Sponsors Link

Jantung Berdetak Kencang Saat Naik Tangga : Penyebab Dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Detak jantung selalu menjadi ukuran kondisi jantung yang sakit atau sehat. Detak jantung normal atau juga diukur dari denyut nadi berkisar antara 60 sampai 100 denyut per menit. Detak jantung akan mengikuti kondisi aktifitas tubuh dan kondisi jantung itu sendiri. Faktor lain yang bisa membuat detak jantung menjadi cepat atau lambat adalah seperti suhu udara di lingkungan, posisi tubuh, ketinggian, kesehatan tubuh, emosi, obat yang diminum dan ukuran tubuh.

ads

Aktifitas seperti berlari, berjalan, atau naik tangga juga akan menyebabkan pengaruh yang cukup besar. Misalnya saja saat sedang naik tangga maka bisa memicu kondisi yang cukup riskan karena detak jantung menjadi sangat cepat. Banyak orang yang curiga dengan masalah ini karena mengira terkena penyakit jantung tertentu. Karena itu kami akan membahas mengenai jantung berdetak kencang saat naik tangga meliputi penyebab dan cara mengatasi.

Penyebab

  • Kondisi yang normal

Anatomi jantung manusia terdiri otot yang berfungsi untuk memompa darah ke semua bagian tubuh melewati arteri dan pembuluh darah lain. Akhirnya pada jantung yang normal akan membuat semua bagian tubuh menerima darah yang segar dan kaya dengan oksigen. Oto jantung berkontraksi secara normal selama 60 sampai 100 kali per menit. Namun jumlah kontraksi tersebut hanya terjadi ketika tubuh istirahat atau tidak ada aktifitas yang padat dan cepat. Sementara ketika tubuh beraktifitas maka bisa membuat kontraksi jantung meningkat. Dan inilah yang membuat ketika naik tangga maka detak jantung menjadi sangat cepat.

  • Pengaruh aktifitas

Detak jantung yang cepat saat naik tangga belum tentu menjadi tanda dari beberapa jenis-jenis penyakit jantung. Hal ini karena ketika tubuh beraktifitas maka detak jantung mengalami fluktuasi seperti yang dikatakan oleh ahli kesehatan jantung dari klinik jantung Cleveland. Detak jantung akan naik secara alami saat tubuh beraktifitas karena semua bagian jaringan tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Bagian ini terutama seperti otot yang berusaha untuk menggerakkan tubuh ketika naik tangga. Oksigen akan masuk ke semua bagian tubuh melalui paru-paru yang kemudian masuk ke otot melewati sel darah merah. Untuk itu demi mencukupi kebutuhan oksigen saat naik tangga maka jantung akan bekerja keras untuk memompa darah.

  • Terjadi gagal jantung kongestif

Terjadinya gagal jantung kongestif bisa menyebabkan detak jantung menjadi sangat cepat. Namun kondisi ini masih jauh dari adanya serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian pada penderita. Kondisi ini bisa terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke semua bagian tubuh sehingga otot jantung menjadi lemah. Karena adanya otot jantung yang lemah sehingga ada bagian jantung yang bekerja sangat keras untuk memompa darah. Masalah ini bisa menyebabkan tekanan dan cairan menumpuk dan masuk di paru-paru sehingga penderita selain mengalami detak jantung cepat juga sulit untuk bernafas dengan baik.

  • Terjadi regurgitasi katup aorta

Ketika terjadi masalah regurgitasi katup aorta maka salah satu dari empat katup jantung tidak bisa berfungsi dengan benar. Kondisi ini akan membuat salah satu katup mengalirkan darah keluar atau masuk sesuai fungsi katup jantung yang mengalami masalah. Proses ini juga akan membuat ketika darah mengalir ke bagian aorta maka akan menekan jantung dan mengurangi  jumlah darah yang seharusnya mengalir ke semua bagian tubuh. Kondisi ini bisa terjadi sebagai serangan mendadak dan juga serangan jangka panjang. Gejala lain dari masalah penyakit katup jantung seperti sesak nafas, nyeri dada, dan detak jantung yang sangat cepat. Tentu ini sangat berbahaya ketika terjadi saat naik tangga.

  • Aritmia jantung

Ketika detak jantung semakin cepat maka itu juga bisa terjadi pertanda masalah aritmia jantung. Aritmia jantung akan membuat detak jantung sangat cepat sampai membuat jantung gemetar. Pada saat naik tangga maka ini bisa membuat tubuh bergetar sendiri sehingga penderita juga tidak nyaman. Gejala lain dari kondisi ini termasuk seperti sakit kepala ringan, sesak nafas, dada sakit, dan terjadi penggumpalan darah pada pembuluh darah. Biasanya masalah ini terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia. Penderita penyakit komplikasi dari hipertensi, penyakit jantung bawaan dan kebiasaan hidup yang buruk juga bisa membuat gejala sangat jelas.

  • Masalah stenosis katup aorta

Terjadinya masalah penyempitan katup aorta atau stenosis aorta juga bisa membuat kondisi detak jantung sangat cepat ketika naik tangga dan aktifitas lain yang lebih berat. Hal ini terjadi ketika adanya masalah pada katup aorta maka aliran darah dari aorta ke arteri tidak berjalan dengan normal. Katup aorta yang semakin sempit akan menyebabkan tekanan pada jantung menjadi sangat berat dan ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah. Penyakit ini mungkin akan lebih berat jika berhubungan dengan usia penderita dan kelainan jantung bawaan.

  • Miokarditis

Peradangan pada otot jantung atau miokarditis juga akan menyebabkan jantung berdetak cepat saat naik tangga. Kondisi ini mungkin juga akan lebih parah lagi jika terjadi komplikasi akibat bakteri, parasit, jamur, dan virus. Juga ketika naik tangga setelah mengonsumsi obat jantung tertentu dan obat untuk penyakit lain. Gejala yang perlu diwaspadai seperti sesak nafas, nyeri dada dan rasa lelah yang parah saat beraktifitas ringan.

Cara Mengatasi

  1. Olahraga. Jika mengalami kondisi ini maka cobalah untuk berolahraga secara ringan untuk meningkatkan kerja otot jantung. Olahraga seperti jalan kaki, jogging dan berenang bisa membuat kapasitas kerja jantung menjadi lebih baik.
  2. Pemeriksaan medis. Jika mengalami gejala lain termasuk seperti tubuh yang lelah atau lemah, sering sakit kepala, sering sesak nafas, keringat dingin saat beraktifitas dan masalah lain maka segera periksa ke rumah sakit terutama untuk melihat kondisi jantung, apakah normal atau tidak.
  3. Istirahat. Anda juga perlu istirahat ketika naik tangga terutama jika tangga panjang. Jangan memaksa untuk terus naik saat detak jantung sudah sangat kuat. Cobalah untuk menarik nafas panjang dan segera istirahat sambil duduk di tangga. Dan minta bantuan ketika kondisi memburuk agar tidak jatuh.

Itulah semua keterangan mengenai jantung berdetak kencang saat naik tangga meliputi penyebab dan cara mengatasi. Jika Anda mengalami masalah ini maka segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab