7 Ciri Serangan Jantung Pada Wanita Saat Menstruasi

Serangan jantung memang bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali untuk pria dan wanita. Namun ternyata wanita sebenarnya memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan yang terjadi pada pria. Hal ini bisa karena hormon estrogen yang dihasilkan pada tubuh wanita. Sementara pria tidak bisa menghasilkan hormon tersebut.

Hanya saja wanita bisa saja terkena serangan jantung terutama saat menstruasi. Saat menstruasi maka aliran hormon estrogen dalam tubuh berkurang dengan sangat cepat. Kemudian ini melemahkan kesehatan jantung dari waktu ke waktu. Kondisinya bisa menjadi lebih lemah lagi jika wanita sudah menderita beberapa penyakit reproduksi seperti kista, endometriosis dan PCOS. Tapi jangan takut karena kondisi ini bisa diperhatikan dari gejalanya. Berikut ini adalah ciri serangan jantung pada wanita saat menstruasi.

• Dada sakit

Dada terasa sakit saat menstruasi memang dianggap hal yang sangat wajar. Semua itu karena pengaruh hormon yang membuat payudara terasa penuh dan sesak. Tapi ternyata serangan jantung juga bisa menyebabkan gejala ini. dimana jantung akan menjadi terasa sesak, dada sulit untuk merasa longgar dan biasanya ada perasaan diremas pada bagian dalam dada.

Nyeri dada sampai ke belakang juga harus diperhatikan karena kondisi ini bisa jadi tanda penyakit jantung yang sangat serius. Terkadang rasa sakit pada dada tidak hanya terasa pada bagian kiri atau kanan dada, tapi menyebar dari pusat dada. Karena itu wanita harus waspada jika gejala ini terjadi saat menstruasi.

• Sakit perut

Saat menstruasi maka memang wanita akan merasa sakit perut yang tidak nyaman. Sakit perut bisa berkembang karena penebalan pada dinding rahim yang keluar lewat menstruasi. Rasa sakit juga bisa berkembang dari mulai kram perut sampai nyeri yang parah. Hanya saja jika wanita yang sedang menstruasi mengalami gangguan jantung maka akan menyebabkan tekanan pada perut yang sangat parah. Sakit perut bisa berkembang mulai dari bagian perut bawah menyebar ke atas sampai dada. Ini harus diwaspadai karena bisa jadi terkena angine terlebih ketika disertai dengan rasa nyeri dada kiri seperti ditusuk-tusuk.

• Nyeri pada lengan

Ternyata ketika sudah mengalami  nyeri dada sebelah kiri hilang dan timbul maka bisa menyebabkan kondisi lain yang lebih tidak nyaman. Serangan jantung bisa menyebabkan nyeri pada lengan. Rasa sakit kemudian akan menyebar sampai ke punggung, rahang dan leher. Terkadang saat mengalami semua gejala ini ketika menstruasi maka wanita akan mengabaikan gejalanya. Biasanya wanita juga bingung karena kondisi ini pasti hanya karena menstruasi saja.

Namun ternyata tidak karena kondisi ini bisa berkembang dari waktu ke waktu. Terlebih jika ternyata rasa sakit muncul selama tidur sehingga gejalanya sulit untuk diperhatikan. Kondisi ini juga akan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga bisa terkadang sampai tidak bisa istirahat.

• Sesak nafas

Saat menstruasi maka biasanya wanita juga akan mengalami sesak nafas. Hal ini berkaitan dengan menurunnya jumlah sel darah merah pada tubuh sehingga oksigen sulit mencapai paru-paru secara normal. Tapi ternyata sesak nafas saat menstruasi juga bisa menjadi tanda dari serangan jantung. Wanita harus waspada dengan ciri sesak nafas karena jantung karena kondisinya akan lebih parah. Sesak nafas pada serangan jantung bisa terjadi karena jantung tidak memompa darah secara normal seperti jantung yang sehat.

• Mual dan pusing

Mual dan pusing juga sangat wajar dialami ketika sedang menstruasi. Hal ini bisa berhubungan dengan kondisi bahwa sel darah merah menurun dengan cepat selama menstruasi. Kemudian wanita menjadi sangat rentan dengan anemia. Tapi masalahnya serangan jantung juga akan menyebabkan mual dan pusing yang sangat tidak nyaman. Mual dan pusing menjadi gejala khusus ketika serangan jantung terjadi dengan cepat. Anda bisa merasakan mual dan pusing yang sangat tidak nyaman seperti baru saja berlari.

• Rasa lelah yang berlebihan

Serangan jantung juga akan menyebabkan rasa lelah yang sangat buruk. Kondisi ini masalahnya juga terjadi ketika wanita sedang mengalami menstruasi. Rasa lelah akibat menstruasi sangat wajar terlebih ketika mengalami anemia. Tapi masalahnya lelah karena penyakit jantung bisa menunjukkan gejala yang berbeda. Biasanya lelah karena serangan jantung sulit untuk dideskripsikan. Karena tubuh tidak bisa melakukan berbagai aktifitas dan juga sulit untuk bisa merasa normal. Jika sudah ada tanda seperti ini maka segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

• Keringat dingin

Keringat dingin bisa jadi tanda yang sangat serius ketika serangan jantung. Keringat dingin artinya tubuh sedang berusaha untuk mengeluarkan semua suhu panas namun ini hal yang tidak normal. Ini juga menjadi tanda ketika jantung sudah tidak bisa memompa dengan normal sehingga tubuh mulai kekurangan oksigen. Terlebih jika ternyata tubuh mengeluarkan keringat dingin saat cuaca sangat panas.

Apa yang Harus Dilakukan?

• Minta  bantuan

Jika sudah menyadari beberapa gejala tersebut maka cobalah untuk segera meminta bantuan dari orang terdekat. Anda bisa menghubungi tetangga, saudara, teman kantor, keluarga atau bahkan meminta bantuan darurat. Jangan sampai Anda pergi ke rumah sakit dengan mengendarai mobil atau motor sendiri karena bisa sangat berbahaya. Segera minta bantuan pada orang terdekat supaya bisa mengantar ke rumah sakit.

• Tidak menunda perawatan

Jika gejala terus menerus terjadi dengan frekuensi sering terjadi lalu sembuh sendiri maka Anda juga tidak boleh menunda perawatan. Anda tidak bisa mengabaikan gejala karena serangan jantung sering terjadi dengan sangat cepat. Cobalah untuk segera pergi ke rumah sakit terdekat atau dokter praktek terdekat sehingga segera mendapatkan bantuan.

• Perhatikan gejala

Karena semua gejala dari serangan jantung saat menstruasi juga termasuk masalah yang sama saat menstruasi maka Anda sebaiknya tidak mengabaikan semua gejala ini. Terlebih jika gejala berkembang terus dan semakin parah. Kondisi ini bisa sangat berbahaya sehingga sangat tidak nyaman. Jadi perhatikan gejala dan segera periksa ke rumah sakit.

Begitulah ciri serangan jantung pada wanita saat menstruasi. Karena semua gejala tersebut sering diabaikan dan dianggap wajar maka mulai sekarang harus perhatian dengan gejala dan segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan.

, ,