenai

4. Keringat Berlebih di Malam Hari

Pada saat Anda beristirahat tidur, terkadang tanpa disadari keringat mengucur. Namun bagi Anda yang berpikir semua itu wajar-wajar saja, bisa jadi karena cuaca panas ataukah kondisi Anda sedang mengalami demam. Namun perlu disadari secara detail keringat yang berlebihan yaitu keluarnya keringat dingin sampai-sampai pakaian dan tempat tidur Anda basah karena keringat. Hal ini perlu ditindaklanjuti segera karena kemungkinan hal ini pertanda ada kelainan pada tubuh Anda.

5. Tubuh Terasa Sakit

Bagi penderita penyakit ini tidak hanya dada yang terasa sakit, sakit yang diderita bisa menyebar kebagian tubuh yang lain seperti kepala, tangan, leher, punggung, ulu hati, rahang, dan perut. Selain itu, diikuti juga dengan napas yang pendek. Bila memang Anda mengalami hal ini, apalagi dalam frekuensi yang intens, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Sulit Tidur Nyenyak di Malam Hari

Apabila Anda mengalami seringnya susah tidur di malam hari, disertai dengan adanya kelelahan yang tinggi selama seharian. Ada baiknya Anda perlu perhatikan, apalagi kesulitan tidur Anda boleh dibilang hampir setiap hari. Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat yang bisa Anda kunjungi. Baca juga mengenai serangan jantung saat tidur.

7. Hilangnya Nafsu Makan

Jika Anda mengalami gejala tersebut diatas, ditambah lagi porsi makanan Anda semakin berkurang. Maka hal ini bisa dikatakan gejala ringan penyakit jantung. Dikarenakan pada kasus ini lambung mengalami gangguan sehingga timbulnya rasa mual dan muntah. Dengan kejadian ini penderita mengalami penurunan pola makan yang mengakibatkan berat badan turun secara drastis.

8. Sering Pingsan Tiba-tiba

Jika tiba-tiba keseimbangan Anda hilang atau pingsan mendadak disertai deman, Anda perlu mewaspadai hal ini. Segera cek kondisi secara berkala ke dokter langganan Anda.

9. Terjadinya Pembengkakan Pada Jantung

Dalam tahap kanker jantung stadium 1, sudah bisa dikatakan adanya pembengkakan pada jantung Anda. Dengan intensitas rasa nyeri pada dada dan terasa sakit jika dada disentuh. Baca juga mengenai jantung bengkak.

Cara Pencegahan Kanker Stadium 1

Sebagai tindakan pencegahan agar penyakit Anda tidak semakin parah lakukan tindakan sebagai berikut :

1. Hindari Makan Mengandung Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, alangkah baiknya hindari makanan dengan bahan dasar minyak. Apalagi penyakit Anda baru dibilang stadium awal, baiknya jangan pernah melakukan hal yang membuat gejalanya bertambah. Makanan tinggi kolesterol seperti gorengan, jeroan, daging merah, bebek, seafood, junkfood, makanan siap saji dan lain sebagainya.

2. Hindari Merokok dan Alkohol

Jika Anda ingin sehat dan bugar, hindarilah merokok dan minum-minuman beralkoholBahaya alkohol bagi jantung dapat memicu gejala penyakit Anda dan memiliki efek buruk baik bagi tubuh dan psikis Anda juga

3. Perbanyak Konsumsi Buah, Sayuran dan Air Putih

Asupan yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan bagi penderita penyakit ini, seperti buah dan sayuran yang dianjurkan mampu memberikan nutrisi lebih dalam proses pencegahan agar tubuh Anda tidak lemah dan metabolisme menurun. Perbanyak minum air putih sangat dianjurkan untuk memperlancar pembuangan zat buruk dalam tubuh Anda.

4. Rutin Berolahraga dan Jaga Tubuh Ideal Anda

Dengan rutin berolahraga yang sesuai dengan porsi Anda, akan melatih jantung sehat dan tubuh bugar. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu, serta tetap menjaga tubuh ideal dengan diet sehat maka kesehatan Anda akan terjaga.Paling tidak mencegah lebih baik daripada mengobati.

5. Minumlah Obat Secara Teratur

Apapun jenis obat yang dianjurkan dokter untuk Anda, rutinlah meminumnya. Karena hal ini akan mengurangi kondisi Anda semakin parah, jangan anggap sepele penyakit dengan tidak mengindahkan rekomendasi dokter Anda.
Demikian penjelasan mengenai kanker jantung stadium 1, mulai dari ciri-ciri dan pencegahannya. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Kategori : Pencegahan