Sponsors Link

Inilah Manfaat Apel untuk Jantung dan Kandungan Dahsyatnya

Sponsors Link

Apel tergolong dalam jenis buah yang merupakan anggota keluarga dari mawar atau Rosaceae. Buah yang berbentuk bulat ini biasanya berwarna merah, merah kekuningan, merah kehijauan, kuning hingga hijau tergantung dengan jenisnya. Buah apel biasanya memiliki rasa manis dan juga sedikit asam. Buah apel juga memiliki aroma buah yang khas. Buahnya memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga sangat menyegarkan saat dikonsumsi.

ads

Apel merupakan buah yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Konon, pada jaman dulu, apel hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas di dalam kerajaan, menandakan bahwa apel adalah salah satu buah yang istimewa. Namun sekarang semua lapisan masyarakat sudah dapat merasakan segarnya buah apel karena memang sudah tersebar luas dan juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Bahkan ada pepatah mengatakan “An Apple a day keeps the doctor away”, artinya adalah apabila seseorang memakan satu buah apel setiap hari, maka akan bebas dari segala jenis penyakit.

Pepatah itu mungkin muncul karena adanya fakta bahwa apel memang sangat baik dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Perlu anda ketahui, bahwa makan dua buah apel setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner, jantung bengkak dan jenis-jenis penyakit jantung lainnya yang mengancam jiwa anda. Ini dikarenakan oleh kandungan proaktif flavonoid di dalam apel. Selain itu, apel dapat meningkatkan energi vital, menguatkan limpa, serta memperlancar produksi air liur.

Secara umum manfaat apel untuk jantung tentu saja berasal dari kandungan nutrisinya yang tinggi dan juga kaya. Berikut adalah manfaat apel untuk jantung berdasarkan kandungan nutrisinya:

  • Epicatechin, epigallocatechin, kaempferol, dan quercetin

Apel mengandung beberapa zat alami seperti epicatechin, epigallocatechin, kaempferol, dan quercetin. Zat-zat ini merupakan kandungan proaktif dari apel yang akan menimbulkan efek terhadap kesehatan jantung anda karena kandungan flavonoid yang cukup tinggi, terutama quercetinnya. Zat-zat ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya peradangan dalam arteri. Selain itu zat-zat ini dapat mencegah kolesterol jahat atau LDL dari oksidasi yang apabila terjadi akan menyebabkan penyakit jantung tersumbat.

Apel juga mengandung pektin. Pektin merupakan serat terlarut yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah anda dengan sangat baik. Pektin juga akan meningkatkan kemampuan otot usus untuk proses pengeluaran kotoran dari anus. Ini dikarenakan pektin di dalam tubuh manusia mengikat kolesterol dalam saluran sistem pencernaan dan memperlambat penyerapan glukosa. Oleh karena itu, pektin juga dianggap dapat mengurangi kolesterol di dalam darah.

  • Polyphenol

Polyphenol terkandung di dalam kulit apel. Polyphenol berperan sebagai pencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengupas kulit apel saat hendak mengkonsumsinya. Anda cukup mencucinya sampai bersih menggunakan air.

  • Fitokimia dan fitonutrien

kedua zat yang terdapat dalam buah apel ini juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam aliran darah. Dua zat ini biasanya ditemukan dalam tanaman yang berperan sebagai antixiodents terhadap low density yang akan menimbulkan efek penurunan kolesterol didalam darah.

Selain itu, apel juga memiliki indeks glikemik atau indikator kecepatan peningkatan gula darah yang sangat rendah. Itulah yang menyebabkan kandungan gula dalam apel tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah anda. Hal ini juga disebabkan oleh kemampuan apel yang dapat mengontrol keluarnya insulin sehingga dapat terkontrol pada kadar yang optimal.

Sponsors Link

Penelitian yang dilakukan oleh korporat Vita Mix Cleaveland, Ohio, menyebutkan bahwa apel mengandung vitamin A 20 IU per 100 gr jus apel dan krom 0,2 ppm (bagian per juta). Serta asam ellagik, asam kaffeik, dan asam klorogenik (antikanker), pektin serta serat. Dalam secangkir apel mengandung:

  • 15 mg kalsium;
  • 22 mg fosfor;
  • 15 mg zat besi;
  • 15 mg sodium;
  • 250 mg potassium;
  • 2 mg vitamin C;
  • sedikit vitamin B kompleks.

Itulah beberapa manfaat apel untuk jantung. Dengan adanya banyak manfaat dari buah apel, yang juga sebagai buah penguat jantung, patutlah anda mencoba untuk mengkonsumsinya setiap hari. Sebab, dari beberapa penjelasan tentang manfaat apel untuk jantung, selain dapat menjaga kesehatan jantung karena kandungan nutrisinya apel juga dapat menurunkan kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, menstabilkan gula darah, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, membunuh virus infeksi, mengurangi selera makan, memperlancar pencernaan, mempertahankan kesehatan saraf, serta dapat menjadi agen anti kanker.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan