Sponsors Link

4 Cara Mengobati Jantung dengan Kulit Manggis Secara Mudah

Sponsors Link

Jika saat kecil dulu kita sering memakan buah manggis dan membuang kulitnya, kini sebaliknya, kulit manggis justru lebih dicari-cari ketimbang dagingnya. Ya, setelah melalui berbagai penelitian, diketahui bahwa kulit manggis kaya akan manfaat. Salah satu manfaat terpenting dalam kulit manggis adalah untuk mencegah penyakit jantung.

ads

Kandungan dalam Kulit Manggis

Sebelum membahas tentang cara mengobati jantung dengan kulit manggis, ada baiknya kita bahas dulu kandungan apa saja yang terdapat dalam kulit manggis. Di dalam kulit manggis, terkandung antioksidan yang penting. Antioksidan bernama xanthone ini keampuhannya melebihi vitamin C dan E dalam mencegah radikal bebas.

Manfaat xanthone di dalam tubuh ada banyak, yaitu di antaranya menjaga kesehatan kardiovaskular, mengatasi penyakit jantung aterosklerosis yang dapat memperlebar pembuluh darah, membersihkan plak-plak yang mengeras dari lemak darah jahat, dan memperbaiki kerusakan sel-sel dalam arteri sekat jantung.

Baca juga:

Selain dari manfaat di atas, kulit manggis memiliki khasiat dalam menjaga dan mencegah penyakit jantung lainnya muncul. Selain memiliki sifat antioksidan, kandungan xanthones dalam kulit manggis juga mempunyai sifat antitrombotik dan mampu menghambat agregasi platelet. Xanthones dalam kulit manggis ini juga efektif menurunkan tekanan darah pada dinding pembuluh, sehingga dapat mencegah hipertensi. Xanthones juga bisa menghambat oksidasi LDL alias asam lemak jenuh, kolesterol jahat, cyclooxygenases1 dan 2, prostaglandin E2, yang merupakan faktor utama penyebab peradangan.

Selain adanya xanthones, di dalam kulit manggis terdapat 62,05% air, 0,71% protein, 0,63% lemak, serta 35,61% karbohidrat. Nilai nutrisi yang bagus ini tentu dapat berkontribusi besar saat menghadapi segala jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh kita.

Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk JantungManfaat CoQ10 untuk Jantung.

Mengolah Kulit Manggis untuk Merawat Jantung

Sampai sini mungkin Anda mulai tertarik menggunakan kulit manggis sebagai salah satu upaya mencegah penyakit jantung dan kolesterol. Namun, bagaimana cara mengolah kulit manggis dalam mencegah sakit jantung? Berikut ini caranya:

  • Rebus Kulit Manggis dan Minum Airnya

Minum air kulit manggis adalah salah satu cara paling mudah dalam merasakan manfaat kulit manggis untuk jantung. Caranya adalah dengan merebus potongan kulit manggis secukupnya. Setelah air dirasa cukup lama mendidih, ambil airnya. Minum air rebusan kulit manggis ini selagi hangat. Jika Anda tidak kuat rasa pahitnya, boleh juga ditambahkan gula atau madu. Hal ini tidak mengurangi manfaat yang terdapat di dalamnya. Sebuah cara paling sederhana, karena hanya membutuhkan panci, air, dan kompor.

Baca juga: Obat Jantung di ApotikCara Cek Kesehatan Jantung.

  • Membuat Teh dari Kulit Manggis yang Kering

Jika Anda saat ini telah memiliki kulit manggis namun tak berminat meminumnya saat ini, Anda bisa mengawetkannya dengan cara dijemur hingga kering. Apabila kulit manggis ini telah kering, Anda dapat meraciknya menjadi teh kulit manggis. Sebelum mengeringkan kulit manggis di bawah terik matahari, potong dulu kulit buah jadi kecil-kecil. Jemurlah di tempat bersih dan kering, untuk mencegah tumbuhnya jamur di kulit manggis tersebut. Jika ingin mengkonsumsi kulit manggis kering tersebut, rendam saja beberapa potong kulit manggis tersebut dengan air hangat, lalu aduklah hingga muncul warna teh. Anda tentu boleh menambahkan gula atau madu untuk mencegah rasa sepat yang kuat.

Baca juga: Penyebab Murmur JantungPenyebab Jantung Koroner.

Sponsors Link

  • Diblender Menjadi Jus Kulit Manggis

Jika Anda ingin cara mengobati jantung dengan kulit manggis dengan yang lebih dingin dan segar, Anda bisa membuat olahan jus kulit manggis, agar nikmat dikonsumsi di hari yang panas. Bahan-bahannya adalah: kulit manggis yang terlihat masih cukup segar, pemanis seperti gula atau madu, air matang dan es batu jika ingin dikonsumsi dingin.

Cara membuat jus kulit manggis :

  1. Ambil kulit buah manggis yang masih segar, kerok bagian dalamnya yang ada jaringan seperti benang. Sebaiknya gunakan kulit buah yang baru dibuka atau setidaknya kulitnya yang masih segar. Ini agar proses pengerukan jadi lebih mudah.
  2. Masukkan kerukan kulit manggis tadi ke dalam blender, lalu tuangkan air secukupnya. Sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis agar tidak terlalu sepat dan kental.
  3. Setelah itu, nyalakan blender untuk memulai pemrosesan.
  4. Tuang jus blender ini ke dalam gelas, lalu tambahkan dengan madu atau gula merah yang sudah dihancurkan, agar rasa sepet semakin berkurang. Aduk-aduk beberapa saat.
  5. Sajikan dengan menambahkan es batu jika ingin menikmati dalam keadaan dingin.

Agar jus kulit manggis ini bisa diserap tubuh dengan maksimal, sebaiknya segera minum jus kulit manggis ini. Baca juga: Jus untuk Jantung Tersumbat.

  • Diolah Wedang Kulit Manggis

Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, kulit manggis juga bisa diolah layaknya wedang. Berikut ini cara mengobati jantung dengan kulit manggis dengan olahan menjadi wedang. Siapkan kulit manggis yang masih segar, kemudian kerok lapisan kulitnya yang tebal. Masukkan kerukan kulit manggis tersebut dalam gelas, lalu seduh dengan air panas. Tambahkan madu atau gula sesuai selera. Jika Anda sulit menemukan kulit manggis, Anda bisa mencari bentuk olahannya yang berbentuk ekstrak, yang dapat dikonsumsi langsung seperti vitamin.

Sponsors Link

Manfaat Lain dari Kulit Manggis Selain untuk Jantung

Selain untuk jantung, kulit manggis memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya:

  1. Membantu menjaga daya tahan tubuh
  2. Menurunkan panas demam
  3. Mencegah sembelit
  4. Pengurang inflamasi
  5. Membantu mengatasi diare
  6. Membantu penanganan pasien kanker prostat.
  7. Mengatur kadar gula darah
  8. Dapat membantu menghilangkan gangguan tidur dan nyeri otot
  9. Mengurangi rasa sakit di daerah persendian.
  10. Menambah stamina dan mengurangi rasa lelah.
  11. Menjaga atau menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda.
  12. Membantu menghilangkan gangguan-gangguan di kulit.
  13. Membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.
  14. Merangsang sumsum tulang untuk mereproduksi sel darah merah dan putih.
  15. Dapat menjadi anti­depresan, meningkatkan produksi hormon serotonin.
  16. Menjadi antibiotik alami, dapat menjadi vankomisin.
  17. Menghambat pembentukan sel-sel kanker dan mempercepat pengguguran sel kanker dalam tubuh.

Baca juga: Gaya Hidup Jantung Sehat, Makanan untuk Anak Sakit Jantung.

Selain digunakan sendiri, kulit jantung dapat dikombinasi dengan madu. Selain mengurangi rasa pekat yang biasa terasa di lidah saat mengkonsumsi kulit manggis, madu tentunya mengandung nutrisi yang sama baiknya dengan kulit manggis. Kombinasi kulit manggis dengan madu akan memberikan dampak positif bagi kekebalan tubuh. Sehingga, cara mengobati jantung dengan kulit manggis akan semakin efektif.

baca juga:

Perlu diingat, meskipun kulit manggis kaya akan manfaat, namun sebaiknya olahan alami kulit manggis tidak diminum setiap hari. Mengkonsumsi kulit manggis berlebihan akan menghambat kinerja ginjal, karena dikhawatirkan akan ada zat-zat dari kulit manggis yang mengendap di dalam ginjal.

Demikianlah artikel pembahasan mengenai cara mengobati jantung dengan kulit manggis. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman