13 Gejala Penyakit Jantung Lemah Pada Wanita Muda dan Dewasa

Penyakit jantung lemah adalah penyakit dan pembunuh nomor 1 di dunia. Berdasarkan data dari World Health Organization atau yang lebih di kenal dengan dengan WHO ada sebanyak 17,7 juta jiwa yang meninggal dunia akibat penyakit jantung lemah, dan lebih dari enam puluh persen dari jumlah tersebut adalah wanita. Satu dari tiga wanita di dunia di beritakan meninggal dunia dengan disebabkan oleh penyakit jantung lemah. Sekitar sembilan puluh persen wanita dunia juga di beritakan memiliki potensi untuk terkena lebih dari satu penyakit jantung lemah.

Walaupun penyakit jantung lemah dapat menyerang siapa saja secara tidak terduga, penelitian menemukan bahwa wanitalah yang lebih rawan terkena penyakit jantung lemah dari pada pria. Gejala-gejala penyakit jantung lemah dapat dilihat dan dideteksi sejak dini. Namun banyak orang, terutama para wanita yang tidak mengetahui bahwa gejala-gejala yang sering mereka abaikan adalah awal tanda-tanda penyakit jantung lemah. Akan tetapi sebelum kita mengenal lebih dalam gejala-gejala penyakit jantung lemah untuk pengobatan dini, alangkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu penyebab penyakit jantung lemah tersebut.

Penyebab Penyakit Jantung Lemah

Penyakit jantung lemah dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari faktor keturunan hingga kondisi biologis yang tidak prima. Untuk lebih jelasnya kami telah merangkum beberapa penyebab umum penyakit jantung lemah pada wanita.

• Faktor Keturunan

Jika salah satu dari anggota keluarga Anda memiliki jantung lemah atau pernah menderita jantung lemah, makanya ada kemungkinan yang sangat besar bahwa Anda juga dapat memiliki penyakit jantung lemah yang disebabkan oleh faktor keturunan. Dan ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter Anda. Faktor keturunan adalah penyebab utama penyakit jantung lemah.

• Kondisi Biologis Jantung

Seperti yang telah ketahui, fungsi jantung adalah untuk memompakan darah dan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh. Akan tetapi dengan kondisi jantung yang tidak prima, maka fungsi utama jantung ini pun akan terganggu. Dengan terganggunya proses pemompaan darah ke seluruh bagian tubuh, maka dengan itu asupan oksigen yang di terima tubuh akan berkurang. Dan dengan berkurangnya asupan oksigen, makan otot-otot di tubuh Anda akan melemah, termasuk otot jantung.

• Kondisi Darah

Selain dari oksigen yang diperlukan tubuh kita dialirkan melalui darah, kondisi darah yang tidak stabil juga akan mempengaruhi kualitas kinerja jantung Anda. Salah satu contohnya adalah, jika Anda mengalami tekanan darah tinggi atau memiliki penyakit kurang darah maka hal tersebut dapat mempengaruhi aliran darah menuju dan dari jantung Anda.

Baca juga: Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung.

Gejala-Gejala Penyakit Jantung Lemah

Sekarang saatnya Anda mengenal gejala penyakit jantung lemah pada wanita berikut ini:

1. Mual

Banyak dari wanita yang sering mengabaikan gejala pertama penyakit jantung lemah dan banyak yang tidak menyangka bahwa gejala sederhana seperti mual adalah salah tanda awal jantung lemah. Banyak wanita yang sering terbangun dengan tiba-tiba dikarenakan rasa nyeri dan mual yang sangat mengganggu. Jika Anda pernah mengalami hal seperti maka sebaiknya Anda segera mengonsultasikan diri Anda dengan dokter. (baca juga: Faktor Penyebab Jantung Koroner)

2. Nyeri di Dada dan Beberapa Bagian Tubuh Lainnya

Rasa nyeri di dada adalah gejala umum penyakit jantung lemah. Tidak hanya di dada, rasa nyeri pun dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Rasa nyeri akan pertama muncul di bagian sebelah kiri dada hal inilah yang di sebabkan bahwa banyak wanita yang tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit jantung lemah dan mengabaikannya dengan pikiran bahwa hal tersebut adalah gejala penyakit lain. Bagian tubuh lain yang dapat di rasakan nyeri di awal gejala penyakit jantung lemah adalah di leher, punggung dan rahang. Biasanya rasa nyeri pada bagian tubuh ini akan muncul secara tiba-tiba dan tanpa penyebab yang jelas. Rasa nyeri di dada dapat terasa seperti tertindih benda yang berat. (baca juga: Penyebab Jantung Koroner dan Pencegahannya)

3. Kelelahan

Banyak yang berpendapat bahwa sering merasa lelah bukan salah satu gejala penyakit jantung lemah, akan tetapi akibat aktivitas sehari-hari yang terlalu banyak. Akan tetapi, penelitian menemukan bahwa hampir tujuh puluh persen wanita yang telah di diagnosis penyakit jantung lemah sering merasa lelah yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kurang asupan oksigen atau oksigen tidak menyebar ke seluruh bagian tumbuh dengan sempurna. Ketika kontraksi otot-otot jantung mulai melemah maka jantung pun tidak dapat melakukan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh sebagaimana mestinya. (baca juga: Cara Mengobati Jantung Koroner)

4. Sakit Kepala

Penyebab utama sakit kepala dan pusing adalah kurangnya asupan oksigen ke otak Anda. Selain sakit kepala dan pusing, salah satu gejala penyakit jantung lemah juga termasuk kurangnya fokus. Ketika wanita penderita jantung lemah sudah sampai ke tahap yang lebih serius, maka hal tersebut akan dapat menyebabkan penderita untuk pingsan. (Baca: Gagal Jantung dalam Kehamilan)

5. Nafsu Makan yang Menurun Secara Drastis

Kondisi ini adalah gejala lanjutan dari rasa mual dan sakit perut. Para wanita yang menderita penyakit jantung lemah juga menyebabkan menurunnya nafsu makan. Hal tersebut akan semakin memperburuk kondisi penderita dan juga menyebabkan menurunnya berat badan. (Baca juga: Gejala Penyakit Jantung pada Wanita)

6. Sesak Nafas

Gejala yang paling umum bagi penderita penyakit jantung lemah adalah sesak nafas. Hampir semua penderita penyakit jantung lemah, baik wanita maupun pria. Akan tetapi banyak wanita yang mengalami sesak nafas beranggapan bahwa sesak nafas mereka adalah masalah gangguan pernafasan biasa. Hal ini juga di sebabkan oleh kemampuan jantung yang tidak dapat memompa darah secara maksimal. Kurang optimalnya pemompaan darah tersebut menyebabkan aliran darah yang mengandung oksigen tidak dapat mencapai ke paru -paru. (baca juga: Serangan Jantung Ringan)

7. Keringat yang Berlebihan

Penderita penyakit jantung lemah sering mengalami keringat yang berlebihan. Yang paling umum di temukan adalah keringat yang berlebihan dan keringat dingin di telapak tangan, terutama pada wanita. Namun hal ini juga sangat sering di salah identifikasi kan dengan gejala penyakit paru-paru basah. Pada wanita penderita penyakit jantung lemah, keringat dingin dan ataupun keringat yang berlebihan dapat terjadi walaupun mereka tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat. Hal tersebut akan semakin parah ketika mereka sedang mengalami stress. (Baca juga: Serangan Jantung Mendadak)

8. Pembengkakan pada Bagian Tubuh dan Organ Tubuh

Pembengkakan pada terjadi pada wanita penderita penyakit jantung lemah yang sudah cukup parah. Pembengkakan dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh namun yang paling sering terlihat adalah pembengkakan yang terjadi pada kaki dan tangan. Pembengkakan ini di sebabkan oleh terganggunya peraliran darah menuju ke ginjal. Sehingga ginjal harus memproduksi hormon pengganti dalam jumlah yang banyak, mengakibatkan terjadi penumpukan air dan garam. Selain itu, pembengkakan pada kaki juga dapat menjadi pertanda adanya penghambatan aliran dari dari ke jantung. (Baca juga: Tes Jantung Paling Akurat)

Selain itu, penumpukan cairan di tubuh terutama di perut atau paru-paru dapat membuat perut Anda menjadi kembung dan membesar. Selain perut, penumpukan cairan di tubuh dan terhambatnya aliran darah dari jantung akan membuat semacam bendungan pada hati dan hati pun akan membengkak dan membesar.

9. Tekanan Darah yang Meningkat atau Menurun

Penyakit jantung lemah sangat berkaitan dengan perubahan tekanan darah, tekanan darah tinggi maupun rendah. Kedua hal tersebut berkaitan dengan meningkatnya kadar garam di dalam tubuh. Di antara kedua hal tersebut, yang paling identik dengan wanita penderita jantung lemah adalah tekenan darah rendah.(Baca juga: Angina Pectoris)

10. Sianosis

Sianosis adalah kondisi dimana tubuh Anda menjadi kebiruan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar karbon dioksida di tubuh Anda dan menurunnya kadar oksigen dalam darah. Kebiruan ini dapat di lihat di kuku, bibir, telapak tangan, telapak kaki dan kuku. (Baca juga: Brugada Syndrom)

11. Aritmia dan Murmur Jantung

Aritmia jantung adalah istilah kondisi jantung yang berdebar secara sangat tidak wajar dan murmur jantung adalah berdebarnya jantung diikuti oleh bunyi desiran. Bunyi ini dapat diperjelas dengan bantuan stetoskop. Aritmia dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki jantung lemah dikarenakan jantung lemah tidak dapat melakukan fungsi nya untuk memompa darah secara maksimal dan sebagai gantinya jantung Anda mempercepat pemompaan darah agar aliran darah dapat optimal kembali. (Baca juga: Penyebab Murmur Jantung)

12. Pertumbuhan Kuku yang Tidak Wajar

Gejala penyakit jantung lemah pada wanita selanjutnya adalah pertumbuhan kuku yang tidak wajar. Ketika sianosis pada tumbuh sudah berlangsung lama maka pertumbuhan kuku pada tangan dan kaki akan menjadi sangat tidak wajar. Kuku Anda akan memiliki ukuran yang besar dan mencembung keluar. Ukuran kuku tersebut tumbuh menyerupai drum stick. (baca juga: Manfaat Bekam untuk Jantung)

13. Batuk Kronis

Salah satu gejala awal pada wanita penderita jantung lemah adalah batuk kronis yang tidak kunjung sembuh. Penumpukan cairan pada paru-paru menyebabkan batuk yang di derita tidak dapat di sembuhkan dengan cepat. Ciri-ciri lain dari gejala ini adalah dengan adanya darah pada dahak atau pun lendir yang di keluarkan pada saat batuk. (baca juga : Manfaat Vitamin E untuk Jantung)

Sekarang Anda sudah lebih tahu untuk gejala penyakit jantung lemah pada wanita yang kami sebutkan di atas. Walaupun semua gejala tersebut tidak dapat ditemukan seluruhnya pada wanita penderita jantung lemah, jika Anda pernah atau sering mengalami dua sampai lima dari tiga belas gejala-gejala yang telah kami di jelaskan sebelumnya, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Semakin cepat gejala-gejala tersebut ditangani, maka hasilnya pun akan semakin baik.

, , , ,