Sponsors Link

3 Gejala Jantung Bengkak Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Jantung bengkak pada bayi atau sering disebut dengan pembengkakan jantung, sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. Penyakit ini tidak akan memandang berapa usia seseorang, jadi baik bayi atau orang dewasa resikonya sama-sama ada.

ads

Sedangkan pada bayi yang baru saja lahir, gejala jantung bengkak pada bayi dapat Anda lihat melalui beberapa tanda, seperti napas, detak jantung dan lain-lain. Lebih jelasnya, berikut adalah penjelasannya:

  • Nafas bayi yang semakin cepat

Saat bayi mengalami kondisi pembengkakan pada jantung biasanya nafasnya akan semakin cepat. Pernafasan standar biasanya hanya akan mencapai hingga 40 kali nafas dalam waktu 1 menit. Namun pada bayi yang mengalami kondisi bengkak jantung ia akan bernafas lebih dari 40 kali. Kondisi ini dalam istilah medis dinamakan tachypnea.

Gejala nafas yang semakin cepat disebabkan karena jantung yang semakin membengkak dan semakin tidak bisa bekerja dengan normal. Jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik sehingga akan membuat bayi bernafas dengan sangat cepat guna memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuhnya. Selain terjadi pada bayi yang mengalami pembengkakan jantung, kondisi ini juga biasanya akan terjadi pada bayi yang mengalami gagal ginjal.

  • Detak jantung bayi yang semakin cepat

Bayi yang mengalami kondisi pembengkakan pada area jantunya mempunyai detang yang semakin cepat. Hal tersebut dikarenakan jantung tidak bisa memompa darah dengan maksimal sebagai mana mestinya, sehingga jantung harus bisa bekerja dengan lebih keras agar bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Selain karena bengkak jantung, percepatan detak jantung juga mungkin saja bisa menjadi akibat dari gangguan penyakit lain, jadi untu bisa memastikannya segeralah bawa anak ke dokter

  • Bayi yang terlalu cepat lelah

Bayi yang mengalami kondisi bengkak pada jantung juga biasanya akan terlihat lemas dan mudah lemah. Beberapa kegiatan kecil seperti makan dan mandi tidak bisa mereka lewati dengan semangat seperti bayi sehat pada umumnya. Kondisi ini juga biasanya akan diikuti dengan keringat bayi yang mudah sekali keluar padahal tidak melakukan kegiatan apapun.  Jika kondisinya sudah semakin parah bahkan berat badan bayi tidak dapat meningkat walaupun sudah mengkonsumsi banyak makanan..

  • Perubahan warna kulit bayi

Pembengkakan pada jantung juga biasanya akan membuat perubahan warna pada kulit bayi. Ada beberapa warna kulit yang mesti Anda perhatikan yaitu kemerahan, pucat dan  kebiruan. Bayi akan berwarna merah di sekujur tubuhnya jika ia lahir dari ibu yang menderita penyakit diabetes. Sedangkan bayi yang lahir berwarna biru diseluruh tubuhnya bahkan sampai ke bagian mulutnya, menandakan bahwa bayi sangat kekurangan oksigen. Sedangkan bayi yang terlahir dengan warna kulit pucat merupakan tanda bayi mengalami gagal jantung. Perubahan warna ini akan terjadi disepanjang hari, atau hanya saat bayi melakukan aktivitas tertentu, seperti menyusui atau makan.

Sponsors Link

Apa efek pembekakan jantung pada bayi?

Kondisi pembengkakan akan mengakibatkan adanya pembekuan darah dan membuat bayi kesulitan bernafas, sampai ia mengalami gagal jantung kongestif. Ini adalah jenis penyakit jantung yang ditandai dengan nafas pendek, bengkak pada area perut dan mudah kelelahan. Untuk mengatasi pembengkakan jantung pada bayi yang baru saja lahir biasanya akan diberikan beberapa obat yang bermanfaat menurunkan tekanan kerja jantung.

Itulah gejala jantung bengkak pada bayi yang sangat perlu Anda waspadai. Jika ternyata bayi mengalami kondisi yang bahkan Anda tidak memahami penyebabnya segeralah konsultasikan pada dokter agar bisa mendapatkan perawatan secepat mungkin.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab